cara aman transaksi internet banking BNI
cara aman transaksi internet banking BNI (Ilustrasi/pixabay)

Tips Aman Bertransaksi di BNI Internet Banking 5/5 (1)

93 views

Tips aman bertransaksi internet banking BNI – Beberapa saat yang lalu, saya menerima email dari BNI yang berisi informasi Tips Aman Bertransaksi di BNI Internet Banking. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para nasabah bank yang menggunakan fasilitas internet banking pada umumnya, dan untuk nasabah BNI pada khususnya.

Tips aman bertransaksi internet banking BNI

Malware atau program jahat yang beredar di Internet dapat mengancam kerahasiaan data pribadi dan menimbulkan risiko kerugian finansial. Anda dapat mencegah infeksi malware tersebut dengan cara sebagai berikut:

  1. Rutin melakukan update anti virus pada komputer atau handphone Anda.
  2. Hindari akses BNI Internet Banking dari warnet, warkop, atau jaringan publik.
  3. Hindari akses BNI Internet Banking bukan dari perangkat pribadi Anda.
    Hindari akses ke situs-situs dewasa atau mendownload content atau lagu ilegal yang seringkali memiliki risiko tinggi menularkan virus atau malware ke perangkat Anda.
  4. Waspada apabila ada perubahan layar login, layar transaksi, flow/ proses transaksi, muncul layar pop-up yang tidak biasa, atau transaksi mendadak terputus. Hentikan transaksi, jangan masukkan kode BNI m-Secure / BNI e-Secure Anda, dan segera hubungi BNI Call 1500046 untuk memastikan Anda aman dari transaksi yang tidak dinginkan.

Penting juga untuk kita ingat bahwa pelaku kejahatan cyber selalu berupaya dengan berbagai cara dengan menerka informasi penting yang dimiliki korbannya maupun dengan melakukan pendekatan kepada korbannya. Anda dapat memitigasi risiko terhadap kejahatan cyber dengan cara:

  1. Jangan pernah meninggalkan perangkat pribadi Anda dalam kondisi log on BNI Internet Banking
  2. Jangan menuliskan data-data rahasia BNI Internet Banking (user-id, password, ataupun PIN BNI m-Secure / BNI e-Secure) di tempat yang bisa terlihat oleh orang lain
  3. Jangan pernah memberikan data-data rahasia BNI Internet Banking Anda kepada orang lain termasuk kepada petugas BNI sekalipun, baik pada saat bertemu muka ataupun via telepon.
  4. Jangan percaya kepada orang yang menjanjikan sesuatu dan meminta Anda untuk menyampaikan data-data rahasia BNI Internet Banking Anda dengan alasan sebagai syarat untuk mewujudkan janji tersebut.
  5. Perbarui password maupun PIN BNI m-Secure / BNI e-Secure Anda secara berkala.

Selain itu, banyak cara yang dapat dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data-data pribadi pemilik rekening atau pemegang akun internet banking BNI, mulai dari cara phising atau mengirim email palsu yang mengatasnamakan pihak BNI, sampai melalui cara yang lebih ekstrim, yaitu menghubungi nasabah dengan mengatasnamakan dari pihak BNI. Selain cara-cara di atas untuk mengamankan internet banking BNI Anda, maka berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

  1. One Time Password (OTP) dalam bentuk kode yang dikirimkan melalui SMS maupun terbentuk oleh BNI e-Secure/m-Secure merupakan kode rahasia yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Jadi jangan sampai memberitahukan kode tersebut kepada orang yang tidak bisa Anda percayai.
  2. Masukan kode OTP hanya ke website resmi BNI Internet Banking, bukan ke formulir yang dikirimkan lewat email atau media lainnya yang tidak biasa. Jadi hapal baik-baik alamat situs resmi BNI internet banking (https://ibank.bni.co.id)
  3. Jangan pernah memberitahukan kode OTP kepada orang lain, bahkan kepada petugas BNI sekalipun.
  4. Lakukan kewaspadaan yang sama seperti di atas untuk menjaga kerahasiaan password BNI Internet Banking Anda.

Demikianlah Tips Aman Bertransaksi Internet Banking BNI. Mari bersama-sama kita cegah kejahatan cyber dengan menjalankan beberapa tips di atas dimulai dari diri kita sendiri. Bagi Anda yang belum mengetahui internet banking BNI, inilah Cara Buka Rekening Melalui BNI Internet Banking.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- tips aman bertransaksi

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015