Waralaba Mc Donalds
Waralaba Mc Donalds (Foto: Wikipedia)

Menjemput Rupiah dengan Waralaba

1,693 views

Waralaba merupakan bentuk kerjasama bisnis atau usaha berbasis kemitraan. Sebuah perusahaan mapan yang memiliki merek produk maupun sistem operasional dengan pihak kedua yang berupa pemberian izin untuk menggunakan merek, sistem operasional dalam jangka waktu tertentu dan dengan kesepakatan yang telah disetujui sebelumya. Usaha ini dalam masyarakat lebih dikenal dengan sebutan Franchise.

Di Indonesia, telah banyak usaha yang menggunakan basis usaha waralaba baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Seperti KFC, MCD, Pizza Hut dan untuk waralaba dalam negeri yang cukup bergengsi ialah Warung SS, Sop Ayam Pak Min, Bebek Bakar H. Slamet dan masih lagi. Belum lagi usaha dagang seperti Alfamart, Indomaret dan sebagainya.

Jenis waralaba luar negeri lebih disukai. Di samping sistimnya sudah rapi, produk dari luar negeri telah memasuki pasaran dunia dan lebih mudah diterima oleh masyarakat. Selain itu gengsinya juga lebih tinggi dibandingkan waralaba produk dalam negeri. Padahal produk dalam negeri sebenarnya juga cukup menguntungkan untuk dijalani.

Dewasa ini, usaha dengan basis waralaba telah banyak berkembang di Indonesia. Layaknya jamur di musim hujan, bisnis waralaba hadir di banyak tempat. Bahkan dengan modal yang relatif sangat kecil untuk memulai sebuah bisnis. Untuk memulai bisnis waralaba bukanlah hal yang sulit, dengan modal yang relatif kecil ( >10 juta) kita sudah dapat memulai bisnis yang kita inginkan.

Namun agar modal yang keluar tidak sia- sia dan menguap begitu saja, perlu kita memilah- milah bisnis apa yang akan kita geluti. Dan jenis usaha apa yang cocok dengan diri kita dan lingkungan sekitar kita.

Jenis waralaba yang dapat dijadikan pilihan adalah sebagai berikut;

Waralaba Mc Donalds
Waralaba Mc Donalds (Foto: Wikipedia)
  1. Membuka usaha makanan dan minuman.

Kuliner merupakan salah satu jenis waralaba yang tidak terlalu mahal. Bahkan bisa dibilang sangat murah. Namun kita harus tetap jeli terhadap selera kosumen. Jual makanan dan minuman yang disukai oleh masyarakat.

  1. Membuka usaha Laundry.

Lingkungan anak kampus yang dipenuhi dengan anak kos atau lingkungan karyawan yang super sibuk. Usaha Laundry merupakan pilihan yang menjanjikan.

Jika anda memilih bisnis waralaba yang tepat maka pihak waralaba tersebut yang akan membantu anda untuk memilih lokasi yang strategis sehingga bisa memaksimalkan laba anda. Jika anda ingin memilih waralaba dalam bidang ini maka anda sebaiknya memilih waralaba yang memang terpercaya dan mempunyai reputasi yang baik. Jika tidak maka usaha yang dirintis akan sulit berkembang.

  1. Bisnis Agen Travel dan wisata

Berwisata merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam rangka mengatasi stres yang menumpuk karena aktifitas sehari- hari.

Dewasa ini telah banyak perusahaan waralaba yang merintis usaha di bidang perpariwisataan ini.

  1. Bisnis di bidang pendidikan. Seperti Bimbingan Belajar dan Lembaga Pendidikan.

Lembaga Pendidikan untuk magang di luar negeri dewasa ini banyak dicari. Karena dianggap mampu memberikan jaminan masa depan lebih baik dengan mengirim mereka bekerja ke luar negeri. Yang pastinya akan memberikan mereka gaji tinggi. Belum lagi gengsi yang mereka peroleh ketika mereka telah kembali pulang ke tanah air. Sehingga keberadaan lembaga Pendidikan ini kerap menjadi incaran para job hunter.

So

Waralaba merupakan pilihan yang jitu bagi anda yang ingin memulai bisnis tapi modal pas- pasan. Begitupun jika anda pemilik modal yang bisa dianggap lumayan, anda bisa memilih bisnis waralaba dengan brand yang lebih besar sesuai dengan budget yang anda miliki.

data-ad-format="link">