Cara sukses di usia muda
Cara sukses di usia muda (Ilustrasi/pixabay)

Ingin Sukses Muda? Lakukanlah 6 Hal ini Sejak Umur 20-an

3,882 views

Ingin Sukses Muda Lakukanlah 6 Hal ini Sejak Umur 20-an – Baik pria maupun wanita pasti ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya. Tidak ada yang mau hidup susah ketika sudah tua nanti. Jaman sudah semakin canggih dan pikiran para remaja pun cepat berkembang, bahkan diantaranya ada yang sudah berkecimpung di dunia bisnis. Siapapun tak ada yang tahu nasibnya bagaimana, tetapi jika mau berusaha tentu keberhasilan akan didapatkan. Sukses bukanlah hal yang instan tetapi butuh proses untuk bisa ke sana.

Di umur 20-an adalah masa yang indah untuk dilalui, masanya untuk bersenang-senang bersama teman. Tetapi juga banyak menimbulkan kebimbangan, biasanya setelah kuliah anda langsung kesana-kemari mencari kerja. Namun, setelah kerja didapat dengan gaji yang cukup besar, malah digunakan untuk sesuatu hal yang kurang bemanfaat, seperti kebanyakan belanja fashion, nongkrong, dan kegiatan lainnya.
Padahal jika dicermati pada umur 20-an anda perlu berpikir tentang masa depan. Nantinya anda akan menikah, lalu membutuhkan rumah dan kemudian mempunyai anak, semua itu memerlukan uang yang sangat banyak. Sehingga mulailah menabung dan berinvestasi walau usiamu masih 20-an. Sangat penting memikirkan hidup di masa depan karena mungkin anda tidak dapat lagi meminta bantuan kepada orang tua.

Apabila menjadi sukses merupakan impian anda yang harus terpenuhi, maka lakukanlah hal di bawah sejak umur 20-an, yaitu :

Ingin Sukses Muda? Lakukanlah 6 Hal ini Sejak Umur 20-an

Cara sukses di usia muda
Cara sukses di usia muda (Ilustrasi/pixabay)
  1. Raih pengalaman dulu, bukannya uang

Umur 20-an biasanya awal anda bekerja, yang anda pikirkan pasti ingin mendapatkan gaji besar. Anda merasa jika perusahaan hanya bisa memberikan gaji kecil untuk apa bekerja di sana lagi, lebih baik di rumah saja. Buanglah pikiran seperti itu, sekarang berpikirlah untuk mendapatkan pengalamannya yang mungkin akan bermanfaat untuk anda kelak.

Seperti, bekerja di toko baju, pahamilah cara memasarkan produknya. Bila anda di bagian kasir atau akunting, pahami pengaturan keuangannya. Bila pekerjaan anda penulis novel, lihat dari awal novel diproses sampai siap terbit. Jadi, carilah pengalaman sebanyak-banyaknya, ketika anda sudah mempunyai modal yang cukup lalu berniat berwirausaha, pengalaman tersebut akan berguna tentunya untuk perkembangan bisnis anda.

2. Walau kerja keras tetapi harus cerdas

Umur 20-an memang waktunya kita semua bekerja keras. Dengan kerja keras anda tentu mendapatkan hasil maksimal. Sebab, proses yang dijalani dengan ikhlas dan baik hasilnya akan berujung baik juga. Tetapi apakah kerja keras sudah cukup membantu anda untuk meraih kesuksesan? Belum! Selain anda bekerja dengan keras, juga harus bekerja dengan cerdas.

Untuk meraih sukses, butuh ketekunan, kedisiplinan serta memberikan yang terbaik dalam bekerja. Bekerja secara cerdas berarti anda harus memperhatikan waktu, kesehatan tubuh, pola makan, dan hiburan tidak hanya bekerja saja. Dengan menjaga keseimbangan antara bekerja dan kebaikan tubuh, pasti anda dapat meraih kesuksesan di usia muda.

