yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah
yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah (Gambar ilustrasi)

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

30,269 views

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah – Bagi setiap orang, membeli rumah menjadi wajib apabila mampu 🙂 dan sudah berumah tangga. Kalau punya banyak modal, membeli rumah tentu tak ada masalah. Mau beli rumah paling mewah, di lokasi paling strategis, dan lain sebagainya tentu tak ada masalah. Namun bagi yang punya modal pas-pasan tentu membeli rumah menjadi banyak pertimbangan, apa lagi tak ada rumah yang sesuai dengan keinginan hati dan budget.

Banyak atau tidaknya modal untuk membeli rumah, tetap harus memperhatikan hal-hal sebelum membeli rumah.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah
yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah (Gambar ilustrasi)

1. Lokasi rumah

  • Lokasi sangat berhubungan dengan akses rumah dari jalan dan kendaraan untuk mencapainya. Kebanyakan rumah yang letaknya dekat stasiun atau jalan raya, umumnya harganya akan lebih mahal dibandingkan perumahan yang letaknya jauh dari jalan raya.
  • Selain akses kendaraan, lokasi rumah yang dipilih juga sebaiknya berada di lingkungan yang aman dan tidak berisiko banjir atau longsor saat musim hujan.
  • Perhatikan rumah yang hendak Anda beli, apakah dekat dengan fasilitas sosial, seperti sekolah, rumah sakit/layanan kesehatan, tempat ibadah, fasilitas hiburan seperti arena bermain anak, kolam renang dan sarana olahraga lainnya, taman, bioskop serta pertokoan.
  • Apakah rumah yang Anda beli dalam 5-10 tahun yang akan datang memiliki prospek bisnis.

3. Kondisi Rumah

Kalau rumah yang hendak dibeli merupakan rumah baru, mungkin tak banyak masalah. Tapi kalau rumah yang hendak dibeli merupakan rumah bekas, maka perlu diperiksa apakah rumah tersebut layak dihuni, apakah perlu direnovasi, atau mungkin harus di bangun baru.

  • Periksa usia efektif bangunan, kapan terakhir kali dibangun atau kapan terakhir kali direnovasi secara keseluruhan.
  • Jangan lupa untuk memeriksa ketahanan dinding dan kerentanannya terhadap serangan rayap.
  • Periksa jika ada keretakan, cat terkelupas atau kelembaban yang disebabkan oleh bocornya saluran air.

4. Fasilitas Rumah

  • Perhatikan apakah rumah yang hendak dibeli punya kamar yang cukup untuk seluruh anggota keluarga.
  • Perhatikan pula kamar mandinya. Hal ini akan memudahkan ke depannya, karena tak perlu renovasi total.
  • Garasi
    Pilihlah rumah yang bisa dilalui mobil. Pastikan pula ada garasi yang bisa menampung kendaraan.
  • Sumber air. Air merupakan kebutuhan vital. Air yang bagus melalui sumur bor air tanah atau jaringan PAM. Kalau air sumur bor tidak berbau dan keruh.
  • Berapa daya sumber listrik yang digunakan. Pastikan daya listrik yang tersedia cukup untuk Anda gunakan untuk beraktifitas sehari-hari, karena kalau tidak, berarti Anda perlu biaya untuk tambah daya.
  • Ventilasi atau sirkulasi udara di dalam rumah merupakan hal yang harus diperhatikan. Jika sirkulasi udara tidak begitu baik, rumah akan cepat lembab dan memicu serangan jamur dan rayap.
    Jika rumah Anda memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber cahaya, maka Anda dapat menghemat biaya listrik.

5. Situasi di sekitar rumah

Perhatikan kondisi sekitar rumah yang hendak dibeli, dengan siapa Anda akan bergaul nantinya, apakah tidak ada aktifitas dari tetangga yang bisa mengganggu kenyamanan hidup Anda nanti jika tinggal di sana.

6. Harga Rumah

  • Untuk mengetahui harga rumah, Anda bisa mencari tahu informasi mengenai kisaran rumah yang ada di sekelilingnya.
  • Apakah harga rumah sudah termasuk HGB, IMB, pajak, atau biaya lainnya.

7. Sistem pembayaran rumah

Apakah Anda ingin membeli rumah secara cash atau kredit? Karena membeli secara tunai maupun kredit masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

8. Surat kelengkapan / Status kepemilikan rumah

Salah satu surat tanah yang harus diperiksa sebelum membeli rumah ialah sertifikat tanah. Sertifikat tanah merupakan dokumen hukum yang menjelaskan atas status kepemilikan. Periksalah secara teliti mengenai status surat tanahnya, pastikan nama yang tercantum di surat tanah sesuai dengan nama pihak yang akan menjual tanah tersebut. Apakah penjual memiliki hak hukum untuk melakukan transaksi penjualan rumah tersebut? Jangan lupa untuk memastikan berapa meter persegi luas tanah tersebut.

9. Berdoa

Sebelum membeli rumah, berdialah kepada Allah, agar diberikan rumah yang di dalamnya akan menentramkan semua anggota keluarga dan membuka pintu-pintu rejeki.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015