Menjadi Produktif di Rumah
Menjadi Produktif di Rumah (Ilustrasi/pixabay)

Menjadi Produktif di Rumah

48 views

Pengangguran merupakan kata yang sensitif diucapkan kepada beberapa orang. Khususnya mereka yang baru saja lulus sekolah atau lulus kuliah yang bingung akan melanjutkan ke pendidikan yang lebih lanjut atau mencari pekerjaan. Sedangkan kita tahu bahwa saat ini mencari pekerjaan tidak semudah 10 atau 20 tahun yang lalu. Ada beberapa yang gampang sekali memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan rencana, dan tidak sedikit yang mendapat pekerjaan yang tidak sesuai harapan atau bahkan belum mendapat panggilan pekerjaan. Padahal sudah puluhan berkas lamaran kerja yang dikirim. Bukan hanya mereka yang baru menyelesaikan pendidikan saja yang bingung dengan apa yang harus mereka kerjakan, para istri yang mungkin keluar dari pekerjaan dan memilih mengurus suami dan anak atau juga ibu hamil yang tidak bekerja juga pasti mengalami rasa bosan seharian di rumah.

Rasa bosan atau bingung dengan kondisi seperti itu bisa ditutup dengan beberapa kegiatan seperti berlibur, bersosialisasi dengan kawan lama, mencari hobi baru atau bahkan memulai usaha dari rumah. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk berbisnis di rumah. Bisa melakukan hal yang disukai atau mencoba hal baru untuk berbisnis. Berikut beberapa bisnis yang bisa dilakukan di rumah.

  • Bisnis kuliner. Untuk saat ini, bisnis kuliner merupakan bisnis yang paling digemari dan dilakukan oleh mereka yang memulai usaha. Baik online maupun bisnis konvensional. Hal ini bisa disebabkan karena pebisnis bisa uji coba makanan mereka dan memilih produk makanan apa yang sesuai dengan keinginan pasar serta yang bisa dibuat. Bisnis kuliner yang bisa dilakukan antara lain kue kering, cake, keripik, sambal, minuman atau snack unik yang sekiranya diminati oleh masyarakat. Produksinya bisa dengan membuat sendiri di rumah atau reseller dari pabrik. Dengan begitu, kegiatan di rumah semakin bertambah dan bisa mengusir rasa bosan dan bisa menghasilkan pundi rupiah.

    Menjadi Produktif di Rumah
    Menjadi Produktif di Rumah (Ilustrasi/pixabay)
  • Bisnis konveksi. Kebutuhan sandang saat ini juga tidak kalah menjamur, dan sekarang banyak sekali ragam konveksi yang bisa dipilih di berbagai media sosial yang tersedia. Jika ingin memulai bisnis pakaian, harus dipastikan terlebih dahulu jenis pakaian apa yang ingin dijual. Misalnya kemeja, jaket, celana, baju kantor, baju anak atau yang lainnya. Pilihan produksinya juga bisa dengan produksi sendiri, ambil dari pabrik, reseller atau dropship. Bisnis ini juga bisa menjadi tambahan uang saku kita atau bahkan menjadi sumber penghasilan jika pemasarannya berjalan dengan baik.
  • Bisnis properti. Untuk bisnis yang satu ini mungkin masyarakat beranggapan bahwa bisnis ini memerlukan modal yang tinggi daripada bisnis yang lainnya. Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya betul. Untuk properti seperti mebel memang benar butuh dana yang tidak sedikit untuk proses produksinya, akan tetapi pebisnis bisa mencari akal lain agar tetap bisa melakukan bisnis ini. Salah satu contoh dengan menggunakan barang murah, peralatan di rumah, barang sisa atau barang bekas. Untuk produksinya bisa melihat di berbagai video tutorial properti dari bahan sisa atau bahan bekas yang tidak kalah bagus dan menariknya dengan properti mahal yang dijual di pasaran.
  • Bisnis lain. Berbagai macam bisnis masih bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang atau mengisi waktu menganggur menjadi kegiatan yang bisa menghasilkan uang. Seperti bisnis jual buku, alat elektronik, jasa karikatur atau yang lainnya.

Beberapa bisnis tersebut bisa dicoba untuk dilakukan di rumah. Dengan modal minim pun bisnis-bisnis di atas masih bisa dilakukan. Dengan mengganti waktu menganggur dengan berbisnis bisa menjadikan kita lebih produktif, hidup menjadi lebih bahagia dan bisa menambah tabungan keluarga.

data-ad-format="link">
Kontributor Info Ide Bisnis Ponorogo Jawa Timur