Keuntungan dan kekurangan investasi emas
Keuntungan dan kekurangan investasi emas (Ilustrasi/pixabay)

Keuntungan dan Kekurangan Ketika Memilih Investasi Emas

895 views

Emas adalah logam mulia yang sangat diminat masyarakat. Sebab, bentuknya yang menarik, indah dan dapat dijadikan sebagai penambah kesan elegan pada penampilan. Menurut banyak orang dan pakar keuangan, emas dapat dijadikan sebagai ladang investasi yang bagus. Harga emas setiap tahun mengalami kenaikan, jadi tak salah jika emas sebagai cara untuk meningkatkan nilai uang anda. Terkadang juga selisih antara harga beli dan harga jual emas cukup banyak, sehingga mampu menimbulkan keuntungan bagi pemiliknya.

Bukan hanya emas yang berbentuk perhiasan saja yang diminati, tetapi dalam bentuk emas dinar, emas batangan ataupun tabungan emas yang nantinya dimanfaatkan untuk biaya pendidikan, biaya naik haji, biaya kesehatan, maupun untuk membeli rumah. Anda dapat memanfaatkan tabungan emas untuk keperluan penting lainnya, sehingga investasi emas menjadi sangat berguna bagi masa depan.

Keuntungan dan kekurangan investasi emas
Keuntungan dan kekurangan investasi emas (Ilustrasi/pixabay)

Dalam berinvestasi pasti ada keuntungan serta kerugiannya, begitupun dengan investasi emas. Nah, berikut ini beberapa keuntungan dan kerugian apabila anda berinvestasi emas, antara lain :

Keuntungan mempunyai investasi emas

  • Bersifat mudah dicairkan

Mungkin ketika anda mempunyai uang banyak akan menghabiskannya untuk membeli bermacam-macam emas untuk investasi masa depan. Tetapi di saat anda sedang tertimpa kesusahan dan tidak mempunyai dana pengobatan yang cukup, juallah koleksi emas anda. Anda bisa menjualnya kepada teman, sahabat, ataupun relasi ataupun mengembalikan kepada toko penjualnya, tentu anda langsung mendapatkan uang. Itulah mengapa investasi emas terbilang menggiurkan karena kemudahannya ketika dicairkan dibandingkan dengan investasi lainnya.

  • Tidak terkena pajak

Berbeda jika anda berinvestasi rumah, saham dan lainnya, pasti dikenakan pajak senilai tertentu. Dalam investasi emas anda tidak dikenakan pajak, keuntungan dari hasil penjualan hanya anda yang menerima tanpa potongan apapun.

  • Memproteksi kekayaan

Karena nilainya yang cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, membuat emas cocok disebut sebagai bentuk investasi yang mampu memproteksi atau melindungi kekayaan seseorang. Perlindungannya terlihat dari harga emas yang stabil dan meningkat setiap tahunnya, sehingga saat dijual lagi, pemilik investasi emas akan mendapatkan keuntungan yang cukup baik.

  • Tidak harus berinvestasi dalam partai besar

Keuntungan lainnya dari investasi emas yaitu anda tidak perlu berinvestasi dalam partai besar, cukup dengan membeli emas dalam bentuk perhiasan. Kemudian anda simpan dan ketika sudah bosan atau sedang membutuhkan uang lebih anda bisa menjualnya dengan mudah. Tidak seperti menjual rumah, apartemen, maupun saham. Apalagi jika perhiasan anda artistik serta nampak berbeda dengan perhiasan lainnya tentu lebih cepat menjualnya. Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dihindari Jika Berinvestasi Emas.

Kerugian investasi emas

Walaupun begitu banyak keuntungan, tetapi tetap ada kekurangannya. Selanjutnya akan kami ulas beberapa kerugian investasi emas, yaitu :

  1. Risiko kehilangan cukup besar

Emas itu bukan barang yang menetap, besar, dan sulit dibawa, tetapi sebaliknya emas sangat mudah dibawa kemana-mana karena bentuknya yang tidak memakan tempat. Sehingga risiko kehilangan emas cukup besar, memakai perhiasan dapat menggugah niat buruk seseorang. Lihat saja sekarang ini di jalan banyak penjambretan, kalau disimpan di rumah ada risiko pencurian atau perampokan dan lain sebagainya.

