Tips Memulai Karir Freelancer
Tips Memulai Karir Freelancer (Ilustrasi/pixabay)

Tips Memulai Karir Freelancer

24 views

Membangun karir dimulai saat ijasah kelulusan sudah di tangan. Sudah menjadi hal biasa bahwa mayoritas fresh graduated akan memilih untuk melamar pekerjaan, terutama pada perusahaan-perusahaan terpandang yang telah memiliki nama. Namun sayang, banyaknya lowongan pada perusahaan masih tak sebanding dengan lulusan yang semakin tahun semakin membludak. Hasilnya, pengangguran produktif menjadi masalah tersendiri yang perlu diselesaikan.

Namun, saat ini para fresh graduated tak perlu lagi mendapatkan kecemasan yang berlebih saat panggilan kerja dari perusahaan-perusahaan favorit tak kunjung tiba. Freelancer dapat menjadi profesi sementara yang begitu menggiurkan. Bahkan ada beberapa part-time freelancer akhirnya memutuskan untuk menjadi full-time freelancer karena nilai penghasilannya jauh melebihi gaji awal seorang fresh graduated. Lalu bagaimana memulainya? Yuk cek tips di bawah ini :

  1. Tentukan dan Buat Portofolio

Menentukan skill awal untuk menjadi seorang freelancer merupakan hal penting karena nantinya ini yang akan menjadi gambaran diri sebelum mendapatkan ulasan kerja. Tidak perlu membuat sebuah proposal pengajuan bisnis, anda bisa membuat sebuah web blog yang berisi hasil karya sesuai skill yang tengah dibangun. Seperti hasil jepretan untuk freelancer yang fokus pada fotografi atau contoh tulisan dengan berbagai macam topik yang dikuasai untuk freelancer writer.

Tips Memulai Karir Freelancer
Tips Memulai Karir Freelancer (Ilustrasi/pixabay)

Namun, jika anda masih belum memiliki karya apapun, maka bekerjalah untuk satu sampai dua project tanpa meminta bayaran. Ini bisa dijadikan jalan keluar untuk menjadi dasar portofolio dan contoh kerja anda.

  1. Aktif di Sosial Media

Aktif di sosial media bisa menjadi cara marketing yang paling ampuh. Buatlah akun sosial media anda tampak professional dan perluas jaringan anda. Publish beberapa karya disana dan linkan satu dengan yang lainnya sehingga semakin banyak orang yang anda jangkau. Ikutilah website penyedia layanan freelancer baik lokal maupun internasional. Banyak sekali ribuan pekerjaan yang diposting disana dan di sinilah kesempatan anda dengan mudah mendapatkan proyek pertama. Kuncinya, jangan menawar terlalu tinggi karena anda masih newbie. Tawarkan harga relative murah namun dengan skill tinggi melalui portofolio. Dijamin, para pencari akan langsung melirik anda.

Rekomendasi Layanan Freelance

  1. Bekerja Secara Disiplin

Setelah mendapatkan pekerjaan, hal pertama yang perlu diperhatikan ialah membuat kesan sebagus mungkin. Karena, ulasan pertama ini akan memiliki dampak pada kenaikan daya tarik anda di mata pencari lainnya. Salah satu yang bisa dijadikan daya tarik ialah pekerjaan sempurna yang cepat selesai, lebih bagus jika sebelum tenggat anda sudah dapat menyelesaikanya. Banyak perusahaan mencari freelancer karena mereka terkenal dengan kedisiplinan kerjanya. Bagi freelancer, bekerja lebih banyak artinya mendapatkan penghasilan lebih banyak dan bekerja lebih cepat juga berarti mendapatkan penghasilan lebih cepat.

  1. Mulai Membangun Tim

Setelah mendapatkan banyak project yang dapat anda lakukan secara individu, ini saatnya mulai menaikkan kapasitas pekerjaan jika anda ingin naik dari part-timer ke full-timer. Buatlah tim kecil dengan orang-orang yang memiliki skill selaras dengan apa yang tengah anda bangun dan mulai lakukan penawaran pada pekerjaan dengan skala besar atau setidaknya 2-3 pekerjaan sekaligus. Jika ini berkembang lancar, selamat, anda telah menjadi seorang entrepreneur dan menjadi penyedia kerja, bukan pencari kerja lagi.

data-ad-format="link">