Tips sukses bisnis online

Tips sukses bisnis online

Bagi Anda yang ingin resign dari pekerjaan, dan memulai bisnis online, baik itu sebagai blogger atau onlineshop, mungkin Anda tidak memiliki pemahaman yang benar tentang apa yang diperlukan untuk menjadi sukses dalam bisnis online. Berikut ini kami sajikan beberapa Tips sukses bisnis online yang bisa membantu Anda mencapai tujuan dalam berbisnis online.

Tips sukses bisnis online

Setiap pebisnis perlu menetapkan tujuan dan bermimpi besar, tetapi masalahnya ialah banyak pengusaha pemula dan pelaku bisnis di berbagai tahap pengembangan bisnis, tidak dapat memahami apa yang sepenuhnya diperlukan untuk mencapai tujuan mereka.

Menghasilkan satu juta dolar dalam waktu lima tahun sejak memulai bisnis online merupakan tujuan yang mengagumkan. Namun, Anda perlu mengetahui apa yang dibutuhkan untuk sampai ke sana.

Jadilah diri sendiri.

Jadilah diri sendiri dalam berbisnis. Percaya pada diri sendiri menjadi penentu keberhasilan dalam berbisnis.

Fokus pada melayani, bukan menjual.

“Anda akan mendapatkan semua yang Anda inginkan, jika Anda  membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan.” Itu adalah kutipan terkenal dari Zig Ziglar yang legendaris (1926-2012)

Pelajari cara mengidentifikasi masalah, kekhawatiran, dan target pasar untuk membuat penawaran yang lebih baik sebagai solusi terbaik di pasar. Semakin baik Anda dapat berhubungan dan berbicara dengan calon konsumen dengan teknik copywriting yang efektif, maka semakin mereka akan menyadari bahwa Anda benar-benar merupakan solusi untuk masalah mereka.

Temui Pelanggan di manapun mereka berada

Dengan adanya media sosial, dunia beralih dari ekonomi berbasis penjualan yang didominasi perusahaan menjadi ekonomi berbasis kepercayaan. Saat ini, persaingan global di berbagai industri, dan kesalahan kecil atau kelemahan yang perusahaan dengan cepat terekspos, tersebar secara viral oleh konsumen melalui Internet, dan dieksploitasi oleh pesaing.

Jika digunakan dengan benar, pemasaran melalui media sosial dan Facebook dapat memberikan peluang besar bagi para pengusaha dan pemilik usaha kecil.

Perhatikan audiens

Ini merupakan tip yang sangat sederhana, namun paling penting karena riset pasar sangat penting untuk pemasaran. Kita perlu mengetahui atau menganalisis audiens kita, seperti kualitas apa yang mereka cari ketika mereka melihat produk Anda dan bagaimana kita dapat menunjukkan produk kita memiliki kualitas tersebut.

Content Marketing.

Daripada beriklan di Google atau merancang situs web yang rumit, Anda dapat membuat blog sederhana atau Instagram yang merinci tentang bisnis Anda. Anda harus tahu seperti apa audiens yang ditargetkan dan kemudian membuat konten yang audiens butuhkan.

Melakukan update konten dengan rutin

Anda perlu memperbarui konten secara rutin, memikirkan hal-hal menarik untuk diposting setiap saat, dan membuat blog atau video yang dibuat dengan baik untuk menarik pengunjung ke situs kita.

Aktif di Media Sosial

Tips sukses bisnis online - Aktif di Media Sosial
Aktif di media sosial merupakan salah satu tips sukses bisnis online

WordPress merupakan platform terbaik untuk membuat konten marketing, namun perlu juga untuk melakukan kampanye pemasaran di media sosial untuk mendapatkan pengunjung yang potensial.

Strategi media sosial yang aktif tidak berarti harus membuat akun di setiap situs media sosial. Fokus pada salah satu situs media sosial baru setelah itu secara perlahan meluas ke media sosial yang lain setelah Anda memiliki follower yang dapat diandalkan. Facebook mungkin merupakan pilihan utama, tetapi Anda dapat menggunakan LinkedIn jika bisnis Anda lebih formal dan profesional dan Instagram atau Pinterest jika bisnis Anda lebih santai. Hindari menggunakan Twitter.

Pelajari: Cara mengetahui Follower twitter asli atau palsu.

Mempelajari teknik-teknik Search Engine Optimization (SEO)

Strategi content marketing di media sosial memang sangat penting, tetapi Google tetap menjadi salah satu alat terbesar yang dapat digunakan  calon pelanggan baru untuk menemukan bisnis Anda. Oleh karena itu, penting untuk memiliki strategi optimisasi mesin pencari (SEO) yang baik.

Salah satu faktor SEO offpage ialah backlink. Google melacak dan memberi peringkat situs web berdasarkan berapa banyak backlink dari situs lain. Anda juga perlu memperbarui konten  secara teratur. Dengan cara inilah, maka orang lain akan melink ke artikel atau video baru yang Anda buat, yang akan membuat peringkat situs web Anda lebih tinggi pada mesin pencarian.

Namun meskipun kita melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan peringkat SEO seperti link building dan secara konsisten menggunakan long tail keyword,   cara terbaik untuk mendapatkan peringkat yang tinggi dalam penelusuran Google ialah membuat konten berkualitas secara rutin. 

Baca juga: Riset Keyword: Kesalahan Berbisnis Online Saya yang harus Anda Hindari.

Target pelanggan mobile.

Saat ini, orang-orang lebih banyak menggunakan ponsel mereka untuk online dan berbisnis. Menurut laporan dari comScore pada bulan April 2016 menunjukkan bahwa 65 persen waktu yang digunakan oleh orang-orang untuk online menggunakan ponsel.

Untuk itu, maka perlu untuk membuat website yang mobile friendly, atau menggunakan layout yang responsif.  Membuat situs web yang sulit diakses dan dinavigasi dengan menggunakan ponsel akan dapat berdampak pada menurunnya visitor ke situs web Anda. 

Selain Tips sukses bisnis online di atas, Anda juga perlu menerapkan tips berikut ini:

  1. Mempunyai tujuan yang jelas.
  2. Melakukan bisnis dengan sepenuh hati dan fokus
  3. Menguasai platform bisnis online: mindset, knowledge, capital.
  4. Melakukan promosi dengan benar, bukan spamming (menyebar link web secara acak dan sembarangan).
  5. Menggunakan online payment untuk keamanan dan kenyamanan transaksi.

Demikianlah Tips sukses bisnis online, semoga bermanfaat.

*