Megasender Kirim promosi otomatis ke berbagai sosial media secara brutal
Megasender Kirim promosi otomatis ke berbagai sosial media secara brutal

Sukses Jualan Lewat Sosial Media

364 views

Pada tahun 2015 ini masyarakat tengah dihebohkan dengan pemberitaan mengenai naik turunnya kekuatan rupiah terhadap dollar. Belum lagi kenaikan harga bahan bakar minyak dan kebutuhan bahan pokok yang tidak stabil. Hal ini membuat kita dituntut untuk pintar mengelola apapun terutama masalah keuangan kita. Berbagai macam cara bisa kita lakukan dalam upaya untuk menjaga keseimbangan antara banyaknya kebutuhan dengan kemampuan. Bisa dengan investasi baik berupa benda bergerak maupun tidak bergerak, polis asuransi, menabung ataupun memulai usaha. Usaha yang sedang menjamur sekarang tidak jauh-jauh dari kebutuhan pokok manusia. Yaitu sandang, pangan dan juga papan. Media dalam berjualannya pun berbagai macam cara. Ada yang membuka usahanya di rumah, berjualan dengan menyewa lahan atau toko, mengikuti bazar atau pameran serta yant sedang trend sekarang ini yaitu toko online.

Toko online merupakan sebuah media dimana layaknya toko biasa, mempunyai kegiatan jual beli. Hanya saja toko online menggunakan media internet dalam memasarkan produknya. Penjual bisa memilih dengan membeli sendiri domain sesuai dengan keinginan penjual, maupun dengan media sosial.

Media sosial yang bisa digunakan untuk membuka toko online juga berbagai macam. Bisa menggunakan facebook, instagram, twitter, media toko online (tokopedia, olx, lazada, dan lain sebagainya) maupun beberapa situs blog terkemuka. Semua bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan berjualan.

Bagi pemula yang ingin memulai berjualan dengan menggunakan media sosial, harus memperhatikan beberapa hal agar kegiatan toko online yang dibangun bisa mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal.

4 Tips Sukses Jualan Lewat Sosial Media

Sukses Jualan Lewat Sosial Media
Sukses Jualan Lewat Sosial Media (Ilustrasi/pixabay)
  1. Penentuan jenis produk yang sesuai permintaan pasar.

Pertama, tentukan terlebih dahulu produk apa yang akan dijual di media sosial. Pastikan produk atau barang yang akan dijual adalah barang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak hanyak dibutuhkan saja tetapi juga membuat calon pembeli merasa tertarik dengan barang jualan yang dipajang. Produk yang pada awalnya tidak terlalu dibutuhkan oleh orang, bisa menjadi dibutuhkan dengan bantuan beberapa hal seperti kemasan. Jangan lupa untuk memilih produk yang akan dijual dengan teliti. Pilih yang awet, tahan lama dan merupakan barang yang penjual juga suka. Untuk penjual yang memilih makanan sebagai produk yang akan dijual, pilih bahan yang segar yang masa konsumsinya masih lama. Karena dalam bisnis dengan menggunakan media online memerlukan waktu tunggu dalam hal pengiriman barang. Jadi sebagai penjual harus memastikan produk masih segar dan layak dari awal pengiriman sampai produk diterima oleh pembeli.

  1. Kemasan (packaging)

Kemasan merupakan salah satu hal yang menunjang dalam memasarkan suatu barang di media sosial. Konsumen atau pembeli hanya bisa melihat barang atau produk yang dijual, dan hal ini menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Karena menjual barang di media sosial tidak bisa dipegang atau dilihat langsung barangnya oleh pembeli, oleh karena itu kemasan yang menarik bisa membantu produk agar cepat laku. Jangan lupa untuk memasarkan barang dagangan dengan gambar yang menarik dan jelas.

  1. Promosi

Hal yang tidak kalah penting ketika memulai usaha melalui media sosial adalah dengan memulai menjual produk dengan menambahkan promo yang menarik. Semua pembeli pasti menyukai produk dengan promosi. Promosi yang akan dipakai bisa dengan berbagai macam promo. Bisa dengan diskon atau hadiah dengan minimal pembelian produk-produk tertentu. Dengan memperkenalkan produk yang dijual serta menambahkan promo di dalamnya, bisa memaksimalkan pemasaran produk yang dijual.

Megasender Kirim promosi otomatis ke berbagai sosial media secara brutal
Dapatkan Megasender Kirim promosi otomatis ke berbagai sosial media secara brutal. Buat akun untuk mulai mempublish postingan promo adscopy, foto, video atau url di berbagai sosial media kepada calon pembeli potensial anda hanya dengan sekali seting. Segera daftar Megasender sekarang.

  1. Modal

Sebagai penjual online, modal juga tidak kalah penting untuk membantu operasional penjualan. Modal yang dimaksud bisa berupa modal uang ataupun modal barang. Modal uang berarti uang untuk membeli produk secara partai besar untuk dijual kembali dengan harga tertentu agar bisa mendapatkan keuntungan. Sedangkan modal barang yaitu media yang digunakan dalam memasarkan produk, yaitu telepon genggam yang support dengan aplikasi media sosial dan beberapa properti yang menunjang promosi produk. Modal tidak hanya berupa materi dan barang, tetapi juga berupa kepercayaan pembeli terhadap penjual. Ketika penjual sudah mendapatkan kepercayaan pembeli, akan lebih mudah memperluas promosi dan pengenalan produk yang dijual kepada pembeli lain. Bisa kita lihat banyak toko online yang melampirkan atau memposting testimoni pembeli terhadap barang yang dibeli, testimoni tersebut bisa berupa kepuasan terhadap penjual ataupun kepuasan terhadap barang. Cara seperti itu bisa mempermudah penjual memasarkan produk yang dijual kepada pembeli lain. Dengan kata lain, kepercayaan juga merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh pebisnis toko online dimana antara penjual dan pembeki tidak bisa bertemu langsung dan pembeli tidak bisa melihat secara langsung barang yang akan dibelinya.

Keempat hal diatas tadi adalah beberapa hal yang pokok dan harus diperhitungkan mulai dari pebisnis toko online memulai bisnisnya. Masih banyak lagi yang harus dipersiapkan dalam hal memulai usaha toko online seperti pemilihan media sosial apa yang akan digunakan, cerdas memilih calon pembeli dan hati-hati terhadap pembeli nakal, pemasangan foto atau gambar produk yang dijual dan persiapan yang harus ada untuk mengantisipasi penipuan. Yang perlu disadari, bisnis toko online ini merupakan bisnis yang sedang marak di kalangan masyarakat, dan sebagai penjual pastinya kita akan menemui persaingan dalam kegiatan berjualan. Oleh karena itu, percaya diri dan rasa tidak gampang putus asa merupakan hal yang wajib dipunyai agar bisnis toko online yang akan dijalankan bisa berlangsung lama dan bermanfaat.

data-ad-format="link">

Gallery for Sukses Jualan Lewat Sosial Media

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- cara bisnis makanan dimedia sosial apa bisa - cara jualan pizza lewat sosial media
Kontributor Info Ide Bisnis Ponorogo Jawa Timur