Ingin Lemari Pakaian Awet? Lakukan Beberapa Cara Berikut Ini 5/5 (1)

12 views

Harga lemari pakaian terbilang tidak murah. Satu lemari saja harganya bisa mencapai jutaan. Itulah kenapa lemari harus dirawat dengan baik agar Anda tidak perlu terus menerus mengganti lemari di rumah Anda dan menghabiskan banyak uang. Hindarkan lemari pakaian dari jamur dan kerusakan dengan beberapa tips mudah berikut ini.

  1. Periksa dan Bersihkan Secara Rutin

Memang merepotkan, namun membersihkan lemari secara rutin dapat menjaga lemari tetap kokoh dan awet dalam waktu yang lama. Pemeriksaan bisa dilakukan seminggu sekali untuk melihat apakah ada bagian lemari yang sudah mulai rusak sehingga perbaikan bisa segera dilakukan untuk mencegah kerusakan semakin parah. Selain diperiksa, lemari juga perlu dibersihkan secara berkala dengan cara yang benar. Untuk proses pembersihan yang maksimal, pertama semua isi lemari harus dikeluarkan. Anda bisa melap lemari dengan kain kering untuk membersihkan debu dan kotoran sembari mengecek apakah ada sisi yang berjamur.

  1. Letakkan di Tempat Kering

Salah satu masalah yang sangat umum dialami oleh lemari kayu adalah tumbuhnya jamur. Jamur bisa tumbuh jika lemari dalam kondisi lembab. Pertumbuhan jamur pun berlangsung sangat cepat dan bisa memenuhi seluruh permukaan lemari baik di bagian luar maupun dalam. Untuk mencegah timbulnya jamur pastikan lemari diletakkan di bagian kering yang terkena cahaya dari luar untuk menghindari kelembaban. Tidak hanya itu saja, pakaian yang disimpan di dalam lemari pun harus dalam kondisi kering, tidak lembab. Cara menyusunnya pun harus benar agar Anda bisa dengan mudah mendeteksi keberadaan jamur tanpa terhalang oleh pakaian yang menumpuk. Akan tetapi meskipun harus diletakkan di tempat kering hindarkan lemari dari panas matahari langsung karena dapat membuat tekstur kayu cepat retak.

  1. Hindari Menempel Dinding

Jarak antara lemari kayu dan dinding yang terlalu dekat dapat membuat lemari mudah berjamur karena tidak adanya sirkulasi udara sehingga sekat diantara keduanya terasa lembab. Oleh karena itu peletakan lemari tidak boleh menempel pada dinding. Berikan sedikit jarak sekitar 5 hingga 10 centimeter untuk menghindari tumbuhnya jamur.

  1. Lapisi dengan Polish Furniture

Lindungi permukaan lemari kayu Anda dengan polish kayu agar jamur tidak menempel. Anda bisa dengan mudah menemukannya di toko bangunan atau swalayan. Lakukan secara berkala agar lemari awet dan tidak berbau. Polish bisa diaplikasikan setiap tiga bulan sekali.

  1. Manfaatkan Kapur Barus

Tidak hanya permasalahan jamur saja, namun lemari pakaian juga rentan akan serangan rayap serta serangga. Oleh karena itu selalu lengkapi lemari dengan kapur barus untuk menghindari datangnya rayap. Cek kondisi kamper dan ganti secara berkala agar lemari terus terlindungi.

  1. Lemari Pakaian Awet dengan Perawatan yang Benar

Jangan lupa untuk selalu membersihkan lemari dengan lap kering secara teratur agar semua debu dan kotoran tidak menumpuk. Perhatikan cara merawat lemari yang benar karena furniture berbahan kayu memang cukup rumit. Sesekali furniture perlu dipanaskan namun tidak boleh berada di ruangan yang terkena sinar matahari terus menerus. Selain perawatan pastikan memilih jenis furniture kayu yang berkualitas untuk mendapatkan lemari pakaian awet dalam waktu yang lama. Blibli.com menghadirkan beragam jenis lemari pakaian dari kayu yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Tentunya harga berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. Akan tetapi fitur promo dan diskon menarik dari Blibli bisa dimanfaatkan agar lemari dengan harga mahal bisa Anda bawa pulang.

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015