Tiara Larassati, Tetap Jalankan Karir dan Kembangkan Usaha Pribadi hingga Jawa Tengah 1

Tiara Larassati, Tetap Jalankan Karir dan Kembangkan Usaha Pribadi hingga Jawa Tengah

129 views

Mungkin kebanyakan orang berpikiran jika wanita yang sukses berkarir di perusahaan dan telah menikah tidak mampu mengembangkan bisnis sampingan dengan baik, lantaran aktivitas keseharian di kantor yang super sibuk. Namun lama-kelamaan pikiran tersebut di era modern terkadang salah besar, karena berdasarkan survei yang dilakukan sekitar kurang lebih 50 persen karyawan bisa berhasil dengan usaha sampingan yang dirintis di tengah kesibukannya saat ini. Berbagai macam alasan mereka bisa menggeluti usaha sampingan, padahal sudah memiliki pekerjaan tetap. Salah satunya ialah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, membayar hutang bahkan juga ada yang mengembangkan hobinya menjadi sebuah peluang bisnis yang dianggap menguntungkan. Semuanya itu sah-sah saja, karena bila kita hanya mengandalkan gaji dari perusahaan tiap bulan tidaklah cukup, sehingga diperlukan usaha sampingan guna menopang kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, memiliki usaha sampingan juga merupakan kebanggaan tersendiri apalagi jika usaha tersebut berasal dari hobi yang kita senangi. Hal inilah yang dialami oleh Tiara Senja Larassati yang telah merintis dan mengembangkan usahanya dari hobinya itu.

Perempuan kelahiran 19 Desember 1984 ini awalnya merintis karir sebagai staf karyawan di sebuah perusahaan di Karawang, Jawa Barat dan menjadi Card Sales Manager di salah satu perusahaan CT Group di Indonesia. Jenjang karir yang bagus akhirnya berhasil dicapai setelah bekerja selama bertahun-tahun.
Tiara Senja Larassati

Memiliki karir yang bagus lantas tak membuat wanita lulusan ekonomi di Stikubank Semarang ini merasa cepat puas dengan apa yang dicapainya sekarang. Pasalnya, di dalam komitmennya sebelum menciptakan usaha sendiri ia belum puas. Dan akhirnya Tiara memutuskan untuk membangun bisnis dari hobi yang digemarinya yakni rias manten.

foto pelengkap feature griya manten

Tiara memiliki beberapa hobi seperti shopping dan merias. Merias ini ia tekuni sejak duduk di bangku kuliah hingga sekarang. “Pasalnya, hobi ini merupakan darah turunan dari keluarganya terutama ibu dan bude, yang suka berdandan. Jadi, dengan keluarga suka mempercantik diri, saya pun mengikuti kursus dan pelatihan merias hingga mendapatkan sertifikat,” ujarnya saat diwawancarai lewat blackberry messenger (BBM).

Setelah mendapatkan sertifikat tersebut, perlahan-lahan ia mulai membuka usahanya, yang diberi nama Larassati Griya Manten di daerah Pagedangan Adiwerna, Tegal. Untuk membuka usahanya, ia pun tak tanggung-tanggung merogoh kocek tabungannya dari hasil kerjanya di perusahaan guna membeli berbagai macam alat perlengkapan rias, seperti make up, busana kebaya hingga gebyok penganten. Di samping itu, ia juga gigih mempromosikan usahanya mulai dari membuat pamflet, spanduk, brosur, media sosial hingga radio. Dari kegigihan dan kerja kerasnya itu, kini usaha Larassati Griya Manten mampu membuahkan hasil dengan cukup bagus dan bahkan kini sudah terkenal hingga kota-kota di Jawa Tengah. “Saya sendiri tidak menyangka dengan usaha yang dirintis selama tiga tahun ini bisa meluas sampai kota-kota di Jawa Tengah, karena awalnya saya hanya ingin mengembangkan usaha di wilayah Tegal saja. Tapi, saya syukuri saja dengan apa yang diberikan oleh Tuhan,”ungkapnya.

foto pelengkap feature griya manten2

Di kala usaha pribadinya tengah melejit, ia lantas tidak melupakan tugas utama pekerjaan tetap di kantornya, dimana harus mencapai target yang ditetapkan tiap bulan oleh atasannya. Salah satu kiat khusus bisa sukses menjalankan kedua-duanya adalah memberikan dorongan dan motivasi kepada anak buahnya untuk selalu mencapai target yang ditetapkan, karena hal itu juga merupakan kebutuhan hidup pribadi mereka sendiri yang harus dikejar. Jadi, tanpa harus dioyak-oyak terus, mereka sudah sadar sendiri atas tugasnya. Selain itu, juga melakukan doa bersama sebelum melaksanakan aktivitas, agar semuanya yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan yang kita inginkan.

Sementara untuk bisnis pribadinya sendiri ia banyak lakukan di waktu weekend dan bahkan job juga pernah datang di waktu aktif bekerja. Biasanya job yang datang di waktu bekerja itu merias anak-anak wisuda dan acara kartinian. Namun hal itu tidak menjadi kendala, karena untuk merias mereka biasanya di pagi hari yang masih buta, sehingga tidak mengganggu pekerjaan utamanya. Jikalau mendapatkan job di luar kota, biasanya ia ijin atau mengambil jatah cuti yang diberikan dari kantor. “Dalam sehari saya bisa menerima job merias sekitar 4-5 orang baik itu wisuda maupun penganten, dengan tarif harga yang terjangkau dan hasil memuaskan. Dari hasil itu, saya depositokan separonya dan sisanya untuk membeli perlengkapan lagi. Ini saya lakukan untuk modal jika saya telah pensiun dari pekerjaan tetap sekarang,” terangnya.

Ia berharap ke depannya bisnis pribadi yang digelutinya bisa terus berkembang, sehingga bisa menjadikan dirinya sebagai perias terkenal di selurah Indonesia dan wanita karir yang sukses. Tak hanya itu, rias yang awalnya kecil bisa menjadi besar dan lengkap dengan perlengkapan seperti halnya memiliki wedding organizer sendiri bila ada seseorang yang membutuhkan jasanya. “Jadi, bagi saya menjalankan kedua-duanya secara bersamaan tidak masalah asalkan dapat membagi waktu dengan bijak,”pungkasnya.

data-ad-format="link">

Gallery for Tiara Larassati, Tetap Jalankan Karir dan Kembangkan Usaha Pribadi hingga Jawa Tengah

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- griya manten tegal - larasati griya manten