Prediksi harga minyak akhit tahun 2020
Prediksi harga minyak akhit tahun 2020 (Gambar pengeboran minyak/wikipedia)

Prediksi OPEC: Harga Minyak Naik Akhir Tahun 2020

182 views

Anda pasti sudah mengenal apa itu OPEC. OPEC memiliki kepanjangan yaitu Organization of the Petroleum Exporting Countries. OPEC merupakan organisasi internasional yang pertama kali didirikan di Irak pada tahun 1960. Ada banyak negara pengekspor minyak yang telah bergabung di OPEC dan Indonesia termasuk ke dalam organisasi tersebut.

Prediksi harga minyak akhit tahun 2020
Prediksi harga minyak akhit tahun 2020 (Gambar pengeboran minyak/wikipedia)

Baru-baru ini OPEC memberikan pernyataan bahwa harga minyak sudah mulai turun sejak 2014 dengan harga sekitar $110 per barel menjadi pada kisaran $37 per barel. Harga ini akan terus turun sampai akhir tahun 2020. Penurunan harga disebabkan oleh berlebihnya suplai dan rendahnya permintaan pasar. Menurut OPEC, rendahnya permintaan pasar akan minyak terhambat di beberapa negara, karena adanya pencabutan program subsidi dari pemerintah dan adanya inflasi. Penurunan harga minyak menyebabkan terhambatnya pertumbuhan negara-negara penghasil minyak. Bahkan ada dari negara-negara tersebut yang membatalkan proyek senilai $200 miliar. Pada akhir tahun 2020, OPEC memprediksi harga minyak akan naik sampai $70. Perkiraan naiknya harga di akhir tahun 2020 dikarenakan biaya yang mahal untuk proses eksplorasi minyak. Namun tenang saja, kenaikan yang dimulai pada akhir tahun 2020 itu tidak akan melebihi $95 per barel. Harga setiap barelnya tidak akan melebihi harga di tahun 2014, jadi perusahaan-perusahaan harus bersiap akan kenaikan harga minyak 4 tahun ke depan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kenaikan minyak di akhir tahun 2020. Pada akhir tahun tersebut cadangan minyak yang kini sudah ada hanya tinggal sedikit lagi yang dapat diambil. Saat itu OPEC grup akan mendapat paksaan untuk mencari sumber minyak baru, karena memang pasokan minyak dari sumber yang sudah ada saat ini akan berkurang. Perusahaan penambang minyak diharuskan untuk bekerja keras guna eksplorasi sumber minyak yang baru. Eksplorasi sumber di tempat yang baru sudah pasti akan memerlukan biaya yang tinggi. Biaya akan jauh menjadi lebih tinggi saat ditemukan sumber baru yang letaknya di laut. Biaya pengeboran di laut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan biaya pengeboran di darat. Pengeboran di laut lebih mahal, karena harus memperhitungkan kedalaman laut, besar kecepatan angin, dan besarnya ombak. Hal lain yang harus diperhitungkan ialah jauhnya tempat pengeboran dari pantai dan adanya perkiraan lama waktu pengeboran. Sedangkan untuk pengeboran darat menjadi lebih murah dibandingkan dengan pengeboran laut, karena tidak harus melakukan analisis terhadap besarnya gelombang dan tekanan dalam laut.

OPEC juga mengatakan sebenarnya kenaikan harga minyak pada 2020 juga disebabkan faktor-faktor lain seperti pertumbuhan penduduk dan ekonomi. Hasil prediksi juga menyebutkan bahwa pertumbuhan pasar akan minyak pada kisaran 97,4 juta barel setiap harinya. Ini merupakan peningkatan pasar yang fenomental dibanding pada tahun 2014 permintaan pasar hanya sebesar 91,3 juta barel setiap harinya. Tentunya harga di 2025 dan berikutnya harga minyak bisa terus merangkak naik. Menurut prediksi PBB, kenaikan jumlah penduduk seluruh dunia tahun 2025 diprediksi sebanyak 8,1 miliyar jiwa. Sedangkan Menurut Badan Pusat Statistik untuk Indonesia sendiri jumlah penduduk di 2025 akan mencapai 273,2 juta jiwa. Sudah pasti pertambahan sekian besar akan menyebabkan permintaan pasar bertambah pesat.

OPEC juga mengatakan bahwa peningkatan permintaan pasar akan terus meningkat di tahun 2040, karena adanya lonjakan pertumbuhan penduduk. Bagi negara-negara penghasil minyak selain OPEC harus bersiap untuk penurunan permintaan pasar sampai ke titik 59,7 juta barel setiap hari di tahun tersebut. Sedangkan bagi negara-negara yang termasuk ke dalam anggota OPEC akan mengalami peningkatan permintaan sebesar 40,7 juta barel per hari di tahun 2040.

data-ad-format="link">

Novia Nur FS
Kontributor Info Ide Bisnis Yogyakarta