Jadi apabila anda berinvestasi emas dalam jumlah yang banyak sebaiknya lindungilah dengan safe deposit box. Yaitu fasilitas bank untuk penyimpanan berkas ataupun barang lainnya milik nasabah yang mempunyai nilai cukup tinggi. Agar bisa menggunakan fasilitas ini anda harus mengeluarkan dana untuk pihak bank. Tidak efektif bila anda mempunyai emas yang sedikit jumlahnya. Sediakan saja, tempat aman di rumah anda yang sulit dijangkau orang selain anda dan pasangan.

2. Harganya fluktuatif

Memang harga emas cenderung selalu meningkat, tetapi hal itu tidak terjadi setiap hari bukan? Untuk peningkatan harganya butuh banyak waktu mungkin satu tahun bahkan lebih. Sehingga apabila anda menjualnya dalam waktu kurang dari satu tahun mungkin malah mengalami kerugian. Terkadang juga harga emas mengalami penurunan walau lebih sering naik. Perubahan harga tersebut mampu mempersulit anda ketika menghitung nilai dari investasi emas yang dimiliki pada masa mendatang.

Beberapa investor emas akan mengambil nilai tengah dari fluktuasi harga emas pergram nya agar bisa menghitung nilai investasinya nanti di masa mendatang berdasarkan suku bunga tertentu. Efeknya tidak akan berpengaruh banyak kepada investor yang emasnya tidak terlalu banyak. Tetapi akan berpengaruh besar serta menjadi pertimbangan berat bagi investor yang mempunyai emas berjumlah fantastis. Oleh karena itu pertimbangkan lebih bijaksana lagi apabila berinvestasi emas dalam partai besar, sebab ada faktor fluktuasi harganya. Pelajari 8 Tips Menggunakan Emas Untuk Investasi.

3. Dampaknya kecil terhadap ekonomi riil

Mempunyai investasi emas tidak dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi riil. Sebab, keuntungan yang didapat hanya digunakan untuk keperluan pribadi sang investor saja. Walaupun ada beberapa investor memanfaatkan keuntungan investasi emas untuk keperluan belanja atau konsumsi, padahal pembelanjaan tersebut juga berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.

4. Investasi jangka panjang

Karena fluktuasi harga emas menjadikannya sebagai investasi jangka panjang. Fluktuasi ini tentu tak menjamin investor emas mendapatkan keuntungan berlimpah dalam waktu singkat. Fluktuasi harga emas dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing atau karena lemahnya kondisi finansial masyarakat di daerah tertentu. Jadi, pikirkanlah hasil keuntungan dari investasi emas anda untuk waktu yang lama.

5. Harganya melambat saat kondisi ekonomi stabil

Fakta dari emas adalah harganya akan mengalami peningkatan di saat kondisi ekonomi sedang tidak stabil. Bisa saja waktu dekat ini negaranya mengalami inflasi yang dapat menyebabkan kenaikan atau penurunan harga emas. Jika inflasi melesat jauh lebih tinggi, malah tak menutup kemungkinan harga emas mengalami kenaikan yang sangat tinggi, begitupun sebaliknya. Memang apabila kondisi ekonomi sedang tidak stabil, investasi emas dijadikan bentuk teraman melindungi kekayaan investor.

Dalam berinvestasi anda juga perlu memperlajari langkah antisipasi atas kerugian yang dapat muncul sewaktu-waktu. Anda harus tahu benar tentang pengelolaan dana, proses investasi serta cara mencairkan dana investasi. Anda juga perlu mempelajari kelebihan serta kekurangan dari masing-masing investasi sehingga dapat melakukan antisipasi atas kerugian yang timbul.

Demikianlah Keuntungan dan Kekurangan Ketika Memilih Investasi Emas, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- emas diminati orang untuk dijadikan uang karena nilainya - emas diminati orang karena - Emas diminati orang utk dijadikan uang krn nilainya - keuntungan dan kerugian investasi emas

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015