Investasi Properti yang menguntungkan
Investasi Properti yang menguntungkan (Ilustrasi/pixabay)

Investasi Properti Antara Tanah, Rumah dan Apartemen Mana yang Lebih Menguntungkan?

875 views

Investasi Properti Antara Tanah, Rumah dan Apartemen Mana yang Lebih Menguntungkan? Properti begitu banyak jenisnya mulai dari tanah, toko, rumah, apartemen, gedung perusahaan dan lainnya. Properti merupakan aset penting dalam hidup anda yang harus diberikan perlindungan secara khusus. Jika tidak, akan membuat anda rugi nantinya jika mungkin terjadi sesuatu masalah pada properti anda. Yah, tidak membutuhkan uang sedikit untuk membeli ataupun membangun properti. Jadi, jangan lewatkan perlindungan untuk properti anda, pilih saja asuransi yang harganya pas di kantong.

Tak usah berlebihan dalam memilih perlindungan serta manfaat asuransi, yang penting properti telah aman dari jangkauan musibah yang sewaktu-waktu bisa menimpanya. Selain membutuhkan banyak uang untuk mewujudkan properti, tetapi juga properti setiap tahunnya harganya naik secara signfikan. Tentu lebih menguntungkan dan bisa untuk investasi anda di masa depan. Sehingga perlu dirawat dan diproteksi agar tetap terjaga hingga bertahun-tahun lamanya.

Mempunyai properti memang tak ada ruginya tetapi justru memberikan keuntungan besar bagi pemiliknya. Properti itu bisa sebagai tempat berteduh misalnya rumah, sebagai tempat bekerja yaitu kantor atau toko, atau sebagai lahan untuk menanam tumbuhan yaitu tanah, atau tempat tinggal dengan fasilitas mewah seperti apartemen. Semua itu berguna dan bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi jika anda tak menginginkannya lagi.

Nah, berikut ini perbandingan beberapa investasi properti antara tanah, rumah maupun apartemen, mana yang lebih menguntungkan ya?

Investasi Properti Antara Tanah, Rumah dan Apartemen Mana yang Lebih Menguntungkan?

Investasi Properti yang menguntungkan
Investasi Properti yang menguntungkan (Ilustrasi/pixabay)

Investasi Tanah

Tanah adalah produk investasi yang sifatnya sama seperti emas, tanah tidak terpengaruh atas inflasi yang terjadia, harganya bisa lebih tinggi, stabil, tapi tak mengalami penurunan. Tanah merupakan investasi properti yang sangat mudah dijalankan dibandingkan properti lain. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai baik atau buruknya jika berinvestasi tanah :

Kebaikan investasi tanah yaitu :

  • Harganya cenderung selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya
  • Biaya perawatan yang dikeluarkan hanya sedikit saja
  • Apabila terletak di daerah yang strategis, harganya mampu naik berkali lipat
  • Tak memerlukan asuransi untuk melindunginya.

Kekurangan investasi tanah :

  • Tanah biasanya lebih sulit dijual apabila dibandingkan dengan rumah maupun apartemen. Terutama kalau lokasinya berada di tempat terpencil jauh dari jalan raya.
  • Harus memberikan batas-batas atau pagar supaya tidak disalahgunakan yang lain, sehingga perlu pengasawasan ekstra terhadap batas tanah tersebut.
  • Tanah kosong tanpa bangunan tidak bisa susah disewakan seperti rumah dan apartemen.
  • Semakin luas tanahnya, semakin sulit juga dalam menjualnya.
  • Sulit bila ingin menjadikannya sebagai jaminan utang di bank.