3. Jangan beralih dari gaya hidup hemat ketika masih mahasiswa

Walau anda sudah bekerja dan mempunyai penghasilan yang cukup besar, bukan berarti bebas menghamburkan uang seenaknya. Memang itu uang anda sendiri tetapi untuk hidup enak di masa depan langkahnya mesti dimulai sejak dini. Untuk itu akan lebih baik anda tetap mempunyai gaya hidup seperti ketika masih mahasiswa. Yang setiap bulan selalu mengirit uang kiriman dari orang tua. Makanpun apa adanya, mie instan pake nasi rasanya pasti enak. Dengan bergaya hidup layaknya mahasiswa anda dapat menjaga keuangan dan mengatur gaji bulanan. Sehingga kebutuhan pokok terpenuhi, fasilitas kerja juga terpenuhi, serta masih bisa menabung bahkan berinvestasi.

4. Mempunyai 2 rekening tabungan

Tahap selanjutnya untuk meraih kesuksesan ialah siapkan 2 tabungan. Hal ini untuk menghindarkan anda dari keborosan dalam mengatur keuangan. Gunakanlah satu rekening untuk menerima gaji dan diperuntukkan kebutuhan sehari-hari, sedangkan rekening satunya lagi digunakan untuk menabung. Jadi, anda wajib menyimpan ATM yang untuk tabungan, jangan sampai tergoda membelanjakannya.

Atau sebaiknya rekening untuk menabung dibuat dalam bentuk tabungan berjangka, karena biasanya tabungan jenis ini memberikan bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa. Uangnya juga bisa diambil secara auto-debet dari tabungan anda, dengan kata lain, anda dipaksa agar menabung.

5. Berani menolak pada ajakan teman

Teman atau sahabat merupakan orang yang selalu baik terhadap anda, menghibur di kala sedih dan rela berbagi. Tetapi terkadang teman dapat menjadi godaan yang amat sangat untuk dihindari. Biasanya setiap malam minggu mereka mengajak anda untuk bersenang-senang, makan direstoran mahal, atau sekedar minum kopi di cafe elegan. Yah, berkumpul bersama teman memang hal yang menyenangkan. Tetapi jika terus dilakukan tentu mencekik keuangan anda. Bagaimana bisa menabung, investasi atau mengisi tabungan darurat kalau uangnya habis untuk nongkrong. Mulailah untuk mengatakan “TIDAK” pada ajakan teman anda untuk keluar. Biarkan omongan mereka yang mengatakan tak gaul, tak royal, atau pelit dan ungkapan jelek lainnya.

6. Bersikaplah bijaksana

Untuk meraih kesuksesan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Perlu banyak usaha, tenaga serta pikiran untuk mendapatkan kesuksesan. Selain itu, anda harus bijaksana dalam menggunakan keuangan, jangan belanja berlebihan. Belilah kebutuhan yang penting dulu, baru kebutuhan yang kurang penting. Liburan, jalan-jalan, hang out bersama teman merupakan hal penting untuk mengusir kepenatan ketika bekerja, tetapi atur budget untuk melakukan semuanya. Jangan berlebihan, selagi masih bisa berhemat mengapa harus hidup boros. Di umur yang masih muda ini hindarilah hutang karena mampu membuatmu terikat dan sulit keluar dari lingkarannya.

Itulah langkah yang harus anda lakukan di umur 20-an supaya mampu meraih kesuksesan. Berusahalah meraih kesuksesan karena itu hak anda dan setiap orang. Yang terpenting dari semuanya adalah niat yang kuat pada diri anda.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- umur 20 an harus berpikir apa untuk sukses di masa depan - pekerjaan untuk umur 20 - mengatur umur di usia muda hidup sukses dengan - manfaat menabung diumur yang masih muda - Manfaat Menabung Di Usia 20-an - manfaat menabung di usia 20 - kerja diusia muda - cara mendapatkan uang banyak diusia 20 an - cara mendapat penghasilan besar di usia 20 tahun - cara menabung usia muda

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015