Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia

Perlukah Home Credit Indonesia merambah Kota Pontianak ?

822 views

Ketika Penulis membaca Home Credit Indonesia di laman facebook maka tidak banyak yang bisa diungkapkan karena Home Credit Indonesia belum ada di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Untuk mengungkap penasaran itu penulis melakukan searching Home Credit Indonesia di media internet. Dan ternyata Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan keuangan multiguna di Indonesia yang melayani kredit bagi konsumen seperti barang elektronik, ponsel, perabot rumah dan peralatan rumah tangga. Penulis pun ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang Home Credit Indonesia yang saat ini masih melayani konsumennya di 6 Kota Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Yogyakarta dan Semarang. Sementara Kota Pontianak belum dijadikan target pemasarannya dan saya berharap tahun 2018 Home Credit Indonesia dapat melebarkan sayapnya di kota ini. Bukankah ekspansi merupakan bagian dari inovasi Home Credit Indonesia tiada henti.

Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia

Sejak tahun 2000 Penulis sudah menggeluti bisnis leasing berbagai macam barang dimulai dari barang elektronik, ponsel, perlengkapan rumah tangga dan perabot rumah sehingga paham betul bagaimana sistem pembiayaan keuangan multiguna itu dijalankan. Penulis merupakan bagian dari mata rantai sistem pembiayaan keuangan multiguna yang dilakukan oleh multifinance, yang tak perlu disebutkan untuk disalurkan kepada konsumen. Berbicara kredit barang atau leasing di Kota Pontianak, penulis menjumpai banyak hal yang terjadi sebelum barang itu diserahkan ke konsumen, seperti :

  • Biaya administrasi
    biaya ini ditetapkan bervariasi sesuai nilai barang yang diambil dan kebijakan lembaga pembiayaan
  • Biaya survey dan fee
    biaya ini ditentukan oleh tenaga survey dan bahkan jika barang disetujui maka akan ada lagi penagihan fee yang tidak resmi
  • Perbedaan harga barang cash dan credit
    perbedaan harga dasar jika membeli secara cash dan kredit dapat diilustrasikan misalnya Handphone A jika dibeli cash seharga Rp. 5.000.000,- dan apabila dibeli secara kredit maka harga dasarnya ialah Rp. 5.500.000,- . Ada strategi cash back di sini. Namun secara tidak langsung akan membebani konsumen.
  • Pemberian suku bunga 5-7 % per bulan
    suku bunga ditetapkan oleh lembaga pembiayaan berbeda-beda sesuai kebijakan multifinance dan peluang penetapan suku bunga yang bervariasi sesuai kesepakatan antara pemberi dan penerima kredit.
  • Rekomendasi nasabah
    penentuan nasabah sangat penting dalam keberlangsungan perjanjian kredit karena banyak aspek yang perlu dipertimbangkan, salah satunya yaitu penghasilan dan tempat tinggal

Hal tersebut di atas tentu akan membebani para nasabah walaupun demi barang yang diinginkan terkadang alam bawah sadar konsumen tidak begitu mempertimbangkan hal tersebut. Tidak jarang juga dijumpai para surveyor memberikan rekomendasi kepada nasabah yang tidak jelas pekerjaannya atau kemampuan nasabah tidak diperhitungkan dengan seksama pada akhirnya berdampak kepada lembaga pembiayaan multiguna itu sendiri.

Dengan hadirnya Home Credit Indonesia yang membawa sejumlah inovasi yang tersirat dalam visi dan misinya, Penulis yakin Home Credit Indonesia akan maju dan berkembang. Seperti yang dikutip ucapan CEO PT. Home Credit Indonesia pada saat ulang tahun ke-3 , 11 April 2016, Jaroslav Gaisler mengatakan “selama tiga tahun beroperasi di Indonesia pertumbuhan bisnisnya mengalami peningkatan omset dengan terus berkomitmen memberikan pembiayaan multiguna yang bertanggung jawab dan sistem pelayanan kepada nasabah dengan baik”. Dengan komitmen dan inovasi yang dikembangkan, penulis merasa sudah cukup kuat untuk memulai melirik pangsa pasar yang ada di kota Pontianak dan yakin Home Credit Indonesia akan berkembang lebih pesat.

