Usaha Kecil Kecilan

7 Macam Usaha Kecil Kecilan untuk Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga, Serta Tips Agar Berkembang dan Tahan Lama

Membuat usaha kecil kecilan sering kali menjadi pilihan alternatif masyarakat Indonesia untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama. Anda mungkin termasuk salah satu orang yang memiliki pemikiran sama.

Meskipun kadang awalnya tidak menghasilkan jumlah yang begitu besar, namun sedikit demi sedikit usaha ini bisa terus dikembangkan. Bahkan tidak jarang ada karyawan yang sudah punya pekerjaan tetap namun memilih fokus mengembangkan usahanya dan resign dari kantor.

Bukan hanya karyawan, usaha sampingan atau kecil kecilan juga bisa dibuka oleh semua orang dengan semua jenis pekerjaan termasuk mahasiswa dan pelajar. Bahkan ibu rumah tangga sekalipun bisa memiliki usahanya sendiri yang dijalani sambil mengurus anak dan keluarga.

Contoh Usaha Kecil Kecilan untuk Mahasiswa

Kiriman uang dari orang tua kadang tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari – hari. Atau dalam kebanyakan kasus, uang tersebut hanya cukup untuk makan, kebutuhan kuliah, dan kebutuhan transport saja. Sedangkan tidak ada sisa yang bisa ditabung atau tambahan uang untuk jajan.

Oleh karena itu, usaha sampingan bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai tabungan para mahasiswa. 

Contoh usaha sampingan untuk mahasiswa sendiri ada banyak. Dan akan lebih baik bila Anda membuka usaha rumahan yang masih memiliki hubungan dengan jurusan kuliah yang dijalani atau hobi. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa contoh usaha kecil kecilan untuk mahasiswa.

1# Jual Beli Motor Bekas

Bisnis jual beli motor bekas mungkin terdengar sulit dan membutuhkan banyak modal. Padahal faktanya, bisnis ini bisa Anda mulai tanpa membutuhkan modal uang sepeser pun. Yang dibutuhkan ialah koneksi atau networking dengan orang-orang yang ingin menjual motor maupun membelinya.

Usaha jual beli motor bekas ini juga cocok dijalani oleh mahasiswa yang menekuni jurusan otomotif. Sebab Anda bisa membeli motor rusak dengan harga murah kemudian mereparasi motor tersebut hingga normal kembali. Jika sudah normal, tentunya harga jual motor akan ikut normal kembali.

2# Social Media Manager

Berikutnya ada social media manager, usaha sampingan yang sangat cocok untuk menambah wawasan para mahasiswa yang mengambil jurusan data analisis. Sebab nantinya, kemampuan inipun dibutuhkan dalam dunia pekerjaan secara profesional.

Sesuai dengan namanya, tugas seorang social media manager ialah untuk mengatur akun media sosial dari orang, perusahaan, atau komunitas tertentu agar bisa menjangkau lebih banyak audiens. Modal utama yang Anda butuhkan untuk usaha satu ini ialah kemampuan menganalisis atau meriset trend tertentu yang sesuai dengan pasar tujuan pemilik akun tersebut.

3# Bisnis Multi Level Marketing (MLM)

Usaha MLM atau Multi Level Marketing mungkin sering dicap sebagai bisnis yang mengganggu atau penuh kebohongan. Padahal bila Anda memilih MLM yang tepat dan Anda mengerti betul produk yang dijual, bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Tujuan utama dari bisnis MLM ini biasanya menjual produk dan mengajak orang lain untuk ikut menjadi agen dalam perusahaan tersebut. Jadi usaha ini lebih cocok untuk dijalani oleh mahasiswa jurusan komunikasi dan pemasaran.

4# Usaha Desain Grafis

Contoh usaha kecil kecilan mahasiswa

Usaha kecl kecilan untuk mahasiswa yang berikutnya ini sangat cocok untuk dibuka dan untuk melatih kemampuan para mahasiswa DKV dan seni. Sebab desain grafis berhubungan langsung dengan apa yang akan Anda pelajari selama kuliah.

Usaha desain grafis untuk mahasiswa umumnya dibuka secara freelance. Sehingga Anda punya waktu yang lebih fleksible dalam mengerjakan bisnis yang satu ini.

