Cara sukses sejak usia muda
Cara sukses sejak usia muda (Ilustrasi/pixabay)

Kamu Siap Jadi Orang Sukses? Beberapa Tips Berikut Akan Membuka Wawasanmu Tentang Cara Menjadi Orang Sukses!

68 views

Kamu pasti bermimpi jadi orang sukses yang…. Eits, tunggu dulu deh. Menurutmu apa sih sukses itu? Kalau ditanya begitu, apa yang kamu katakan? Banyak para ahli mendefinisikan soal kesuksesan, namun belakangan konsep sukses menjadi lebih menarik karena dikaitkan dengan kebahagiaan hati, bukan hanya semata-mata bicara soal materi. Sukses itu saat kamu bahagia dan merasa dirimu berguna. Sukses itu ketika seseorang bekerja di bidang yang tepat. Sukses itu……. Yuk deh intip tips menjadi sukses sejak muda!

1. Hard work and hard work!

Kamu siap menjadi sukses? Hei, ingat ya, tidak ada kesuksesan yang berjalan sendiri tanpa bimbingan sang pekerja keras. Karakter untuk selalu bekerja keras memang wajib dibangun bagi kamu yang memimpikan menjadi sukses sejak muda. Kalau hari ini kamu masih terlalu teledor menjalani hidupmu, banyak menunda tugas-tugas pentingmu, dan bersikap cuek terhadap waktumu sendiri, kamu patut berhati-hati. Usia tidak akan menunggumu menjadi matang dan siap bekerja keras. Umur akan terus berjalan, sampai akhirnya kamu harus sadar kalau kamulah yang harus berubah! Ingat ya, jangan jadi orang yang terlambat!

Cara sukses sejak usia muda
Cara sukses sejak usia muda (Ilustrasi/pixabay)

2. Lihat peluang

Kerja keras bakal terlihat konyol saat kamu tidak peka terhadap peluang yang ada di sekitarmu. Kamu ingin menerbitkan buku, tapi bersikap tidak peduli terhadap kebutuhan naskah yang dicari penerbit. Kamu ingin jadi penyanyi populer, tapi mengabaikan banyak lomba menyanyi. Kalau begitu, bagaimana mungkin kamu muncul ke permukaan sebagai orang sukses? Orang sukses ialah mereka yang punya mata ‘jeli’ terhadap peluang dan kesempatan. Hanya mereka yang bersikap peka terhadap kesempatanlah yang bisa mengambil semua peluang yang ada. Kalau kamu tidak peka, bagaimana mungkin mau meraih kesempatan? Iya kan? Ingat ya, kesempatan tidak pernah datang dua kali. Namun orang bijak menambahkan, kesempatan memang tidak datang dua kali dalam bentuk yang sama persis, namun datang berkali-kali dalam format yang berbeda. Setuju? Bahkan, Agnes Monica pernah bilang, “Kesuksesan itu pertemuan antara kesempatan dan kesiapan”. Nah, lho, kalau kamu tidak juga menyiapkan diri, setiap kesempatan juga akan berlalu dengan entengnya dari hadapanmu. Kalau mulai hari ini kamu tidak sibuk memantaskan dirimu, kapan dong kamu layak menjemput peluangmu? Kamu harus siap duluan sebelum kesempatan itu mampir dalam hidupmu!

3. Ciptakan kesempatan!

Kamu sudah siap, sudah memantaskan diri, sudah ini dan itu, tapi yang namanya peluang tidak juga muncul? Bagaimana dong? Oke deh, namanya juga kesempatan, jadi tentu itu bukan hal yang bisa kita kontrol. Yang bisa kita kontrol kan hanya kesiapan kita kalau sewaktu-waktu peluang itu terlihat di hadapan kita. Tapi….. tunggu dulu. Orang peka memang akan selalu jeli melihat peluang, tapi orang hebat bahkan bisa menciptakan kesempatan! Keren ya? Begini deh, kamu suka menulis tapi guru bahasa Indonesiamu bersikap tidak peduli? Jangan cuma diam di tempat! Ayo berkreasi—ciptakan kesempatan! Ikuti ekskul mading di sekolahmu, aktif mengikuti lomba-lomba menulis, banyak mengirimkan karya ke media massa, dan terus berlatih menulis. Ingat ya, guru bahasa Indonesiamu tidak akan selamanya tutup mata. Yakin deh, suatu hari nanti beliau akan memilihmu jadi wakil lomba menulis kalau kamu memang bisa menciptakan kesempatanmu sendiri menjadi penulis muda!