Investasi Rumah

Rumah adalah kebutuhan pokok bagi setiap orang. Rumah merupakan tempat berlindung, tempat berkumpul bersama keluarga, dan tempat bernaung ketika lelah, tentu rumah sangal dibutuhkan oleh setiap manusia. Tahukah anda setiap tahun orang mencari rumah untuknya berteduh. Sehingga tak ayal harganya pun semakin hari semakin tinggi. Namun, karena ketidakstabilan ekonomi terutama di Indonesia membuat banyak orang sulit mempunyai rumah.
Dengan begitu rumah dapat dijadikan sebagai peluang investasi terbaik. Bukan hanya untuk dijual tetapi rumah juga bisa disewakan atau dibuat kos-kosan. Rumah adalah tempat tinggal yang wajar umumnya dimiliki oleh masyarakat kita dibandingkan apartemen. Bagi masyarakat menengah ke bawah yang dicari untuk tinggal yaitu rumah bukan aparteman yang harganya jauh lebih mahal. Bagi anda yang senang berinvestasi di bawah ini beberapa kelebihan dan kekurangan investasi rumah, yaitu :

Kelebihan investasi properti rumah :

  • Rumah cenderung mudah dijual
  • Bisa dijadikan jaminan untuk kerdit di bank
  • Dapat disewakan akan menambah penghasilan anda sebulannya
  • Setiap tahun harganya mengalami kenaikan
  • Tingkat permintaan tinggi, apalagi jika lokasinya strategis dekat dengan tol, jalan raya, dekat dengan tempat-tempat yang ramai.

Kekurangan investasi rumah :

  • Membutuhkan asuransi untuk melindunginya dari musibah yang mungkin dapat terjadi
  • Setiap tahunnya mengalami penyusutan nilai ekonomis
  • Membutuhkan biaya perawatan, apabila di komplek perumahan juga membutuhkan biaya kebersihan, keamanan dan sebagainya.
  • Setiap tahun wajib membayar PBB
  • Terkadang anda harus memperbaiki atau merenovasi rumah apabila penyewa rumah tak merawat rumah dengan baik.

Investasi Apartemen

Apartemen merupakan investasi paling mahal dari tanah atau rumah. Tetapi apartemen cukup menjanjikan seperti rumah. Saat ini gaya hidup masyarakat tinggi, dan bagi yang mempunyai penghasilan besar tentu dia memilih tinggal di apartemen karena nampak lebih elegan dan menunjukkan kehormatannya.

Pada umumnya apartemen disertai dengan fasilitas lengkap yang takkan didapatkan saat menyewa rumah. Saat ini banyak pembangunan apartemen baru, itulah mengapa bisnis apartemen cukup menjanjikan. Untuk anda yang tertarik ingin berbisnis apartemen, sebaiknya kenali dulu kelebihan dan kekurangannya di bawah ini:

Kelebihan investasi apartemen :

  • Biasanya terletak di lokasi strategis, di tengah-tengah kota di kawasan Ekspatriat, Centra Bussiness District, atau dekat Universitas ternama.
  • Fasilitasnya lebih lengkap dan bagus daripada rumah.
  • Mudah menyewakannya dengan harga yang tinggi, pasti membuat penghasilan anda bertambah.

Kekurangan investasi apartemen :

  • Membutuhkan biaya perawatan jauh lebih mahal daripada rumah
  • Apabila digunakan sebagai jaminan, nilainya lebih rendah dibandingkan rumah
  • Tidak mempunya Hak Guna Bangunan sebab tak mempunyai tanah
  • Luas apartemen lebih kecil daripada rumah
  • Tak dapat merenovasi sesuai dengan keinginan anda.

Itulah penjelasan tentang perbedaan investasi properti antara tanah, rumah maupun apartemen. Semoga anda dapat memilih investasi yang sesuai hati anda dan tujuan anda. tentukanlah sekarang, jangan tunggu waktu lama untuk berpikir. Semakin cepat anda berinvestasi tentu semakin besar hasil yang anda dapatkan. Pergunakanlah penghasilan anda sebaik mungkin, investasi takkan merugikan diri anda, tapi malah sebaliknya.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015