Membuka usaha kecil untuk mahasiswa yang berhubungan dengan jurusan kuliah bisa menjadi salah satu langkah dalam melatih kemampuan Anda dalam bidang tersebut. Bukan hanya itu, pengalaman usaha ini juga bisa menjadi modal yang akan membantu Anda ketika melamar kerja nanti.

Usaha Kecil Kecilan untuk Ibu Rumah Tangga

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bukan hanya mahasiswa yang bisa punya usaha sendiri. Karena ada banyak pula macam macam usaha kecil kecilan ibu rumah tangga yang bisa dilakukan di rumah.

Bila Anda bosan setiap hari di rumah atau ketika punya waktu senggang saat mengurus buah hati, mengapa tidak coba memulai bisnis kecil kecilan berikut ini.

1# Katering Rumahan

Bila Anda hobi memasak, baik itu masakan rumah maupun masakan modern, membuka usaha katering rumahan menjadi salah satu bisnis yang sangat menguntungkan dan cocok untuk ibu rumah tangga. Walaupun bisnis yang satu ini cukup menyita waktu sehari-hari.

Modal biaya yang dibutuhkan untuk membuat katering rumah kecil-kecilan tidak lebih dari 5 juta rupiah. Anda juga bisa mempromosikan bisnis ini melalui media sosial dan memanfaatkan internet untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Baca juga:
Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan yang Dapat Anda Mulai Hari Ini

2# Jual Pulsa dan Paket Internet

Pulsa dan Paket internet saat ini menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat Indonesia, khususnya di masa pandemi seperti saat ini. Oleh karena itu, berjualan pulsa dan paket internet dengan cara membuka kios di rumah bisa menjadi cara mendapatkan penghasilan tambahan dengan modal sekitar 1 juta.

Saat ini, sudah banyak pula media yang bisa Anda gunakan untuk membantu berjualan pulsa. Misalnya aplikasi-aplikasi seperti Tokopedia dan OVO yang menyediakan layanan isi pulsa dengan harga yang relatif lebih murah dari kios pulsa pada umumnya.

Baca juga:
Daftar Bisnis Modal Kecil dengan Omset Menjanjikan

3# Jual Baju dan Aksesoris Wanita Online

Usaha kecil kecilan ibu rumah tangga berikutnya yang bisa Anda lakukan tanpa harus menyita banyak waktu ialah membuat toko online. Salah satu toko online dengan minat paling banyak ialah yang menjual baju, celana, aksesoris wanita, ataupun produk-produk fashion wanita lainnya.

Sama seperti jual pulsa dan paket internet, sudah banyak pula aplikasi yang bisa Anda gunakan dalam membantu berjualan online. Baik itu aplikasi e – commerce seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak, maupun aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram atau Twitter.

Anda juga bisa membuat toko online sendiri, mungkin itu lebih baik lagi. Jadi tidak tahu caranya, Anda bisa menghire jasa pembuatan toko online

Bila dibandingkan dengan usaha pada umumnya, usaha – usaha ibu rumah tangga di atas membutuhkan modal yang cukup terjangkau. Sehingga Anda bisa menabung dari jatah bulanan yang diberikan oleh suami untuk modal memulai usahanya.

Cara Usaha Kecil Kecilan Bisa Tetap Berkembang dan Tahan Lama

Salah satu kendala yang paling sering dialami ketika membuka usaha rumahan ialah sulit berkembang dan kadang harus bangkrut di tengah jalan. Oleh karena itu, kami akan memberi sedikit tips agar usaha kecil Anda bisa makin sukses meskipun sebatas usaha sampingan.

  • Pahami dan pelajari cara mengelola keuangan yang baik untuk bisnis
  • Jangan langsung habiskan keuntungan yang didapat, sisakan juga untuk modal mengembangkan usaha
  • Gencar lakukan promosi secara online
  • Coba bidang bisnis lainnya yang masih berhubungan
  • Perluas networking dengan orang – orang yang menggeluti bidang usaha serupa

Baca juga:
5 Tips Usaha Sukses bagi Pebisnis Pemula

Nah, demikianlah macam – macam usaha kecil kecilan untuk mahasiswa dan ibu rumah tangga serta sedikit tips agar usaha kecil bisa terus berkembang. Jadi sekarang waktunya mulai bisnis baru meskipun hanya dari rumah.

*