Iklan lowongan pekerjaan

Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan yang Menarik

Iklan Lowongan Pekerjaan untuk sebuah perusahaan memang salah satu yang sangat penting. Dengan terus maju dan berkembangnya sebuah perusahaan, tentu saja hal itu akan meningkatkan permintaan tenaga kerja pada perusahaan tersebut dan ini merupakan sebuah hal yang positif yang menandakan majunya perusahaan tersebut dan Anda sebagai HRD di perusahaan yang sedang berkembang pesat, tentu akan sangat disibukkan dengan beberapa proses recruitment yang melelahkan setiap harinya.

Proses rekruitment dalam sebuah perusahaan, seringkali melelahkan sebab banyaknya sekali kandidat yang melamar pekerjaan, tetapi mereka tidak sesuai dengan kriteria lowongan yang dibuka, maka dari itu, untuk meminimalisasinya, Anda harus membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik untuk perusahaan Anda.

Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan

Anda sebagai orang yang duduk di posisi HRD harus dapat membuat Iklan Lowongan Pekerjaan yang menarik, hal ini bertujuan agar semua orang memenuhi kriteria dapat melamar di perusahaan tempat Anda bekerja. Saat pembuatannya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar terlihat menarik bagi calon pelamar, antara lain:

Logo dan deskripsi perusahaan

Anda perlu memahami bahwa logo dan deskripsi perusahaan merupakan salah satu faktor yang membuat sebuah lowongan kerja menjadi menarik untuk dilihat, sebab setiap kandidat tentunya ingin mengetahui apa bidang industrinya, telah berapa lama berdiri perusahaan tersebut, dan apa saja prestasi yang telah diraih perusahaan tersebut dan lain sebagainya.

Informasi tentang perusahaan tersebut sangat dibutuhkan untuk para pencari kerja, agar mereka dapat yakin bahwa perusahaan tersebut telah ‘’mature’’ atau belum sehingga mereka merasa terjamin jika berhasil bekerja di sana. Deskripsi perusahaan tersebut tentunya juga mencerminkan apakah sebuah perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang baik atau perusahaan yang suka menipu pelamar kerja yang datang, sebab banyak perusahaan yang menipu yang tidak menampilkan logo dan deskripsi perusahaan mereka untuk mengelabui para pelamar kerjanya.

Job description

Ada begitu banyak perusahaan yang membuka dan membuat Iklan Lowongan Pekerjaan, tetapi tidak mencantumkan job description yang akan dilakukan oleh setiap pelamar dan hal ini tentu saja akan membuat para pelamar menjadi ragu untuk melamar lowongan  kerja yang Anda pasang, meskipun mungkin kriteria yang dibutuhkan memenuhi kualifikasi mereka sebagai orang yang akan dapat diterima di perushaan.

Informasi tersebut harus dan wajib dicantumkan dalam setiap iklan lowongan kerja yang Anda pasang, ini bertujuan agar dapat memperjelas pada mereka seperti apa pekerjaan yang akan dilakukan oleh mereka nanti setelah bekerja, dari informasi inilah para pelamar akan menentukan apakah mereka mampu untuk mengerjakan pekerjaan tersebut atau tidak. Ini juga bermanfaat untuk meminimalisasikan jumlah kandidat yang tidak mampu sehingga secara otomatis akan mengurangi jumlah kandidat yang tidak sesuai kriteria, sekaligus mengurangi pekerjaan Anda dalam proses filtrasi terhadap pelamar yang hanya membuat waktu saja.

Kriteria

Informasi yang satu ini sangat penting untuk para pelamar dalam mengambil keputusan untuk melamar atau tidak sebuah Iklan Lowongan Pekerjaan, maka dari itu kriteria sebuah lowongan kerja harus benar–benar Anda pikirkan sebelum memasang lowongan kerja tersebut. Misalnya, jika posisi yang dibutuhkan dalam perusahaan tidak memerlukan kemampuan yang teknis akan lebih baik apabila Anda memasang iklan lowongan kerja dengan kriteria yang tidak terlalu tinggi atau malah berlebihan.

