Pengertian Marketing Mix

5 Pengertian Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya Pada Bisnis

Apa pengertian marketing mix? Dan mengapa teknik ini sangat penting dalam pengembangan bisnis dan usaha?

Memang belakangan ini, teknik marketing mix atau bauran pemasaran kembali banyak diperbincangkan oleh para entrepreneur. Khususnya mereka yang sedang merintis bisnis baru atau sedang membuat start up dan ingin bisnisnya cepat berkembang.

Mengetahui marketing mix menjadi salah satu pengetahuan dasar yang wajib dipahami oleh para pebisnis. Sebab teknik ini juga akan mempengaruhi cepat atau lambatnya perkembangan bisnis yang anda semua jalani saat ini.

Oleh karena itu, langsung saja kita membahas pengertian marketing mix dan bagaimana konsep serta penerapannya dalam dunia bisnis.

Pengertian Marketing Mix Menurut Para Ahli

Secara umum, marketing mix atau bauran pemasaran dapat diartikan sebagai sebuah startegi pemasaran yang mencampurkan beberapa elemen dan strategi dasar dan dilakukan secara terpadu dan saling berhubungan.

Tetapi para ahli pemasaran dan bisnis, memiliki definisinya masing–masing dalam mengartikan bauran pemasaran. Berikut ini pengertian marketing mix menurut para ahli.

Menurut Safjan Assauri

Pengertian baruan pemasaran menurut Sajfan Assauri adalah sebuah kombinasi variable atau kegiatan yang menjadi inti dari system pemasaran. Variabel mana yang dapat dikendalikan oleh pemasaran untuk mempengaruhi reaksi para konsumen alias para pembeli.

Menurut Gugup Kismono

Definisi marketing mix menurut Gugup Kismono adalah sebuah kombinasi dari kegiatan atau variable yang merupakan inti dari pemasaran. Gugup Kismono menuturkan bahwa bauran pemasaran ini terdiri dari 4P yaitu Product alias produk, Price alias harga, Place alias lokasi atau tempat, dan Promotion alias promosi.

Menurut Phillip Kotler dan Gary Armstrong

Philip Kotler dan Gary Armstrong mendefinisikan bauran pemasaran sebagai sebuah perangkat atau alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan seperti produk, harga, promosi, dan distribusi yang digabungkan oleh perusahaan demi menghasilkan repsom yang diinginkan untuk mencapai target penjualan.

Menurut Buchari Alma

Kemudian menurut Bucahri Alma, pengertian marketing mix adalah sebuah strategi yang mengombinasikan kegiatan–kegiatan pemasaran alias marketing, yang dilakukan agar tersipta kombinasi maksimal dan dapat memunculkan hasil yang maksimal untuk perusahaan.

Baca juga: Tips dan Cara Bisnis Sukses di 1 Tahun Pertama

Menurut Sumarmi dan John Soeprihanto

Terakhir ada dua ahli pemasaran dan bisnis, yaitu Sumarmi dan John Soeprihanto yang mendefinisikan bauran pemasaran sebagai kombinasi dari sebuah system pemasaran, yaitu harga, produk, distribusi dan promosi sehingga dapat digunakan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen pada perusahaan.

Dari ke lima pendapat ahli di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian marketing mix adalah sebuah penggabungan teknik, kegiatan, dan variable pemasaran utama, yaitu harga, distribusi atau lokasi, produk, dan promosi yang disatukan agar dapat mempengaruhi tanggapan konsumen pada perusahaan.

Tujuan utama dari teknik marketing mix tentunya untuk meningkatkan penjualan bisnis atau perusahaan. Dan tentunya, hal ini sangat bergantung pada respon atau tanggapan dari konsumen kita.

Bila konsumen memberi tanggapan dan respon yang baik pada bisnis yang anda jalani, tentunya grafik penjualan akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Dan sebaliknya, bila konsumen anda tidak memberikan respon yang memuaskan, maka ada sesuatu yang perlu anda benahi agar bisnis bisa terus berjalan.

Itulah salah satu alasan pentingnya penerapan marketing mix dalam sebuah bisnis. Agar penjualan dalam bisnis anda bisa terus meningkat dan berkembang meskipun harus bersaing dengan bisnis atau perusahaan lainnya.

