6 Langkah menjadi pengusaha sukses
6 Langkah menjadi pengusaha sukses (Ilustrasi/pixabay)

Untuk Menjadi Pengusaha Sukses Terapkanlah 6 Langkah Ini

35 views

Membangun sebuah usaha bukanlah hal yang mudah, butuh kesabaran, keuletan dan kerja keras. Bisa mempunyai bisnis sendiri memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita. Dalam berbisnis tentu kita harus bisa mengelola keuangan dengan baik. Dapat memanfaatkan penghasilan dengan tepat dan mengatur pengeluaran secermat mungkin. Pengusaha itu dapat membantu orang lain dengan cara memperoleh pekerjaan darinya. Tetapi, semua itu tidak semudah apa yang dibayangkan dan menyenangkan, ternyata banyak sekali masalah dan rintangan sehingga membuat bisnisnya berhasil dan tetap bertahan. Apabila anda pengusaha yang ingin membuat bisnis selalu bertahan kuat, maka terapkanlah langkah-langkah berikut ini :

6 Langkah Menjadi Pengusaha Sukses

  1. Lakukan Inovasi seiring berjalannya waktu

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pengusaha untuk sukses ialah melakukan inovasi agar produk lebih bernilai dan menarik. Inovasi merupakan sebuah cara menjadikan produk tetap nampak bagus dan bernilai lagi. Memasarkan produk atau ide yang sama, sudah lama membuat pasar bosan serta minat beli berkurang. Untuk itu, anda perlu berkreasi mengubah produk atau ide lama menjadi lebih cemerlang, menarik serta lebih menggugah selera pelanggan untuk memilih ide atau produk tersebut.

6 Langkah menjadi pengusaha sukses
6 Langkah menjadi pengusaha sukses (Ilustrasi/pixabay)

Tetapi jika anda hanya berdiam membiarkan produk anda begitu saja, bukan tidak mungkin pelanggan menurun bahkan banyak yang pindah ke tempat lain. Dalam berbisnis mesti bergerak dinamis selalu menciptakan perubahan. Untuk melakukan inovasi, anda harus menyiapkan segala sesuatunya dengan benar. Mungkin perlu membentuk sebuah tim, melakukan riset, survey pasar.

2. Hindari rasa cepat puas

Biasanya ketika mendapatkan sedikit prestasi/ keberhasilan membuat seorang pengusaha cepat puas dan bangga atas dirinya. Sikap seperti itu tidaklah bagus bagi kelangsungan bisnis, sebab jika cepat puas akan membuat pengusaha berhenti mengembangkan ide-ide bisnis. Untuk itu, rasa cepat puas perlu dihilangkan sesegera mungkin dalam diri pengusaha sukses. Anda harus selalu menjadi pengusaha yang tumbuh dan berkembang, bila sudah naik di level satu raihlah level dua, begitu seterusnya. Jangan berhenti begitu saja karena keberhasilan sedikit.

Sebagai pengusaha anda harus mempunyai rasa selalu lapar akan pencapaian, tantanglah diri anda. Catatlah target anda setiap bulan, 3 bulan, semester atau setahun, tempatkanlah pada sesuatu yang mudah anda ingat, baca dan temukan. Sehingga menjadi motivasi ketika anda bekerja setiap harinya. Sepertinya apabila ada target pencapaian membuat anda lebih bersemangat dan berani meraih impian.

3. Perluas jaringan bisnis

Pengusaha tanpa jaringan bisnis atau networking seperti mayat hidup yang tidak bisa berbuat apa-apa sebab, sepintar dan sehebat apapun anda sebagai pengusaha pasti membutuhkan orang lain untuk mengembangkan bisnis. Semakin anda memiliki banyak jaringan akan semakin besar juga peluang untuk membuat bisnis anda menjadi selalu populer dan juga berkembang pesat. Jadilah seseorang yang ramah tamah, pandai bergaul, serta percaya diri agar bisa memperoleh banyak jaringan.

Jangan pernah lelah mengenal banyak orang dari berbagai kalangan, jangan bedakan mereka dalam bergaul. Demi melebarkan sayap bisnismu bergabunglah dengan sebuah perkumpulan ataupun komunitas pengusaha yang ada. Dari perkumpulan tersebut anda tentu bisa mendapatkan ilmu bisnis sehingga menambah pemikiran ketika menjalankan bisnis. Di sisi lain, sebenarnya para pengusaha merangkap sebagai tenaga merketing dan public relations. Jadi, pastikan anda untuk selalu berusaha memperluas jaringan.

4. Selalu menambah wawasan

Walaupun anda pengusaha berpengalaman, tetaplah menggali ilmu dari pengalaman pengusaha lainnya. Jangan pernah malu bertanya, baik pada senior maupun junior. Seringlah lakukan sharing tentang bisnis anda selama ini, mintalah juga saran dan pendapat para karyawan karena mereka yang bekerja di lapangan. Dengan begitu anda bertambah wawasan tentang bisnis yang kemudian nanti bisa diaplikasikan saat diperlukan. Bekali anda dengan ilmu bisnis yang mumpuni supaya bisnis anda tetap bertahan ditengah-tengah ketatnya persaingan.

5. Berikan layanan prima

Pelayanan sangat menentukan keberhasilan bisnis, hal utama yang dilihat pelanggan dari bisnis anda ialah pelayanannya. Semakin baik, ramah, dan menyenangkan konsumen, maka semakin banyak pula yang datang membeli produk anda. ketika konsumen nyaman dengan pelayanan yang anda berikan, mereka akan kembali bahkan membawa temannya. Karena pelayanan juga terkadang dapat meningkatkan penjualan, kepiawaian anda saat melayani konsumen membuat konsumen terpesona lalu membeli beberapa produk yang anda tawarkan walau bukan tujuan sebelumnya. Setiap konsumen selesai berbelanja mitalah kritik dan saran. Dengan begitu, anda mudah memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan terhadap konsumen.

6. Waspada terhadap ancaman bisnis

Sebagai pengusaha, anda wajib selalu waspada terhada ancaman bisnis yang mungkin bisa saja menghampiri bisnis anda. Lakukan langkah pencegahan sebelum hal itu terjadi. Selain waspada ancaman dari luar juga perlu dari dalam, karena orang terdekat bisa saja ingin berbuat jahat kepada anda. Walau anda curiga terhadap seseorang bertingkahlah seolah-olah tidak ada apa-apa. Jangan pernah lengah menghadapi ancaman terhadap bisnis dan diri anda sendiri. Jangan lupa berdo’a juga dalam usaha menjaga apa yang sudah anda miliki. Jadilah pebisnis yang tanggap serta cekatan ketika menghadapi masalah yang ada.

Di jaman globalisasi ini sangat ketat persaingan bisnis, kondisi ekonomi sulit diperkirakan. Jadi, sudah sepatutnya anda selalu mengantisipasi atas segala kemungkinan dari ancaman yang dapat menumbangkan bisnis anda. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas semoga mampu membuat bisnis anda maju, sukses, berkembang, dan bertahan. Kita harus selalu beruasaha menjaga jerih-payah yang sudah dicapai selama ini. Jangan biarkan begitu saja karena ulah tangan usil yang tidak suka atas keberhasilan yang anda raih.

Demikianlah 6 Langkah Menjadi Pengusaha Sukses, semoga sukses.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- 6 langkah yg harys di lakukan untuk menjadi wirausahawan yg aujses

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015