Panduan menjadi penulis lepas
Panduan menjadi penulis lepas

Panduan menjadi penulis lepas

21 views

Memulai bisnis sebagai penulis lepas bisa membingungkan, Anda tidak tahu langkah apa yang harus dambil, dan bagaimana meluangkan waktu. Memulai bisnis penulis lepas sebenarnya cukup sederhana, mudah dan tidak memerlukan uang untuk memulainya. Anda hanya perlu mengetahui langkah-langkah yang tepat apa yang harus dilakukan pada saat yang tepat, agar bisnis Anda berkembang. Berikut ini Panduan menjadi penulis lepas.

Apa itu Penulis lepas?

Seorang penulis lepas menukar kata-kata dan waktu mereka dengan uang. Anda memberikan layanan penulisan kepada klien berdasarkan kebutuhan mereka. Biasanya penulis lepas akan dibayar berdasarkan jumlah kata, atau jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menulis artikel.

Mengapa Menjadi Penulis Lepas?

Menulis lepas merupakan salah satu pekerjaan terhebat yang bisa menjadi pilihan sebagai full time job. Anda hanya tinggal duduk di depan laptop, menyeruput kopi toraja, dan menuangkan ide-ide Anda melalui tulisan. Anda memegang kendali atas penghasilan Anda. Cuma kekurangannya ialah Anda harus: menemukan klien Anda sendiri, memotivasi diri sendiri, dan belajar keterampilan ekstra. Namun jika Anda menginginkan kehidupan yang Anda kontrol sendiri, melakukan pekerjaan yang Anda cintai, sambil menghasilkan dollar dari rumah, maka kekurangannya tidaklah menjadi masalah. Menjadi penulis lepas merupakan salah satu dari 24 Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis.

Yang harus dipersiapkan sebelum memulai jadi penulis lepas

Ada beberapa hal penting yang Anda harus dipersiapkan sebelum memulai menjadi penulis lepas.

  • Komputer untuk menulis artikel dan menyimpan data-data Anda.
  • Koneksi Internet.
  • Alamat Email: Buatlah email secara profesional yang menggunakan nama domain Anda, contohnya penulislepas@losari.web.id
  • Word Processor: Anda bisa mendapatkan ini gratis dari Google Docs atau Anda dapat menggunakan Microsoft Office.
  • Blog WordPress Gratis: Anda bisa memuat portofolio; berlatih menulis dan menuangkan gagasan Anda.
  • Akun Paypal: Untuk menerima pembayaran dari luar negeri.
  • Rekening Bank untuk menerima pembayaran lokal
  • Keinginan untuk Menulis: Karena pekerjaan ini sulit jika Anda tidak menikmatinya.
  • Keperluan lainnya bisa dilengkapi sambil menjalankan bisnis.

Panduan menjadi penulis lepas untuk menghasilkan uang

Panduan menjadi penulis lepas
Panduan menjadi penulis lepas

Berikut ini panduan menjadi penulis lepas yang bisa Anda terapkan.

Freelance Blogging

Freelance Blogging merupakan salah satu cara paling pemula untuk menghasilkan uang dengan menulis.

Ada dua pilihan utama yang harus diperhatikan:

  • Content Marketing: Menulis postingan blog untuk perusahaan yang menggunakan blog, media sosial dan SEO untuk mengembangkan bisnis mereka.
  • Membantu Blogger: Banyak blogger sukses tidak punya waktu untuk membuat semua konten mereka lagi. Anda bisa menawarkan diri dan membantu meringankan beban kerja mereka.

Penulis lepas Copywriting Website

Salah satu cara termudah untuk menjadi penulis lepas ialah dengan membantu orang membuat copywriting untuk situs web baru mereka. Ratusan orang mendapatkan situs baru untuk bisnis mereka setiap hari. Tapi mereka tidak tahu apa yang harus mereka tulis.

Jika Anda dapat menemukan bisnis lokal dengan situs web baru, di mana Anda melihat mereka membutuhkan penulisan yang lebih baik, atau Anda bisa bekerja sama dengan biro desain lokal, Anda bisa menemukan aliran pendapatan tanpa henti.

Kitab Santet Copywriting

Dapatkan kitab santet Copy Writing di sini

Menulis e-book

Jika Anda spesialis dalam sebuah topik, Anda bisa menulis eBook tentang topik tersebut.

Penulisan Script Podcast Dan Video

Banyak dari podcaster dan Youtuber memiliki skrip yang mereka kerjakan agar mereka tetap fokus. Dan sebagai pemula, Anda bisa menjadi penulisnya.