Dengan Anda melakukan hal tersebut maka akan orang yang akan melamar pekerjaan, tetapi apabila memang posisi yang dibutuhkan memerlukan kemampuan teknis, maka dalam hal ini, Anda bisa menyesuaikannya lagi dengan background pendidikan yang lebih tinggi. Ada begitu banyak perusahaan yang kesulitan memperoleh pelamar, salah satu penyebabnya yaitu karena tingginya kriteria yang dipasang. Dan beberapa kriteria tersebut tidaklah sesuai dengan keadaan di lapangan, sehingga tidak ada orang yang mau melamar pekerjaan, maka dari itu, sesuaikanlah posisi yang dibutuhkan perusahaan dengan kriteria yang sesuai dengan keadaan di lapangan tempat bekerja.

Lokasi kerja

Anda jangan pernah lupa untuk selalu mencantumkan lokasi penempatan kerja pada Iklan Lowongan Pekerjaan Anda. Hal ini bertujuan supaya pelamar tahu lokasi saat mereka bekerja nanti sehingga mereka dapat menghitung biaya dan waktu yang harus mereka capai ke lokasi tersebut setiap harinya jika mereka berhasil di terima.

Cantumkan kisaran gaji

Agar Iklan Lowongan Pekerjaan semakin menarik, Anda boleh mencantumkan kisaran gaji untuk setiap posisi yang memang dibutuhkan. Dalam hal ini, Anda dapat memberikan kisaran gaji yang cukup menarik, tetapi masih masuk akal untuk mereka, tujuannya yaitu untuk menghindari persepsi bahwa perusahaan Anda merupakan perusahaan penipuan.

Fasilitas kantor

Apabila memang perusahaan Anda memberi fasilitas kantor tambahan seperti halnya antar jemput, tunjangan, asuransi, dan lain sebagainya. Maka beberapa  fasilitas ini wajib Anda cantumkan pada Iklan Lowongan Pekerjaan yang Anda pasang, hal ini bertujuan untuk menambah daya tarik bagi pelamar untuk melamar ke perusahaan Anda.

Cantumkan alamat kantor, email dan no telp

Beberapa informasi penting seperti halnya alamat kantor, sosial media, email, atau no telp ialah informasi yang wajib untuk Anda cantumkan pada setiap Iklan Lowongan Pekerjaan. Informasi tersebut berfungsi sebagai sarana untuk menghubungi Anda ataupun mengirimkan surat lamaran pada perusahaan atau juga untuk mengonfirmasi apakah lowongan tersebut masih terbuka ataupun sudah ditutup.

Contoh Iklan Baris Lowongan Pekerjaan

Contoh iklan lowongan pekerjaan

Pada umumnya iklan baris akan di pasang di koran. Jika Anda duduk di posisi HRD dan membuka lowonga pekerjaan di perusahaan tersebut, maka dapat membuat iklan baris lowongan pekerjaan di koran. Berikut ini contoh iklan baris lowongan pekerjaan yang bisa Anda jadikan contoh:

BTH: BAG. FINANCE Adm MKT Exim Operasional (SMA/SMK) P/W Min D2 Jjr. Tgg Jwb Kra KRS Kirim Ke: butuh.karyawa@gmail.com.

BTH: SALESMEN PENGALAMAN u/ wilayah Surabaya, jl. Suraji no. 18 dpn komplek DPR jkb 021-5658308, 5250119.

Catatan : Alamat perusahaan dan akun email serta nomor telepon hanya sebuah karangan semata. Ini tidak ada kaitannya dengan alamat manapun. Hanya sebagai contoh agar Anda paham.

Contoh Iklan Produk yang Menarik

Iklan produk adalah iklan yang menampilkan beberapa kelebihan dan manfaat dari produk tersebut. Ini bertujuan untuk membuat orang ingin langsung membeli produk yang Anda tawarkan. Saya kira Anda tidak akan mengerti jika tidak ada contohnya.

Contoh Iklan Produk Makanan

Contoh Iklan Produk Makanan

Dalam pembuatan iklan produk makanan, ada hal yang harus Anda tekankan, pada umumnya ialah gambaran cita rasa dari makanan tersebut. Cita rasa ini dapat Anda tampilkan dengan beberapa bahan pembuatan dan juga gambar menarik dari produk yang Anda jual. Kadang kala ada juga yang mencantumkan harga produk dan nomor pemesanan untuk membuat orang lebih tertarik untuk membelinya. Teknik ini biasa kita lihat di koran, novel atau bahkan TV yang menggunakan video.

*