Proposal usaha makanan
Proposal usaha makanan

Cara Membuat Proposal Usaha Makanan 5/5 (1)

Posted on 17 views

Cara Membuat Proposal Usaha Makanan – Untuk mendirikan sebuah usaha tentunya dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Bahkan untuk mendirikan sebuah usaha makanan kelas menengah saja dibutuhkan dana yang lumayan. Banyak dari pendiri usaha makanan yang sukses dengan modal awal mengajukan proposal kepada para investor yang siap memberikan modal. Berikut beberapa struktur pembuatan proposal usaha makanan beserta penjelasannya.

Hal-hal yang harus dituliskan dalam proposal usaha makanan antara lain

Pendahuluan

Bagian pendahuluan dari proposal merupakan bagian penting karena disini penulis akan menyampaikan perkenalan usahanya serta visi dan misi dan sedikit gambaran bisnis usaha makanan dari penulis.

Profil Usaha

  • Jenis usaha : jika proposal berhubungan dengan usaha makanan maka jenis usaha disini dituliskan usaha makanan.
  • Nama Perusahaan : tuliskan apa nama dari usaha makanan yang akan digunakan. Dalam hal ini menyangkut brand dan juga merk dagang jadi harus dipikirkan dengan baik.
  • Lokasi : penulisan lokasi pendirian usaha makanan yang akan dijalani. Penting untuk menyertakan lokasi dalam proposal usaha ini.

Struktur Organisasi

Apabila penulis proposal sudah mempunyai sebuah struktur organisasi dalam bisnis atau usaha makanannya maka bisa menuliskan struktur organisasi tersebut disini. Jika sudah memiliki struktur organisasi yang rapi maka investor akan menilai usaha benar-benar serius.

Produk

  • Jenis Produk : produk apa saja yang dibuat dalam usaha makanan. Sebutkan semua produk yang dibuat.
  • Pembuatan Produk : penulisan rincian pembuatan produk untuk semua jenis produk yang dibuat. Penulisan dilakukan secara rinci agar mudah dipahami oleh pembaca.
  • Keunggulan Produk : dalam hal ini penulis akan menuliskan keunggulan produk makanan yang dibuat.

Target Pemasaran

Tuliskan dimana saja target dari pemasaran usaha makanan yang akan dibuat serta tuliskan juga kalangan yang menjadi target pemasaran usaha makanan ini. Target pemasaran harus dituliskan secara baik dan rinci dalam proposal usaha makanan.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran proposal usaha makanan

Setelah penulisan target baru mulai untuk menuliskan strategi pemasaran. Metode apa saja yang digunakan dalam pemasaran serta langkah atau promosi apa yang bisa digunakan untuk mengembangkan usaha.

Laporan Keuangan

  • Alokasi Dana : penulisan dan penjelasan alokasi dana yang dibutuhkan untuk membantu jalannya bisnis usaha makanan.
  • Hitung Laba : penulisan untung rugi yang dimana dalam penulisan ini harus secara nyata tanpa adanya penipuan dan sebagainya.
  • Bagi Hasil : dalam penulisan bagi hasil ini disesuaikan dengan hasil hitung alokasi dan juga hitung laba.

Penutupan

Setelah semua selesai untuk dituliskan dengan lengkap dan benar maka langkah terakhir adalah penutupan. Dalam penulisan kalimat penutup dalam proposal harus selalu hormat terhadap pembaca maka dalam poin ini para penulis harus selalu teliti.

Beberapa langkah penulisan proposal usaha makanan diatas sebenarnya bisa diterapkan dalam penulisan proposal usaha lainnya (silahkan baca Cara Membuat Proposal Event Yang Baik). Kurang lebih menulis proposal usaha dalam bidang makanan ialah seperti di atas untuk contoh proposal usaha sudah tersedia di berbagai media. Tidaklah sulit menuliskan proposal usaha yang terpenting ialah ketelitian dalam menuliskan hal-hal atau poin penting dalam proposal agar membuat pembaca atau investor tertarik dengan usaha tersebut.

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015