Transkripsi

Berbicara tentang Podcast, Transkripsi juga merupakan tempat yang bagus untuk mendapatkan dari menulis lepas. (Transkripsi pada dasarnya dibayar untuk menulis apa yang seseorang katakan). Jika Anda melihat podcaster menggunakan transkripsi, Anda bisa menawarkan diri untuk membantunya.

Terjemahan

Banyak blogger dan penulis konten ingin membuat blog berbahasa luar, dan jika Anda dapat menerjemahkan artikel ke dalam: Bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Rusia, Prancis, Arab, Cina atau bahasa lain di mana ada permintaan konten yang tinggi, Anda memiliki niche.

Menulis Review

Mwnulis Review itu ada banyak macam tergantung nichenya, diantaranya:

  • Menulis Review Produk: Amazon, Produk Digital atau produk lainnya. Ini bisa meluas ke posting blog juga, seperti ulasan ini Matt dari SERPed. Dan jika Anda benar-benar ingin menggiling, Anda bisa dibayar dengan layanan seperti DooYoo untuk menulis ulasan juga.
  • Mereview pertunjukan dan penampilan: Jika Anda tertarik dengan seni, Anda bisa menulis dan dibayar untuk meninjau acara.
  • Mereview Layanan: Anda dapat dipekerjakan untuk menulis ulasan tentang layanan di niche yang Anda geluti. Misalnya, menulis tentang layanan pelanggan yang disediakan oleh hotel.

Menulis Deskripsi Produk

Panduan menjadi penulis lepas 1Anda bisa mencari toko Online dan menawarkan diri untuk menulis deskripsi produk.

Ghostwriting / Penulis bayangan

Banyak blogger, pemilik bisnis dan bahkan penulis tidak secara pribadi menulis semua konten mereka sendiri. Seringkali mereka membayar orang, untuk membantu meringankan beban kerja mereka dan membuat konten yang tidak bisa mereka tulis. Jika mereka menyukai tulisan Anda, Anda bisa mendapatkan kontrak jangka panjang yang dapat membayar dengan baik.

Langkah 1: Temukan Niche Anda

Bekerja dengan niche seperti bermain video game. Pada tingkat awal Anda mendapatkan semua item pada level terendah, dan pada level yang lebih tinggi dapat mengalahkan Anda dalam satu babatan. Tapi saat Anda mencapai level, dan membekali diri dengan keterampilan, senjata dan kekuatan, Anda mulai mendapatkan barang yang lebih baik, pembayaran lebih besar.
Hal yang sama berlaku jika bekerja dengan. Pada awalnya, di mana banyak pekerja lepas menghabiskan waktu mereka, Anda hanya bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji rendah karena Anda kurang baik, belum terlalu berpengetahuan atau belum terkenal.
Tapi begitu Anda melewati pekerjaan entry level dan mulai bekerja sendiri dengan niche yang Anda garap, Anda membangun portofolio dan bisa mulai menulis untuk klien dengan gaji tinggi dan mulai membayar anak buah, Anda bisa mendapatkan 500 ribu sampai 2 juta rupiah dalam satu jam layanan Anda.

Mulailah dengan masa lalu Anda

Untuk menemukan niche, tulislah 10 hal yang pernah Anda lakukan, nikmati atau baca dalam 5 tahun terakhir.

Jika Anda merasa bahwa Anda tidak memiliki pengetahuan atau keterampilan apa pun yang dapat Anda tulis, jangan meremehkan keterampilan atau prestasi yang mungkin pernah Anda miliki di masa lalu.

Ikuti Aliran Uang

Tempat terbaik berikutnya untuk mencari niche untuk penulis lepas ialah tempat Anda menghabiskan uang. Ini biasanya merupakan indikator bagus tentang apa yang Anda minati, dan topik yang bisa Anda tulis.

Misalnya:

  • Pembelian di tokopedia terbaru
  • Kursus atau workshop yang pernah diikuti
  • Pembayaran bulanan, seperti listrik, telepon, air, pendidikan
  • Barang yang selalu ingin dibeli meskipun belum kesampaian
  • Buku yang pernah dibeli
  • Perawatan tubuh dan kecantikan
  • Dan lain-lain

Menggali niche

Setelah Anda menemukan semua ide Anda, Anda akan berhasil mengelompokkannya ke dalam kategori niche utama. Seperti:

  • Traveling
  • Fashion
  • Internet marketing
  • Teknologi

Setiap niche dan micro niche memiliki bisnis, blog dan podcast yang terkait dengannya. Di sinilah Anda mulai melihat semua peluang di niche Anda dan di mana Anda bisa mulai mencari pekerjaan.

