Membuka usaha waralaba
Membuka usaha waralaba (Ilustrasi/wikipedia)

Sebelum Membuka Usaha Waralaba Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Penting Ini

131 views

Sebelum Membuka Usaha Waralaba Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Penting Ini – Di sekitar kita sebenarnya terdapat banyak jenis usaha yang dapat anda jadikan sebagai peluang untuk mulai berbisnis. Satu diantaranya adalah membuka usaha waralaba, yang saat ini sedang menjamur di seluruh daerah di Indonesia. Usaha waralaba (franchise) merupakan sistem usaha memasarkan barang atau jasa yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain dengan perjanjian khusus yang disetujui pemilik usaha. Perjanjian tersebut biasa disebut perjanjian waralaba.

Usaha ini pada umumnya hanya berupa penggunaan nama dagang, merek dagang, merek layanan (simbol iklan). Walaupun terlihat begitu mudah menjalankannya, usaha waralaba sebenarnya mempunyai ikatan hukum serta aturan yang dibuat berdasarkan persetujuan kedua belah pihak yang bekerja sama. Pemilik perusahaan disebut franchisor, penerima waralaba disebut franchisee.

Sekarang ini usaha waralaba semakin menjamur, untuk itu jangan ketinggalan untuk memanfaatkannya. Lihat saja saat ini kemana-mana pasti anda menemukan usaha waralaba cafe, salon kecantikan, mini market, dan lain-lain. Dengan menggunakan merek dagang yang reputasinya terkenal membuat usaha tersebut mudah berkembang. Sehingga menghasilkan banyak keuntungan bagi anda yang menjalankannya. Biasanya franchisor akan membantu anda dalam hal promosi, tentu anda tidak capek melakukan promosi kesana-kemari. Cukup kerja dan layani pembeli saja, keuntungan sudah datang.

Tetapi sebelum anda mulai membuka usaha waralaba sebaiknya perhatikan 5 hal ini agar meraih kesuksesan nantinya. Yuk simak langsung apa saja 5 hal tersebut :

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha Waralaba

Membuka usaha waralaba
Membuka usaha waralaba (Ilustrasi/wikipedia)

1. Pilih berdasarkan minatmu

Ketika anda memulai usaha apapun itu, haruslah memilih yang sesuai minat dan anda sudah mempunyai tekad yang kuat untuk memperjuangkannya. Usaha yang dijalankan berdasarkan minat dan bakat cenderung berjalan lebih baik bila dibandingkan dengan membuka usaha asal ikut tren atau saran dari teman. Sebab, apapun yang kamu jalani jika sesuai hati tentu kamu melakukannya dengan ikhlas dan senang hati, maka usaha anda akan berkembang sedikt-demi sedikit. Berbeda jika tidak sesuai hati, pasti kamu menjalankannya dengan terpaksa, sehingga usahapun berjalan tidak maksimal. Contohnya anda suka minum teh, bukalah gerai yang menawarkan berbagai macam teh saja, tak usah memikirkan waralaba yang lainnya.

2. Siapkan mental diri

Dalam membuka usaha waralaba, siapkan dulu mental anda. Sebab, banyak sekali pesaing anda di luar sana, jangan mau kalah dengan mereka. Jika mental anda tidak siap sepenuhnya bisa saja berhenti di tengah jalan karena putus asa, tidak bisa menjual barang dengan baik.  Ketika memulai usaha waralaba ini tanamkan pada diri anda bahwa selalu ada kemungkinan untuk gagal, tetapi anda perlu berjuang untuk menghindari kegagalan tersebut. Siapkan dirimu sebaik mungkin sebelum membuka usaha ini dan bekerja keraslah untuk meraih kesuksesan.

Selain untuk bersaing dengan sesama pengusaha waralaba, kesiapan mental juga diperlukan saat melayani pelanggan. Anda harus mampu melayani berbagai jenis karakter pelanggan, jika ingin usaha semakin berkembang. Hindari memarahi pengunjung, walau menyebalkan usahakan anda tetap melayani dengan baik, jangan menelantarkan pengunjung, itulah beberapa hal yang harus anda lakukan kepada pengunjung.

3. Mempelajari terlebih dahulu waralaba pilihan anda

Sebelum membuka usaha waralaba anda harus mengerti benar tentang seluk beluk usaha tersebut. Anda harus tahu dengan detail bagaimana menjalankannya dengan baik agar cepat berkembang. Untuk itu pelajarilah usaha waralaba pilihan anda dan berikut ini beberapa pertanyaan yang harus anda tanyakan kepada pihak franchisor, yaitu :

  • Berapakan modal yang saya butuhkan untuk membuka usaha ini ? bisanya terdapat dua jenis franchisor, ada yang sebagian ikut merembug modal yang dibutuhkan, ada juga yang mewajibkan franchise menaruh modal sendiri.
  • Cabang usaha ini di mana saja?
  • Fasilitas apakah yang akan franchisor berikan kepada saya? Contoh : alat kerja, bahan baku, atau yang lainnya.
  • Bagaimanakah cara pembayaran bagi hasil atau fee royalti kepada franchisor?

Anda perlu mengetahui bagaimana jam terbang usaha waralaba yang ingin anda tekuni ini. Apabila sudah mempunyai banyak cabang dan terkenal baik di dalam negeri maupun luar negeri, tentu potensinya bagus. Selain mempelajari tentang seluk beluk usaha, ada baiknya juga mempelajari PP No. 42 tahun 2007 tentang waralaba untuk meyakinkan anda bahwa perjanjian dilakukan secara baik dan benar.

4. Pilih tempat usaha yang strategis

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha waralaba adalah memilih tempat yang strategis, misalnya dekat dengan jalan raya, sekolah, perkantoran, atau tempat-tempat ramai yang mudah diakses. Setelah itu pikirkan apakah tempat tersebut akan sewa atau membelinya, berapa biaya yang dibutuhkan? Jika menyewanya, pastikan keuntungan kamu selalu bisa untuk membayar sewa tempat tersebut. Sering kali seseorang terpaksa menutup usahanya karena tidak mampu menyambung biaya sewa. Anda wajib bisa mengatur keuangan dengan baik supaya usaha tetap berjalan.

5. Upayakan melakukan promosi tambahan

Memang usaha waralaba biasanya sudah berjalan tanpa promosi yang super giat, karena telah mempunyai nama besar serta reputasi terkenal. Namun, tak ada salahnya bagi anda melakukan promosi tambahan, agar usaha anda lebih ramai lalu medatangkan lebih banyak keuntungan. Kenalkan usahamu kepada teman terdekat, sesekali undang mereka untuk mencoba menikmati makanan atau minuman gratis di gerai anda.

Teman merupakan alat promosi yang tepat, walau kelihatannya dari mulut ke mulut tetap dampaknya sangat besar untuk usaha, mampu melebihi media sosial. Andalkan juga sosial media milik anda sebagai sarana promosi, postinglah beberapa foto mengenai usaha anda. Berikan juga diskon atau potongan harga jika membeli banyak. Perlu juga anda membuat kreasi dari barang atau jasa yang anda jual, sehingga pengunjung senang menikmati produk anda.

Usaha waralaba dapat dijalankan oleh semua orang, mulai dari mahasiswa maupun ibu rumah tangga. Apabila rumah anda sudah strategis tentu usaha ini dapat anda jalankan di rumah tanpa menyewa atau membeli tempat.

Demikianlah Sebelum Membuka Usaha Waralaba Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Penting Ini, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015