Riset keyword yang benar
Salah satu kunci berbisnis online dengan menggunakan website yaitu melakukan riset keyword yang tepat

Riset Keyword: Kesalahan Berbisnis Online Saya yang harus Anda Hindari

69 views

Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia online, khususnya bisnis online yang menggunakan blog atau website sebagai medianya, maka pengalaman berbisnis saya ini mudah-mudahan menjadi pelajaran buat Anda. Jangan melakukan kesalahan yang sama. Jangan buang-buang waktu Anda dengan sia-sia.

Saya mengenal memulai bisnis online sejak tahun 2010, waktu itu, ada seorang teman mertua saya yang datang ke rumah dan berhasil menghipnotis mertua saya dan merekrutnya menjadi member Melia Sehat Sejahtera yang waktu itu namanya masih sebagai Melia Nature Indonesia. Tapi yang dia daftarkan ke bisnis tersebut ternyata nama saya, bukan nama mertua saya. Padahal sebelumnya saya menolak bisnis tersebut. Soalnya waktu itu saya anti MLM. Namun karena nama saya terlanjur didaftarkan, maka apa boleh buat, toh bukan saya yang bayar, pikir saya waktu itu. Berhubung hobi saya bikin blog atau web, maka saya iseng buatkan web support untuk bisnis MLM dan sekarang sudah dilengkap dengan follow up otomatis.

Riset keyword yang benar
Salah satu kunci berbisnis online dengan menggunakan website yaitu melakukan riset keyword yang tepat

Tapi maaf, saya tidak ingin berbicara tentang bisnis tersebut, yang saya ingin katakan bahwa sejak kebangkrutan bisnis konvensional saya akibat tidak sanggup bersaing dengan minimarket modern, apalagi karena bukan saya yang kontrol penuh, karena itu milik mertua saya. Dan akhir tahun 2015, saya mau tidak mau saya harus terjun sebagai pebisnis online full time, karena usaha kelontong tersebut terpaksa kami tutup.

Kesalahan Berbisnis Online Saya yang harus Anda Hindari

Terus terang, saya memang sudah lama terjun ke dunia bisnis online, tapi bukan berarti sudah jadi mastah. Banyak kesalahan yang pernah saya lakukan selama berbisnis online hampir 7 tahun, diantaranya ialah:

Kesalahan pertama, langsung membuat banyak website. Sampai saat ini, untuk saya pribadi saya telah membuat 26 website yang pada akhirnya berguguran satu persatu dan tinggal 12 website saat ini. Semuanya saya buat dengan menggunakan domain TLD dan hosting berbayar.

Kesalahan kedua yang saya lakukan ialah tidak fokus pada satu jenis bisnis online. Okelah, membuat 26 website untuk satu jenis bisnis online tidak masalah. Tapi masalahnya, saya berbisnis online shop, berbisnis MLM online, mengikuti affiliate luar dan dalam negeri, jasa pembuatan website, sampai menjadi publisher GA. Sampai sekarang saya selalu menganggap diri saya bisa berhasil dengan semua bisnis online yang saya jalankan, tapi kenyataannya TIDAK.

Dan KESALAHAN paling FATAL yang saya lakukan sehingga bisnis online yang saya geluti tidak pernah membuahkan hasil yang memuaskan yaitu tidak melewati tahap paling DASAR dalam membangun suatu website bisnis, yaitu tidak melakukan riset keyword atau riset kata kunci.

Saya sudah pernah belajar riset keyword dengan menggunakan Google planner, tapi tidak mengerti juga, terlalu banyak yang mau dipilih, apalagi kalau mau memakai tool yang harganya diluar jangkauan saya, apalagi sejak mengalami kebangkrutan itu, buat makan anak dan istri saja masih megap-megap.

Tapi bulan Februari 2017 kemarin, di suatu grup adsense di Facebook, saya menemukan info tentang Ezkeyword. Kebetulan penjualannya pas habis PO GA. Maka saya coba membeli tool tersebut. Tool riset Keyword yang harus saya punya untuk menjalankan bisnis online saya dengan benar.

Tool Riset Keyword yang saya dan kampung blogger gunakan
Tool Riset Keyword yang saya dan kampung blogger gunakan

Setelah saya mencoba menggunakan tool tersebut sesuai dengan arahan para guru, dan alhamdulillah ada perkembangan signifikan pada website berbahasa Inggris yang saya kelola. Padahal website tersebut dikelola selama 2 tahun, sebelumnya tidak pernah melebihi unique visitor (UV)nya di atas 20, tapi setelah membuat artikel dari hasil riset keyword yang benar, berkat Ezkeyword bisa merangkak naik, posisi terakhir sudah di 80-100 UV. Padahal itu hanya update 1-2 artikel sehari, kadang juga tidak sempat karena banyak website lain yang dikelola.

Perkembangan trafik web bule (Web berbahasa Inggris menggunakan tool riset keyword Ezkeyword
Perkembangan trafik website bule (Web berbahasa Inggris) saya menggunakan tool riset keyword Ezkeyword

Dari pengalaman saya, Anda bisa belajar dari kesalahan yang pernah saya buat, terutama bagi Anda yang baru terjun ke bisnis online yang menggunakan website sebagai medianya. Atau mungkin ada yang segoblok saya, bikin website asal bikin saja tanpa riset yang BENAR

Tool yang murah dan sangat mudah digunakan ialah Ezkeyword buatan anak bangsa. Dengan Ezkeyword, saya bisa lebih fokus pada kata kunci atau keyword yang Easy dan Very easy, sehingga tenaga, pikiran dan uang tidak terbuang percuma hanya untuk membuat website bisnis, dan artikel  yang pada akhirnya hanya akan menjadi sampah di dunia maya, karena artikel yang tidak ada kata kunci yang tepat kemungkinan tidak akan ada yang baca kecuali search engine dan Anda sendiri 😀

 

 

Nah sekadar info, bukan promosi ya, tapi bagi yang ingin mengikuti jejak saya menjadi pebisnis online berbasis website. Saya rekomendasikan Anda untuk menggunakan tool riset keyword yang digunakan oleh penduduk Desa Menowo di Magelang (Kalau Anda rajin nonton SCTV pasti pernah melihat beritanya), bisa cek tentang Ezkeyword di sini: http://ezkeyword.com/
Kalau mau dapat diskon 200 ribu, gunakan kode kupon: LOSARI

Ini sangat murah, bisa Anda gunakan selama setahun.

Biasanya Affiliate mengiming-imingi bonus-bonus jika membeli lewat referalnya. Tapi kebanyakan bonus sampah 😀

Nah kalau saya, bonusnya Allah yang bayar 🙂
25% akan saya serahkan pada mas M Toha untuk pendirian pesantren, 25% untuk panti asuhan dekat rumah, dan 50% untuk saya gunakan maintenance website dan membeli perangkat untuk mendukung bisnis online yang lain. Saya sebenarnya punya banyak tool. Tapi saya rasa itu tidak terlalu diperlukan, karena konten berkualitas dengan hasil riset keyword yang benar itulah kuncinya. CONTENT IS KING!

Jangan lupa gunakan kupon: LOSARI untuk mendapatkan diskon 200 ribu.

Dapatkan ezkeyword

data-ad-format="link">

Gallery for Riset Keyword: Kesalahan Berbisnis Online Saya yang harus Anda Hindari

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015