Kemudahan Merekrut Talenta Terbaik Melalui LinovHR

7 Kemudahan Merekrut Talenta Terbaik Melalui LinovHR

Alih-alih memproses surat lamaran kerja secara manual, manajemen dapat menggunakan software rekrutmen yang sudah banyak tersedia. Terbaik dan paling dapat diandalkan yaitu LinovHR. Software ini dapat menangani sejumlah tugas terkait rekrutmen tenaga baru yang dibutuhkan perusahaan.

LinovHR menawarkan banyak keunggulan, antara lain seperti memeriksa aplikasi yang masuk dan latar belakang kandidat, menganalisa kemampuan, dan sejumlah hal lain yang diperlukan. Lewat kemudahan ini, perusahaan dapat mencari talenta terbaik dengan cara yang lebih praktis.

#1. Manpower Planning Request

Dalam situasi tertentu, mutasi jabatan misalnya, perusahaan kerap melakukan rotasi pekerja dari satu departemen ke departemen lain. Selain berguna untuk mengangkat produktivitas kerja, rotasi jabatan juga bisa memberi motivasi baru sehingga berimbas baik pada suasana ruang kerja.

Untuk melakukan ini, fitur Manpower Planning Request dapat dimanfaatkan oleh manajemen. Fitur ini secara khusus didesain untuk merencanakan tenaga kerja yang dimiliki perusahaan. Termasuk dalam penempatan posisi baru, serta mengatur tugas dan tanggung jawabnya.

#2. Perencanaan SDM

Fitur Manpower Planning Request tak hanya berguna untuk mengelola tenaga kerja pada tiap departemen, tapi juga berfungsi untuk merencanakan tenaga baru yang sudah direkrut. Manajemen secara langsung dapat melihat, menilai, lalu menyetujui rencana yang diajukan oleh satu departemen.

Dengan LinovHR, semua proses bisa dilakukan secara otomatis tanpa harus tatap muka. Semisal rencana disetujui manajemen atau atasan, proses rekrutmen baru dapat dilaksanakan sesuai dengan kriteria yang sudah disepakati. Secara otomatis pula, bagian rekrutmen akan menerima informasi untuk segera merekrut tenaga baru.

#3. Manpower Plan Period

Tentu saja, kebutuhan tenaga kerja baru tak diperlukan tiap saat. Ada kalanya satu departemen hanya butuh personil tambahan untuk sekali waktu, sedang di lain departemen selalu butuh tenaga baru untuk menjaga produktivitasnya. Contoh mudah yaitu departemen produksi yang selalu butuh pekerja baru.

Untuk membatasi periode rekrutmen, dengan alasan apapun, fitur Manpower Plan Period yang ada dalam Software Rekrutmen LinovHR sangat bisa diandalkan. Fitur ini secara otomatis akan membuka atau menutup periode rekrutmen yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap departemen.

#4. Recruitment Request

Tiap departemen dalam suatu perusahaan pasti butuh tenaga khusus yang sesuai bidang kerjanya. Misalnya, departemen keuangan pasti butuh pekerja dengan kemampuan akuntansi, atau bagian pemasaran butuh tenaga yang handal dalam membaca situasi pasar.

Semua kebutuhan yang demikian kompleks dapat diatur dengan mudah lewat fitur Recruitment Request. Lewat fitur ini, tiap departemen dapat meminta langsung ke manajamen tentang tenaga baru yang siap pakai. Bahkan, semua hal terkait perencanaan tenaga baru dapat dikelola dari sini.

#5. Webform

Fitur yang ditawarkan dalam modul Talent Acquisition pada LinovHR terbilang lengkap, satu di antaranya Webform. Secara sederhana, fitur ini semacam wadah untuk aplikasi lamaran kerja yang masuk ke manajemen. Semua informasi terkait kandidat pekerja akan tersimpan dalam database Webform.

Dari sini, manajemen dapat memilah lalu memilih kandidat berdasarkan beberapa aspek, misalnya dari kualifikasi, kemampuan yang dimiliki, pengalaman kerja, atau lainnya. Situasi ini jelas memberi efektivitas dalam menyaring tenaga kerja baru lewat platform elektronik.

Baca Juga : 8 Cara Mudah untuk Membuat Proses Rekrutmen yang Ideal

#6. Selection Stage

Untuk mendapat talenta baru sesuai kriteria, talent acquisition akan melakukan segala cara untuk mencari sumber daya baru lalu menyaringnya lewat beberapa tahapan agar mendapat kandidat terbaik. Ini diperkuat satu studi yang mengungkap, 59% manajemen berharap bisa merekrut dan mempertahankan kandidat terbaik.

Dapat dipahami, untuk mencari kandidat terbaik, serangkaian seleksi harus dilakukan, dan fitur Selection Stage dari LinovHR akan sangat berguna. Tahapan seleksi serta kriteria penilaian dapat dimasukkan dalam fitur ini sehingga manajemen dapat melihat perkembangan proses seleksi pekerja baru.

#7. Ready-to-Hire

Saat proses penyaringan kandidat baru sudah selesai, daftarnya bisa dilihat dari fitur Ready-to-Hire. Fitur ini akan menampilkan kandidat yang lolos seleksi sampai tahap akhir dan siap direkrut. Tak hanya berisi daftar kandidat saja, fitur ini juga menampilkan informasi nilai kandidat selama mengikuti tahapan seleksi.

Beberapa kandidat dengan penilaian tinggi, secara langsung bisa dipantau oleh manajemen, dan keputusan merekrut bisa langsung ditentukan. Dalam hal ini, LinovHR menghadirkan efisiensi dan efektvitas kerja dalam hal rekrutmen. Sebabnya, semua dapat ditangani secara langsung tanpa butuh banyak waktu.

*