Konsep dan Penerapan Teknik Marketing Mix

Setelah mengetahui apa pengertian marketing mix, hal berikutnya yang perlu anda ketahui ialah bagaimana konsep dan penerapan dari teknik marketing mix. Hal ini juga sangat penting agar anda bisa langsung mempraktekkan teknik ini kepada bisnis yang sedang anda jalani.

Ada 4 poin dasar dalam penerapan marketing mix yang juga disingkat sebagai 4P alias Price, Product, Promotion, dan Place. Kemudian, ada 3 poin opsional yang akan melengkapi bauran pemasaran yaitu People, Packaging, dan Process.

Kita akan membahas ke tujuh poin ini satu per satu dengan jelas agar lebih mudah dimengerti.

Harga (Price)

Pastinya sudah jelas bahwa pemilihan harga akan sangat berpengaruh pada respon konsumen dari perusahaan anda. Dan tentunya, anda tidak bisa asal-asalan dalam mematok harga dari sebuah produk.

Memasang harga terlalu rendah akan membuat bisnis mengalami defisit, sulit berkembang, dan bisa tutup secara perlahan meskipun penjualan tinggi. Dan memasang harga yang terlalu tinggi bisa membuat grafik penjualan menurun bahkan tidak ada produk yang terjual sama sekali.

Oleh karena itu, anda perlu memikirkan 4 hal dasar berikut ini sebelum menentukan harga sebuah produk.

  • Berapa total biaya pembuatan atau modal dari produk yang ingin anda jual?
  • Berapa kira–kira calon konsumen ingin membeli produk yang anda jual?
  • Apakah harga yang anda pikirkan bisa bersaing dengan kompetitor?

Baca juga: Usaha Tanpa Modal di Dunia Online yang Wajib Anda Coba

Product (Produk)

Bila sudah memikirkan harga, tentunya anda sudah menentukan produk yang ingin anda jual. Produk ini tidak mesti berupa benda atau memiliki bentuk fisik. Kini, sudah banyak pula bisnis yang berjualan produk digital maupun jasa

Yang perlu dipikirkan dalam memilih produk ialah, apakah produk anda dibutuhkan banyak orang?

Dan tidak perlu memiliki produk terbaik untuk bisa dicari oleh konsumen. Anda hanya perlu memilih, apakah anda ingin menjadi yang pertama atau pioneer, yang terbaik, atau yang terunik?

Promotion (Promosi)

Berikutnya ada promosi, aspek terpenting lain yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan. Promosi merupakan jalan utama memperkenalkan produk dari bisnis anda ke publik termasuk calon konsumen.

Tetapi, tidak semua promosi efektif dan berdampak langsung pada bisnis. Anda perlu memastikan promosi yang anda lakukan tepat dan menjangkau calon konsumen yang potensial.

Kini, promosi juga bisa dilakukan baik secara digital maupun secara langsung. Dan masing–masing memiliki dampak dan efektivitas yang berbeda–beda, tergantung dari produk yang anda jual.

Place (Lokasi atau Tempat)

Poin ke 4 ialah place atau tempat paling strategis dan paling cocok untuk bisnis anda. Ada 3 pertanyaan utama yang bisa mempermudah anda menentukan tempat berbisnis. Yaitu :

  • Dimana kemungkinan calon konsumen anda berada?
  • Bila anda pebisnis online, kira–kira media sosial atau aplikasi toko online mana yang paling banyak digunakan oleh calon konsumen anda?
  • Tempat mana yang paling mudah untuk anda baik berpromosi maupun berjualan?

Dari ke 3 pertanyaan ini, anda bisa mempertimbangkan tempat mana yang paling strategis untuk tempat anda berbisnis.

Untuk ke 3 poin selanjutnya yaitu People, Packaging dan Process bisa anda lakukan sambil bisnis berjalan.

People adalah SDM atau sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga bisa meningkatkan produktivitas perusahaan. Packaging adalah kemasan, bagaimana anda harus mengemas produk anda agar terlihat menarik di mata para konsumen. Dan Process adalah proses, Apakah anda sudah melakukan semua kegiatan dari produksi hingga pemasaran yang sesuai? Atau ada yang masih perlu anda benahi dan revisi agar penjualan bisa terus berkembang?

Baca juga: Tips sukses bisnis online

Itulah pengertian marketing mix dan konsep serta cara penerapannya. Dengan menerapkan marketing mix, anda bisa mempercepat pengembangan bisnis dan meningkatkan grafik penjualan secara bertahap.

*