Berdasarkan data statistik kependudukan Provinsi Kalimantan Barat per 31 Desember 2015 bahwa jumlah penduduk Kota Pontianak ialah 652.325 orang dengan tingkatan umur antara 18 – 50 tahun berjumlah 406.007 orang ( 62,24 %) yang berpotensi melakukan transaksi konsumtif dikarenakan usia produktif ini sehingga berpeluang bagi HCI untuk ekspansi di Kota Pontianak.

Sejak dibuka tahun 2012 Home Credit Indonesia (HCI) telah hadir di 6 kota di Indonesia yang mengembangkan beberapa inovasi yang dapat dijadikan referensi oleh konsumen yaitu :

  • HCI hadir di berbagai gerai toko elektronik
    Kehadiran sales marketing di berbagai gerai toko strategis sangat bagus dilakukan karena akan memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi barang yang akan diambil secara kredit dan tentunya meyakinkan konsumen
  • HCI bermitra dengan supplier
    Bermitra dengan supplier merupakan langkah tepat dalam persaingan produk dan harga sehingga akan berdampak pada pilihan konsumen akan harga barang yang ditawarkan
  • HCI kembangkan bunga yang kompetitif
    Penentuan suku bunga yang jujur dan terbuka merupakan kunci dari kesuksesan dalam menarik konsumen karena saat ini konsumen sudah sangat cerdas dalam memilih suku bunga yang berjalan
  • HCI syarat mudah hanya dengan KTP
    Persyaratan semudah ini tentu saya yakini sudah melakukan survey atau pemetaan terhadap domisili konsumen, karena hanya dengan KTP merupakan sebuah keputusan yang riskan. Penulis harap HCI tetap melakukan survey dan wawancara untuk mengetahui calon konsumen.
  • HCI memproses kredit barang dalam 30 menit
    Proses cepat ialah impian semua konsumen sehingga hal ini memberikan kepuasan pelanggan dan dibutuhkan sales yang cekatan dalam melayani konsumen
  • HCI bekerjasama dengan asuransi
    Asuransi dengan program Easy Cover untuk handphone yang terkena air dan akibat kecelakaan merupakan keputusan brilian dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen. Namun strategi ini saya yakin sudah menjadi pertimbangan oleh HCI dengan pengalaman yang telah dimiliki
  • HCI SKA_ solusi kebutuhan anda
    Untuk mengingat HCI dengan mudah perlu dirancang slogan company yang melekat di hati para konsumen yang tentunya dapat dipahami oleh semua kalangan dengan bahasa yang sederhana. Jika boleh mengusulkan slogan “ HCI SKA_ solusi kebutuhan anda” yang mungkin bisa diterima di masyarakat bahwa HCI sudah mulai merakyat dan mudah dijangkau.
  • HCI Training centre
    Secara berkala diharapkan HCI dapat berbagi ilmu dan inovasi dalam mengembangkan produk sehingga para pelaku pemasaran memang benar-benar bekerja sesuai standard yang diharapkan perusahaan. Dengan demikian standard pelayanan konsumen dapat tercapai dan merasakan manfaat terhadap pelayanan HCI.

Dalam persaingan lembaga pembiayaan multiguna saat ini tentu Home Credit Indonesia telah melakukan survey, strategi pasar dan inovasi tiada henti untuk memberikan kepuasan kepada konsumen terutama dalam menekan penetapan suku bunga kredit dan kualitas produk yang dijual melalui pembiayaan ini. Berdasarkan data beberapa bank di Kalimantan Barat bahwa suku bunga kredit mikro dan komersil adalah suku bunga terendah 10,25 % per tahun dan suku bunga tertinggi 17 % per tahun. Dengan mengetahui suku bunga ini tentu HCI dapat melihat peluang pasar yang kompetitif dan mengembangkan pemberian fasilitas kredit barang melalui online dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Penulis juga berharap Home Credit Indonesia dapat terus berkembang dan berinovasi dalam segala bentuk strategi pemasaran dan servis konsumen menjadi bagian skala prioritas. Semua masyarakat tentu berharap semakin berkembangnya suatu company akan membuka lapangan pekerjaan baru, menghadirkan persaingan produk, dan mendorong pelaku usaha kecil menengah berkembang yang pada akhirnya memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat. Sukses selalu buat Home Credit Indonesia dan kami tunggu inovasi anda berikutnya..!!

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- HCI pontianak - jasa kredit barang pontianak - PT Homecredit Indonesia Cab Pontianak Kota Pontianak Kalimantan Barat

Jln Penjajap Timur 3A Pemangkat _Pontianak KALBAR