Manajemen toko modern
Manajemen toko modern

Manajemen Toko Modern

240 views

Di jaman yang serba cepat, segala keperluan ingin bisa didapatkan dengan cara yang cepat dan mudah. Begitu pula untuk urusan belanja, termasuk di dalamnya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga bulanan. Hal ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha baru dengan membuka minimarket sendiri. Namun, dengan begitu banyaknya dan tingginya persaingan jual-beli barang-barang kebutuhan pokok, tidak semua pelaku usaha bisa bertahan dengan usahanya. Saat ini sedang tren munculnya usaha minimarket, dan mulai merambah pasar konsumen hingga ke pelosok. Pasar tradisional agaknya mulai agak sedikit ditinggalkan, karena faktor kenyamanan saat berbelanja. Hal inilah yang menjadi latar belakang tren minimarket tumbuh berkembang yang disebabkan pergeseran orientasi budaya belanja. Dulu konsumen selalu mengejar harga murah. Sekarang, konsumen mulai memilih faktor kenyamanan saat berbelanja dalam memenuhi kebutuhannya, dan akhirnya beralih belanja ke minimarket daripada ke warung atau toko tradisional lainnya.

Manajemen toko modern
Manajemen toko modern

Selain kunci kenyamanan dan pelayanan menjadi pilihan utama, minimarket hendaknya juga harus berdaya saing dengan memberikan harga lebih murah, lengkap, dan pelayanan yang baik kepada konsumennya. Perbedaan yang signifikan pada warung atau toko tradisional, konsumen tidak bisa memilih dan melihat harga barang yang dibutuhkannya secara langsung, melainkan harus menanyakannya ke pemilik atau pelayan toko. Di minimarket, konsumen diberikan fasilitas self-service, yaitu dapat melihat, memilih dan mengambil sendiri barang yang akan dibelinya berdasarkan harga yang tertera. Kelebihan ini memberikan dampak kepada konsumen bisa membeli barang yang dibutuhkan serta membeli barang yang diinginkan juga.

Peluang usaha minimarket masih terbuka luas. Bagi yang ingin memulai usaha dengan membuat usaha minimarket, bisa mendapatkan panduan lengkapnya berupa ebook dari Hadi Hartono, dengan judul Manajemen Toko Modern. Ebook ini merupakan ebook best seller, yang terbukti dengan jumlah penjualan lebih dari 6 ribu copy. Di panduan ini, memulai usaha diawali dengan rencana tindakan dalam usaha, dan bertindak sesuai rencana yang dibuat. Isi ebook Manajemen Toko Modern ini memuat beberapa hal penting antara lain:

  1. Membuat Perencanaan

Perencanaan merupakan langkah awal dalam memulai bisnis, baik maupun dalam skala yang besar

  1. Evaluasi Kelayakan Usaha

Studi kelayakan adalah kajian mengenai layak-tidaknya bisnis yang akan kita jalankan.

  1. Yang Perlu Dipersiapkan

Berisi tentang langkah lanjutan dalam melakukan persiapan pembukaan usaha

  1. Mengoptimalkan Grand Opening

Grand opening adalah ajang perkenalan, yang dapat menjadi ajang promosi.

  1. Organisasi dan Manajemen

Organisasi dan manajemen akan memudahkan bagi pemilik untuk melakukan pengendalian internal

  1. Sumber Daya Manusia

SDM menjadi penting karena akan mengoperasionalkan usaha minimarket tersebut.

  1. Mengelola Keuangan

Aspek pengelolaan keuangan memegang peranan yang penting dan berkaitan erat dalam pengelolaan bisnis minimarket.

  1. Mengelola Barang Dagangan

Barang dagangan harus dikelola secara sistematis dan menyeluruh.

  1. Optimalisasi Fasilitas

Semua fasilitas yang ada harus dimanfaatkan secara optimal dengan orientasi pada efisiensi biaya.

  1. Analisis Lingkungan

Lingkungan yang dihadapi ini baik secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi kinerja perusahaan.

  1. Menyusun Rencana Pemasaran

Pemasaran yang tepat akan dapat mendukung, dan meningkatkan tingkat penjualan dalam minimarket.

  1. Standar Pelayanan
  2. Strategi Bisnis

Pengelola minimarket mandiri mampu menciptakan keunggulan bersaing dengan jenis minimarket lainnya.

  1. Kiat Memperoleh Modal

Untuk dapat mengembangkan usaha maka pengelola minimarket membutuhkan kiat mendapatkan tambahan modal yang cukup untuk meningkatkan omset usahanya.

Untuk keterangan lebih jelas, dan informasi pembelian ebook bisa langsung klik tombol di bawah.

Info lengkap

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- cara mendesain toko yang manajement yang tradisional menjadi modern - https://www infoidebisnis com/manajemen-toko-modern/ - manajemen yg dipakai toko modern

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015