Pengusaha Sukses di Indonesia

Kumpulan Biografi 5 Orang Pengusaha Sukses di Indonesia

Beberapa tahun ke belakang, semakin banyak pengusaha sukses di Indonesia yang berhasil mengispirasi banyak orang. Dan sebagian besar pengusaha sukses baru masih berusia yang relatif muda. Meskipun ada macam–macam pengusaha sukses di Indonesia, namun kebanyakan bergerak di bidang teknologi dan internet.

Memang sejak sekitar tahun 2010, internet di Indonesia sangat berkembang. Meskipun tidak sedikit anak muda yang memanfaatkannya untuk hal yang kurang baik bahkan tidak berguna, banyak pula dari mereka yang memanfaatkan internet sebagai tempat memulai bisnis dan langkah awal sebagai seorang pengusaha.

Dan hasilnya, mereka bisa menjadi pengusaha muda sukses Indonesia yang bukan hanya bisa meraup banyak keuntungan, namun juga membantu pergerakan ekonomi bangsa. Dengan kata lain, di usia muda, mereka sudah bisa membantu dan memberikan jasanya untuk menolong perekonomian Indonesia.

Sebagai motivasi dan pembangkit semangat, berikut ini kita akan memberi kumpulan biografi pengusaha sukses di Indonesia.

Baca juga: Inilah 10 Tips Menjadi Pengusaha Muda Sukses

Biografi 5 Orang Pengusaha Sukses di Indonesia

William Tanuwijaya (Tokopedia)

William Tanuwijaya bisa dibilang sebagai salah satu pengusaha muda pertama di Indonesia yang berhasil menjadi pelopor banyaknya e-commerce yang muncul belakangan ini. Sebab Tokopedia merupakan salah satu e-commerce atau toko online pertama dan paling sukses di Indonesia.

William Tanuwijaya sendiri bukan berasal dari keluarga terpandang. Pria yang lahir di tahun 1981 ini harus bekerja sampingan sebagai penjaga warnet di masa kuliahnya di Binus dengan jurusan Teknik Informatika.

Namun dari situlah William belajar mengenai dunia internet khususnya dunia jual beli online dan seputar website.

Setelah lulus dari kuliahnya, William Tanuwijaya pernah pekerja sebagai software developer hingga game developer.

Di tahun 2009, William Tanuwijaya mengajak rekannya, Leontinus Alpha Edison untuk membuat sebuah bisnis dan terobosan baru dalam dunia jual beli online di Indonesia. Dari situlah pertama kali muncul nama Tokopedia.com yang masih bermediakan website biasa.

Di tahun pertamanya, Tokopedia mendapatkan suntikan dana dari Bubu Awards setelah dinobatkan sebagai startup e-commerce terbaik di Indonesia pada masa itu. Dan kini, Tokopedia terus berevolusi dan menjadi salah satu Unicorn pertama dari Indonesia sekaligus di Asia Tenggara.

Baca juga: 11 Kunci Menjadi Pengusaha Muda Sukses

Achmad Zacky (Bukalapak)

Hampir serupa dengan William Tanuwijaya, Achmad Zacky juga menjadi salah satu pelopor banyaknya startup dan e-commerce yang muncul di Indonesia. Banyak orang yang telah terinspirasi olehnya, khususnya sejak BukaLapak menjadi salah satu Unicorn di Asia Tenggara.

Achmad Zacky juga menekuni jurusan yang sama, yaitu Teknik Informatika di ITB pada tahun 2004. Ia sudah memperlihatkan ketertarikannya dalam dunia teknologi, khususnya komputer, sejak masih duduk di bangku SD.

Setelah lulus dari ITB, ia membuat perusahaan pertamanya yang bergerak di bidang jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia. Di perusahaan tersebut ia juga membuat proyek internal berupa website. Dari situlah BukaLapak pertama kali muncul.

Salah satu teknik marketing yang dilakukan Achmad Zacky untuk memperkenalkan BukaLapak ialah dengan terjun langsung mengajak penjual UMKM maupun di mall untuk ikut berjualan di BukaLapak secara online. Dan secara mengejutkan, BukaLapak berkembang dengan sangat pesat dalam hitungan beberapa bulan saja.

Akhir tahun lalu, Achmad Zacky memberikan posisinya ke CEO baru BukaLapak. Kini ia lebih berfokus sebagai philanthropist dan mendirikan perusahaan non profit yang siap membantu para pengusaha muda baru dalam membuat startup.

Nadiem Makarim (Gojek)

Pengusaha Sukses di Indonesia - Nadiem Makarim
Nadiem Makarim (Foto: Wikipedia)

Berikutnya ada Nadiem Makarim yang terkenal akan inovasinya dalam mendirikan Gojek sebagai salah satu perusahaan transportasi online pertama di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Nadiem Makariem mendapatkan inspirasi untuk membuat Gojek ketika ia sedang naik ojek, transportasi umum yang sebenarnya sangat dibutuhkan namun kurang terintegrasi di Indonesia.

