Tips membuat catatan belanja
Tips membuat catatan belanja (Ilustrasi/pixabay)

Tips membuat catatan belanja

165 views

Tips membuat catatan belanja – Banyak orang kesulitan dalam mengatur catatan belanja bulanan. Kebanyakan mengeluh bahwa pendapatan tidak mencukupi kebutuhan. Namun tidaklah demikian halnya jika dapat mengatur catatan belanja sehari-hari. Tips berikut untuk mengatur catatan belanja:

  1. Jika mendapatkan pendapatan tiap bulan, pertama-tama sisihkan sepertiga dari pendapatan untuk tidak digunakan alias ditabung.
  2. Sisanya, pilihlah keperluan yang paling penting yang dibutuhkan sehari-hari seperti listrik, telpon, dan air ke dalam satu amplop.
  3. Amplop lain sisihkan untuk keperluan belanja makan tiap hari. Diberikan ketentuan berapa belanja yang ingin anda tetapkan tiap harinya. Sisihkan sepertiga dari poin 2 sampai dengan 3.
  4. Sisa sepertiganya, digunakan untuk keperluan, transportasi, kecantikan dan kesehatan dan belanja bulanan seperti rinso, sabun, odol, mentega dan lain-lain, untuk keperluan rumah tangga.
Tips membuat catatan belanja
Tips membuat catatan belanja (Ilustrasi/pixabay)

Jika pendapatan tidak mencukupi untuk dibagi tiga, maka bagilah pendapatan menjadi 2 bagian. Berikut tips jika membagi 2 pendapatan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga:

  1. Bagilah menjadi 2 amplop pendapatan yang telah diterima. Amplop pertama, gunakan untuk bayar listrik, telpon, air dan belanja bulanan untuk rumah tangga seperti, sabun, odol, rinso, pel, dan lainnya, serta transportasi.
  2. Amplop kedua bagilah menjadi 2, sebagian untuk makan setiap hari, dan sebagian lagi dapat ditabung.

Jika pendapatan tidak mencukup dibagi tiga, maka berikut tips yang dapat dilakukan:

  1. Sisihkan sekitar 10-20 persen untuk ditabung.
  2. Sisanya dapat digunakan untuk keperluan diurut dari kebutuhan utama yang paling penting sampai kepada kebutuhan yang kurang penting.

Jika melaksanakanĀ tips-tips di atas akan dapat dirasakan perbedaan dan perbandingan dari kebutuhan yang semakin hari semakin meningkat. Dan kebutuhan yang meningkat hanya dapat dieliminasi jika pendapatan dapat diatur sedemikian rupa sesuai pembagiannya dan sesuai urutan kepentingan. Urutan pilihan kepentingan merupakan hal-hal yang dapat dipertimbangkan sehingga pendapatan dapat mencukupi kebutuhan tiap bulannya.

Sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi barang atau item yang menjadi kebutuhan dengan menggunakan credit card. Gunakanlah credit card jika hanya keadaan mendesak seperti membayar rumah sakit, membeli obat, dan lain-lain yang dianggap penting. Kebiasaan menggunakan credit card akan terasa mengganggu ketika diharuskan membayar kewajiban yang telah kita gunakan dan dengan sendirinya akan cukup menguras pendapatan.

Jadwalkan kebutuhan tiap bulan, contohnya jika hendak membeli alat-alat elektronik atau gadget, ambillah dari tabungan dan jangan menggunakan credit card. Jika tabungan tidak mencukupi tahanlah jadwal pembelian sampai keadaan keuangan membaik.

Mudah-mudahan tips membuat catatan belanja di atas bermanfaat dan dapat membebaskan siapapun dari tumpukan hutang, terutama hutang credit card. Berusahalah untuk berpikir bahwa membayar kebutuhan seperti listrik, telpon air adalah bukan merupakan beban melainkan fasilitas yang telah dinikmati setiap harinya. Manfaat membayar kebutuhan sehari-hari merupakan benefit yang telah dimiliki secara mendasar dan berkelanjutan. Dengan demikian beban hidup terganti dengan memperoleh fasilitas yang baik. Selamat berusaha!

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- buat catatan belanja - catatan blanja glosis