Peluang usaha di Musim hujan
Peluang usaha di Musim hujan (Ilustrasi/pixabay)

Memasuki Musim Penghujan, Bukalah 5 Peluang Usaha Ini!

1,149 views

Memasuki musim penghujan, cuaca sudah mulai berubah, terkadang muncul awan kelabu bersamaan dengan bunyi putir. Menurut prediksi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) di Indonesia musim hujan berlangsung mulai dari bulan November 2015 sampai Maret 2016. Tak selamanya musim hujan merugikan manusia, hujan juga membawa berkah bagi dia yang bisa memanfaatkannya. Begitu juga dengan musim panas kadang terasa menyenangkan untuk beraktivitas, tetapi kadang juga membuat malas keluar rumah.

Jangan jadikan hujan sebagai hambatan anda dalam mengais rejeki, belajar, atau melakukan kegiatan seperti biasanya. Nikmati saja hujan ini karena merupakan berkah dari Tuhan untuk membasahi bumi. Bagi anda yang saat ini bingung ingin membuka usaha yang dapat menghasilkan uang tambahan untuk mencukupi kebutuhan, musim hujan mampu dijadikan sebagai masa awal membuka usaha. Tetapi usaha apa ya? Padahal kalau hujan membuat orang malas keluar rumah.

Coba pikirkan sekali lagi apa yang kiranya banyak diburu orang ketika sedang musim hujan. Manfaatkanlah itu sebagai peluang usaha untuk anda. Di bawah ini kami sediakan 5 pilihan peluang usaha yang tepat sekali apabila anda buka saat musim hujan datang. Bahkan mungkin usaha anda malah menjadi berkah tersendiri bagi sebagian orang. Dengan begitu, musim hujan tak selamanya musuh bagi anda yang mampu menikmatinya. Yuk, baca ulasannya mengenai 5 peluang usaha yang dapat anda jalankan di musim penghujan :

5 Peluang Usaha yang dapat dijalankan di musim hujan

Peluang usaha di Musim hujan
Peluang usaha di Musim hujan (Ilustrasi/pixabay)
  1. Jasa cuci motor/ mobil

Musim hujan telah tiba, walau begitu banyak orang tetap berlalu lalang untuk melakukan aktivitas masing-masing. Dalam hal itu biasanya mereka menggunakan motor atau mobil sebagai alat transportasi untuk bisa sampai di tempat yang diinginkan. Tahu kan kalau musim hujan itu jalanan menjadi becek, banyak lumpur di mana-mana, tentu membuat kendaraan yang melewati jalan tersebut kotor dan perlu dicuci.

Biasanya banyak orang yang malas mencuci motor atau mobilnya saat hujan. Mereka lebih memilih menyerahkannya kepada jasa cuci kendaraan. Jadi, mereka takkan kedinginan atau membuang waktu hanya untuk cuci kendaraan. Maka, kesempatan bagi anda yang sedang ingin membuka usaha mumpung modal sudah terkumpul. Jika modal tidak terlalu besar, buka jasa cuci motor saja, jadi tempat yang dibutuhkan sedikit dan peralatannya pun tak semahal untuk cuci mobil. Tentukan tempat yang strategis untuk dan mudah dilihat atau diakses oleh pengunjung. Yang paling penting adalah usahakan memberikan pelayanan terbaik dan cuci dengan sebersih mungkin.

2. Membuka lapak perlengkapan musim hujan

Musim hujan identik dengan basah dan kedinginan, maka manfaatkanlah hal itu. Anda bisa membuka lapak yang menjual perlengkapan musim hujan, seperti jas hujan, payung, kanebo, sarung tangan, sepatu boat dan lain-lain. Pilihlah tempat yang setiap harinya ramai dilalui banyak orang, lalu belilah perlengkapan tersebut, buatlah banner di depan toko agar orang mengetahui apa saja yang anda jual, kemudian displai barang dengan rapi agar anda mudah mencari perlengkapan yang dibeli seseorang. Jika banner belum jadi, displai sedikit dagangan anda di depan toko yang terlihat orang lain.

Apabila modalnya kurang anda bisa berjualan secara online, andalkan koneksi serta teman anda untuk memasarkan usaha anda. Promosikan dagangan anda lewat sosial media ataupun membuat web toko online. Mungkin saja hasilnya lebih besar karena toko online anda dilihat oleh seluruh orang di Indonesia bahkan dunia. Untuk pengiriman barangnya bisa andalkan jasa pengiriman barang yang terdekat di kota anda.

3. Membuka lapak pakaian hangat

Hujan tiba, rasa dingin membuat seseorang malas keluar rumah, bahkan banyak yang terkena penyakit flu, batuk, kedinginan atau yang lainnya. Tentu membutuhkan pakaian hangat untuk menghangatkan tubuh. Untuk keluar rumah seseorang akan membutuhkan jaket atau sweater, topi kupluk menutupi kepala dan telinga sehingga mampu menerjang hawa dingin.

Apa yang anda pikirkan sekarang untuk membuka usaha? Bukalah lapak pakaian hangat, juallah sweater, jaket, topi kupluk, kaos tangan, kaos kaki, dan perlengkapan hangat lainnya. Tak perlu banyak lahan atau modal, anda bisa membuka toko online saja dan memasarkannya lewat sosial media. Apabila ingin berjualan offline, display barang dagangan anda di depan rumah terlebih lagi bila rumah anda dekat jalan raya.

4. Membuka jasa laundry

Karena hujan, beberapa orang malas mencuci pakaiannya, selain kedinginan juga dimana tempat untuk mengeringkan pakaian. Mereka akan memasrahkan masalah cucian kepada orang lain. Tentu lebih enak karena mereka sudah terima rapi dan harumnya wangi, tak lagi beurusan dengan mencuci, mengeringkan, maupun menyetrika baju.

Manfaatkanlah keadaan ini, modalnya 2 atau 3 mesin cuci dan setrika uap, anda sudah bisa membuka usaha laundry. Untuk menarik pengunjung berilah harga promo atau potongan harga atau juga bonus ketika menjalankan usaha laundry anda. Oh ya, jangan sampai pakaian para pelanggan anda tertukar antara yang satu dengan yang lainnya. Sebab, membuat mereka tak kembali lagi menggunakan jasa anda.

5. Membuka kedai kuliner hangat

Biasanya pada musim hujan orang senang dengan yang hangat-hangat, makanan hangat, minuman hangat dan jajanan yang hangat. Bagi anda yang pandai memasak bukalah kedai kuliner hangat, seperti sekoteng, susu jahe, STMJ, wedang jahe, soto, bakso, jangung bakar dan makanan atau minuman lainnya yang enak jika dinikmati saat musim hujan. Apabila rumah anda cukup luas dan lingkungan anda ramai, sementara belum ada yang menjual seperti itu. Berarti ini kesempatan bagus untuk anda, ketika hujan perut lebih cepat lapar, jadi tepat sekali bila anda membuka kedai kuliner hangat.

Demikianlah 5 Peluang Usaha yang dapat dijalankan di musim hujan, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- usaha di musim hujan - peluang usaha musim hujan - usaha rumahan di musim hujan - usaha makanan di musim hujan - peluang usaha di musim hujan - contoh peluang kerja adanya musim - jualan apa yg cocok di cuaca mendung - peluang bisnis di musim hujan

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015