4. Takdir itu urusan yang di atas!

Takdir? Mau pasrah sama nasib, gitu ceritanya? Hei, ingat ya, orang sukses selalu tidak mau tahu soal takdir. Takdir itu urusan yang Maha Adil, jadi kenapa harus dipikirkan? Mau berapapun porsi takdir yang diberikan—baik atau buruk—toh kamu tidak bisa berbuat apa-apa kan? Itu di luar kontrolmu. Tapiiii, setidaknya kamu bisa melakukan banyak hal di luar topik takdir tersebut. Tahu maksudnya kan? Jangan bergantung pada nasib baik. Mulai sekarang, bersikaplah totalitas, selalu produktif, tekuni bidangmu, dan jalin koneksi yang luas. Kalau sudah begitu, percaya deh, nanti tahu-tahu takdirmu bakal terlihat lebih baik! Karena apa? Sssssstttt, apalagi kalau bukan karena kesiapan dan kerja keras yang matang!

5. Belajar sampai tutup usia!

Orang yang sukses itu tidak pernah bosan belajar karena karakter rendah hati memenuhi jiwanya. Mereka yang siap menjadi sukses selalu merasa haus akan belajar, memiliki kebutuhan untuk selalu melihat hal baru, dan bereksplorasi! Jangan pernah lelah belajar hal baru ya. Dunia terus berkembang, dan semuanya perlu penyesuaian yang cepat. Kalau kamu tidak segera belajar banyak hal tentang hidupmu, bagaimana mau sukses dan meraih semuanya sejak muda? Satu lagi, jangan cepat puas terhadap pencapaianmu. Salah satu hal yang membuatmu berhenti belajar ialah perasaan cepat puas yang memenuhi hatimu. Itu semua akan menghambat kesuksesanmu. Syukuri perolehanmu, tapi jangan terlena karena kamu harus lari lagi demi pencapaian yang lebih baik! Fighting!

6. Coba dulu deh!

Kayaknya aku gak bisa deh.
Aduh, mana mampu gue?
Kok kelihatannya sulit amat ya?
Kalimat-kalimat semacam itu pantang—pake banget—ya diucapkan oleh anak muda Indonesia. Kalau kamu belum mencoba tapi sudah terlalu banyak berkomentar tentang hal-hal negatif, karaktermu bakal kelihatan di sini. Ayo deh, mulai semuanya dengan berpikiran positif. Abaikan stimulus negatif yang akan mempengaruhimu menjadi takut mencoba. Kamu yang bertanggung jawab atas hidupmu sendiri kan? Bukan orang lain yang akan bertanggung jawab akan hidupmu, ingat itu! Jadi, kamu harus bergerak untuk selalu mencoba. Karena apa? Tanpa mencoba, kamu tidak akan pernah tahu dirimu mampu atau tidak. Benar kan? Hasil kan selalu terlihat jelas di akhir.

7. Kegagalan itu makna

Kamu sudah melakukan terlalu banyak hal, mulai dari bekerja keras, jeli melihat peluang, menciptakan peluang, terus belajar, sampai mau mencoba, tapi hasilnya nihil? Tapi kamu tidak melihat tanda-tanda usahamu akan berhasil atau kamu akan sukses di bidangmu? Hei, please ya, orang yang sekarang sukses itu tidak akan menjadi seperti hari ini dalam hitungan hari. Mereka sudah melalui proses panjang yang berliku, kegagalan-kegagalan yang bermakna, dan tempaan yang hebat. Sudah kelewat sering mendengar kalimat ‘pelaut yang hebat dibentuk melalui ombak yang besar” kan? Itu artinya, kamu tidak boleh ‘lembek’ menghadapi kegagalanmu. Sekali gagal, lari lagi. Gagal lagi, bangkit, lalu lari. Gagal lagi? Kamu harus lari lebih kencang! Omong-omong, Harry Potter saja harus ditolak penerbit sebanyak 14 kali sebelum bukunya menjadi best seller lho.

8. Aku lelah. Aku gak bisa. Aku……..

Jangan biasakan dirimu mengeluh dan mengeluh ya. Kalau mulutmu terbiasa mengeluhkan hal-hal sepele, bagaimana mau membangun mental pekerja keras? Bagaimana mau terus bertahan dan meraih kesuksesanmu sejak muda? Ingat ya, mengeluh hanya akan menambah beban di hatimu saja. Ucapan yang kamu katakan akan masuk ke telingamu, lalu diproses oleh otakmu. Kalau kamu terbiasa bilang “gak bisa, sulit, kayaknya gak mampu” akan membuat proses di otakmu menjadi makna yang dalam untuk dirimu sendiri. Lama-kelamaan hatimu benar-benar akan meyakini sugestimu itu kalau kamu benar-benar gak bisa. Bahaya kan ya? Jadi, ayo deh biasakan dirimu berkata hal-hal positif dan jangan pernah mengeluh lagi!

data-ad-format="link">