Pembebanan biaya overhead pada aktiva tetap yang dibangun dan digunakan sendiri
Pembebanan biaya overhead pada aktiva tetap yang dibangun dan digunakan sendiri (Ilustrasi/wikipedia)

Pembebanan biaya overhead pada aktiva tetap yang dibangun dan digunakan sendiri

211 views

Selain menjalankan kegiatan usaha normal seperti berproduksi dan melakukan penjualan, perusahaan dapat saja melakukan kegiatan membangun aktiva tetap sendiri untuk digunakan sebagai kantor, gudang, pabrik atau keperluan lain yang tidak berhubungan langsung dengan kegiatan usaha perusahaan. Saat pembangunan aktiva tetap, dapat terjadi gangguan dalam aktivitas perusahaan dan pembukuan perusahaan sehingga berpengaruh pada net income periode berjalan. Akan timbul variable biaya tenaga kerja, biaya material dan biaya overhead pembangunan aktiva tetap. Beberapa variable sangat mudah perlakuannya untuk dimasukkan sebagai nilai aktiva tetap atau kapitalisasi. Biaya tenaga kerja dan biaya material dapat langsung dibebankan terhadap aktiva tetap. Sedangkan biaya-biaya selain tenaga kerja dan material yang dikategorikan biaya overhead, pembebanannya tidak sederhana karena ada beberapa pandangan yang berbeda.

Pandangan pertama menyatakan bahwa biaya overhead tidak bisa dibebankan kepada aktiva tetap karena dapat meningkatkan net income pada tahun berjalan. Mereka memiliki anggapan bahwa Unsur biaya ini termasuk biaya tetap sehingga harus dibebankan pada kegiatan normal periode berjalan.

Pembebanan biaya overhead pada aktiva tetap yang dibangun dan digunakan sendiri
Pembebanan biaya overhead pada aktiva tetap yang dibangun dan digunakan sendiri (Ilustrasi/wikipedia)

Pandangan kedua menginginkan hanya biaya overhead yang variable saja boleh dibebankan pada aktiva tetap. Alasannya ialah bahwa biaya overhead yang variable tidak berpotensi meninggikan net income tahun berjalan. Mengapa biaya overhead tetap tidak boleh dimasukkan pada nilai aktiva tetap? Alasannya ialah karena dalam tahun berjalan akan ada income tambahan yang terjadi sebagai akibat dari pembuatan aktiva tetap. Income tambahan ini tidak sesuai dengan prinsip bahwa net income harus mencerminkan kegiatan usaha murni bukan diakibatkan pembangungan aktiva tetap.

Pandangan ketiga menyatakan bahwa biaya overhead dapat dibebankan kepada aktiva tetap secara proporsional sesuai prosedur dan kesepakatan manajemen. Artinya manajemen menganggap bahwa biaya overhead sebagai nilai yang dapat memberikan manfaat di kemudian hari dan tidak menggangu kegiatan produksi sehingga dapat dibebankan pada aktiva tetap tersebut atau dikapitalisasi.

Demikian secara singkat penulis membahas mengenai pembebanan biaya overhead pada pembangunan aktiva tetap untuk kepentingan sendiri. Penulis mempersilahkan adanya masukan, perbaikan atau koreksi dari pembaca untuk makin menyempurnakan artikel ini.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- biaya overhead variabel yang timbul untuk membangun sendiri aset harus dimasukkan dalam biaya aset