Bagaimana Jika Niche Saya Tidak Berpotensi Menghasilkan Banyak Uang?

Anda bisa memecah niche menjadi banyak micro niche yang berbeda dan ada banyak potensi penghasilan untuk itu. Dalam hal ini kita akan mengambil contoh niche perjalanan.

  • Blog

Lakukan pencarian di Google dengan cepat “niche + blogs”, misalnya, “perjalanan + blogs”:

Jika ada blog tentang niche Anda, itu merupakan satu peluang yang sangat menguntungkan. Semakin banyak niche yang Anda kuasai, semakin banyak uang yang bisa Anda hasilkan untuk posting blog.

  • Perusahaan Dengan Produk

Jika ada bisnis di niche Anda yang menjual produk atau layanan atau informasi, maka Anda bisa bekerja sama dengan mereka. Bayangkan berapa banyak situs web di internet yang bisa Anda buatkan copywritingnya.

  • Program Afiliasi

Banyak situs program afiliasi yang bisa Anda buatkan copywritingnya untuk menjual produknya. Anda bisa membuat: postingan blog, halaman penjualan, review produk, copywriting website. Apa saja yang melibatkan penulisan dan bisa membantu menjual produk orang lain.

Langkah 2: Tempat Mencari Pekerjaan Menulis Online

Untuk mendapatkan job, Anda harus mencari tempat atau job menulis online. Anda bisa memantau situs job online, dan iklan baris.

Langkah 3: Membangun Alat Penjualan Anda

Membuat portofolio.

Portofolio merupakan tempat Anda dapat menunjukkan kepada orang-orang tentang pekerjaan Anda dan membiarkan mereka membuat keputusan untuk memilih Anda atau tidak. Portofolio sebaiknya:

  • Sering Diperbarui
  • Relevan dengan Niche Anda
  • Relevan dengan Keterampilan Anda
  • Blog Pribadi

Untuk membuat portofolio bisa melalui blog,

  • Guest Post

Guest post merupakan salah satu strategi untuk membangun portofolio yang menguntungkan dengan cepat. Ini memberi Anda pengalaman berharga bekerja dengan seseorang yang akan mempublikasikan tulisan Anda. Ini juga mengajarkan Anda untuk bekerja sesuai prosedur, menyampaikannya kepada audiens dan bagaimana menerbitkan konten Anda.

  • Testimonial

Fakta menyebutkan bahwa 90% konsumen mengatakan bahwa ulasan online atau testimonial mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Jadi dukungan penuh dari orang-orang ini dapat memainkan peran besar dalam hal ini.

Langkah 4: Menuliskan Penawaran Untuk Mendapatkan Klien

Untuk menghubungi dan mendapatkan klien, ada beberapa titik kontak yang bisa Anda cari, yaitu:

  • Email Langsung: Yang terbaik yang bisa anda lakukan ialah email langsung seperti ke editor, manajer pemasaran atau eksekutif pemasaran konten.
  • Formulir Kontak: Anda bisa mengirim penawaran melalui formulir kontak di website.

Langkah 5: Menentukan harga yang tepat

Sebagai penulis pemula, sebaiknya tidak mematok harga yang mahal, sebaiknya mematok harga di bawah harga standar rata-rata penulis. Tapi tidak berarti Anda harus memasang tarif murah. Hargai pekerjaan Anda agar orang lain juga menghargai Anda.

Anda juga bisa bernegosiasi masalah harga, jadi sebaiknya buatlah patokan harga yang bisa dinego.

Ada beberapa penentuan tarfi dalam mengerjakan proyek menulis lepas, antara lain:

  • Tarif per jam
  • Tarif per kata
  • Tarif per proyek

Metode pembayaran

Ada beberapa cara yang bisa Anda sepakati mengenai pembayaran Anda:

  • 100% bayar di muka: Ini memerlukan tingkat kepercayaan dari klien
  • 50% bayar di muka: Klien sering memilih metode ini karena risikonya lebih rendah.
  • Bayar setelah artikel selesai: Sebaiknya tidak menggunakan metode ini kecuali jika sesuai dengan harga per kata atau dengan klien yang benar-benar dipercaya.

Langkah 6: Hal penting lain yang harus diperhatikan

  • Buatlah ringkasan proyek.
  • Menawarkan revisi (maksimal 2x revisi)

Demikianlah Panduan menjadi penulis lepas, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Gallery for Panduan menjadi penulis lepas

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- kerja bisnis penulis lepas
Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015