Solusi Agar Pasangan Anda Berkata Jujur Tentang Uang
Solusi Agar Pasangan Anda Berkata Jujur Tentang Uang (Ilustrasi/pixabay)

Solusi Agar Pasangan Anda Berkata Jujur Tentang Uang

23 views

Solusi Agar Pasangan Anda Berkata Jujur Tentang Uang – Ketika masih kuliah dulu, kami biasa bercanda, uangmu adalah uangku, uangku bukan uangmu. Atau mungkin Anda pernah mendengar, atau mungkin pernah mengatakan pada kekasih Anda dulu, Uangmu adalah uangmu, uangku adalah uangku. Dalam urusan pengaturan uang, kalimat itu mungkin bisa dipakai saat Anda masih menjalani hubungan tidak serius, atau berpacaran.

Namun, apakah masih bisa diucapkan bila sudah menikah? Idealnya tidak.

Karena itu, tidak heran bila ada pasangan yang tidak berkata jujur untuk beberapa urusan pengeluaran uang.

Pada 2013 Self.com dan Today.com menemukan fakta yang sama, saat melakukan survei hampir 24 ribu pria dan wanita.

Survei itu mengungkapkan, hampir 50 persen dari orang dewasa yang sudah menikah mengaku menyimpan uang rahasia dari pasangan mereka.

Bahkan, 37 persen pria dan 56 persen wanita mengaku pernah berkata tidak jujur kepada pasangannya tentang uang. Walau sekitar 63 persen pria dan 70 persen wanita setuju bila bersikap jujur tentang uang kepada pasangannya adalah sebuah hal yang penting. Pertanyaannya, bagaimana dengan Anda?

Solusi Agar Pasangan Anda Berkata Jujur Tentang Uang
Solusi Agar Pasangan Anda Berkata Jujur Tentang Uang (Ilustrasi/pixabay)

Lalu, apa solusinya jika hal itu terjadi?

Solusi Agar Pasangan Anda Berkata Jujur Tentang Uang

1. Sadari masalah keuangan selalu jadi penyebab retaknya hubungan

Telah banyak penelitian yang membuktikan, perselisihan masalah keuangan menjadi penyebab nomor satu dalam perceraian rumah tangga.

2. Buat solusi secepatnya agar tidak semakin buruk

  • Sebaiknya suami istri membuat satu rekening bersama, yang isinya seluruh pengeluaran bersifat kewajiban rumah tangga, seperti bayar cicilan rumah, mobil, uang sekolah anak, cicilan dana darurat, pengeluaran makan sehari-hari, listrik, investasi, dan lainnya.

Cobalah untuk jujur dan terbuka terhadap uang, pengeluaran dan pendapatan yang dimiliki masing-masing. Sebab, bila tindakan menyembunyikan uang terjadi, Anda bisa dengan cepat melakukan evaluasi kecurangan keuangan yang terjadi. Pastikan akses online untuk segala rekening juga diketahui bersama.

3. Ciptakan waktu untuk diskusi keuangan

Buat kesepakatan diskusi rutin tentang masalah keuangan bersama pasangan. Saat diskusi, bicarakan tentang kebutuhan pribadi masing-masing yang ingin dibeli, mulai kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang.

Bisa juga tambahkan kebutuhan untuk hobi masing-masing. Pada akhirnya, keuangan jadi lebih terkontrol. Intinya, buatlah kesepakatan. (Sumber: Viva.co.id)

Demikianlah Solusi Agar Pasangan Anda Berkata Jujur Tentang Uang, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015