Nadiem Makariem lahir di Singapura pada 4 Juli 1984. Bisa dibilang, Nadiem lahir dari keluarga yang cukup terpadang. Namun ia tidak memanfaatkan statusnya untuk membuat perusahaan secara instant.

Di masa mudanya, Nadiem Makariem menekuni pendidikan di Sekolah Bisnis Universitas Havard hingga tahun 2011.

Kini, sudah lebih dari 5 tahun berjalan dan Gojek sudah menjadi salah satu Unicorn terbesar di Asia Tenggara. Gojek juga terus melakukan perubahan, bukan hanya untuk membuat nyaman para konsumennya, namun juga membantu para tukang ojek memiliki pekerjaan yang lebih menjanjikan serta menghubungkan mereka dengan para konsumen yang lebih luas.

Tetapi di sekitar akhir tahun 2019, Nadiem Makariem mengundurkan diri sebagai CEO dari Gojek. Tepatnya setelah ia diminta menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia atas permintaan Presiden dan Wakil Presiden secara langsung.

Keputusan ini juga diambil karena ia ingin mengikuti jejak pamannya, Fuad Hasan, yang juga pernah memiliki jabatan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada zaman Presiden Suharto.

Yasa Singgih (Men’s Republic)

Biografi pengusaha muda di Indonesia yang akan kita bahas berikutnya ialah Yasa Singgih, pendiri dari Men’s Republik. Beberapa dari kalian yang suka berbelanja di bidang fashion baik laki–laki maupun perempuan, pastinya sudah tidak asing lagi dengan brand yang satu ini.

Yasa Singgih pertama kali bergelut di bidang usaha jual beli fashion sejak umur 16 tahun. Pada saat itu, ia mulai berjualan kaos bersama dengan orang tua temannya yang memiliki usaha konveksi.

Pada awalnya, Yasa membuat desain kaos dan belajar secara otodidak atau self-taught. Dengan modal 700 ribu, Yasa Singgih memulai bisnis kaos yang ia desain untuk pertama kalinya.

Kemudian ia juga belajar dari banyak orang dan mulai mendirikan brand yang lebih serius bernama Men’s Republic. Pada saat itu, Men’s Republic menggunakan teknik pemasaran melalui media sosial seperti BBM, Blog, dan Twitter. Sebab penggunaan internet belum seterkenal sekarang dan berjualan di toko online belum menjadi hal yang wajar.

Men’s Republic yang ia dirikan juga pernah mengalami pasang surut hingga harus berhenti beroperasi sementara. Namun, hal ini justru membuatnya kembali bangkit dan menyusun rencana baru yang lebih matang.

Jason Lamuda (Berrybenka)

Dan pengusaha muda inspiratis yang terakhir sebagai pengusaha sukses di Indonesia ialah Jason Lamuda, pendiri dari Berrybenka. Hampir mirip dengan Men’s Republic, Berrybenka ini juga sebuah bisnis online yang bergerak di bidang fashion pria dan wanita.

Uniknya ialah, Jason Lamuda memulai bisnis ini pertama kali di sebuah garasi rumahnya. Dengan hanya bermodalkan uang puluhan juta yang ia simpan, Berrybenka bisa dibilang berkembang dengan pesat hingga saat ini.

Berrybenka memulai bisnisnya dengan menjual brand sendiri dan brand perusahaan yang bekerja sama. Namun di tahun–tahun pertamanya, banyak brand yang menolak bekerja sama karena masih ragu akan kejelasan dan prospek Berrybenka.

Bila dihitung sejak tahun 2012, kini Berrybenka sudah berdiri selama kurang lebih 8 tahun. Dan kini, Berrybenka hanya menjual produk–produk dari brand sendiri saja.

Baca juga: Untuk Menjadi Pengusaha Sukses Terapkanlah 6 Langkah Ini

Seperti itulah beberapa biografi pengusaha sukses di Indonesia. Melihat perjuangan para pengusaha muda ini, kalian pasti sadar bahwa tidak ada bisnis yang akan sukses dengan cepat. Semuanya butuh proses dan kesabaran.

Bantu kami di tengah-tengah wabah COVID-19 untuk tetap bisa menyajikan informasi bisnis yang bermanfaat dengan memberikan donasi seikhlasnya agar bisa tetap bertahan di tengah krisis ini. Donasi Anda dapat dikirimkan lewat .

3IN1 SPOT TEMPLATE

#1 Premium Multipurpose Blogger Template

Template yang didesain untuk keperluan Blogging, Landing Page, Toko Online
Semua itu dapat anda dapatkan dalam satu Template Blogspot

*