Ikan air tawar

Jenis Budidaya Ikan Air Tawar Yang Paling Banyak Dicari

Indonesia merupakan salah satu negara dengan wilayah perairan yang sangat luas. Terdapat banyak danau, sungai, hingga lautan yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Hal ini menyebabkan banyaknya spesies ikan air tawar maupun air laut yang dapat ditemukan di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, ikan air tawar menjadi salah satu jenis ikan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Mulai dari untuk dikoleksi sebagai ikan hias, dibudidayakan, hingga dikonsumsi sehari–hari.

8 Jenis Ikan Air Tawar Yang Dapat Dibudidayakan

Peternak atau budi daya ikan saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang paling menguntungkan. Dibandingkan dengan peternak sapi perah atau ayam petelur, budi daya ikan membutuhkan modal yang lebih sedikit, meskipun dengan keuntungan yang tidak jauh berbeda.

Selain itu, ada banyak jenis ikan air tawar budi daya yang dapat kalian sesuaikan dengan tempat, modal, dan tenaga. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa jenis ikan yang bisa kalian budi dayakan.

Ikan Lele

Budi daya ikan lele di Indonesia masih menjadi salah satu peluang bisnis terbaik yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Tanpa membutuhkan modal, peralatan, dan tenaga yang besar, kalian sudah dapat meraup keuntungan yang cukup untuk menghidupi keluarga sehari–hari.

Budidaya ikan lele sangat menguntungkan, karena kebutuhan pasar yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui, ikan lele merupakan salah satu ikan tawar paling lezat untuk dikonsumsi.

Ikan Mas

Di Indonesia, terdapat dua jenis ikan mas, yaitu untuk konsumsi dan untuk ikan hias. Namun, keduanya dapat dibudidayakan dan dapat meraup keuntungan yang cukup besar.

Baik ikan mas hias maupun konsumsi, sangat banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, budidaya ikan mas menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa kalian lakukan di rumah.

Ikan Gurame

Sama seperti ikan lele, budidaya ikan gurame juga dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Harga jual ikan ini lebih tinggi dibandingkan dengan ikan mas ataupun ikan lele. Hal ini dikarenakan jumlah permintaan pasar lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah yang bisa dihasilkan pembudidaya.

Belut Sawah

Berikutnya ada binatang hermaprodit yaitu belut sawah yang juga dapat kalian budidayakan. Perawatan budidaya belut sawah ini sangatlah mudah, karena belut dapat bertahan hidup meskipun di air yang kotor atau berlumpur.

Harga belut sawah di pasaran juga terbilang cukup mahal. Namun, hingga saat ini, belum ditemukan metode budidaya belut sawah yang efektif untuk memperbanyak perkembangbiakan.

Ikan Arwana

Terakhir, ada budiaya ikan arwana yang dapat membuat kalian menjadi jutawan. Seperti yang kita ketahui, arwana merupakan ikan hias dengan harga yang paling mahal dan paling banyak dicari oleh para kolektor.

Untuk satu ekor ikan arwana, dapat dijual dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta. Namun, tentunya kalian membutuhkan modal yang cukup besar pula untuk memulai usaha budidaya ikan arwana.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Nila Agar Keuntungan Melimpah.

Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi Terlezat Di Indonesia

Kebanyakan budi daya ikan, menjual hasil ikannya ke pasar maupun supermarket untuk diolah sebagai makanan. Memang, cita rasa dari ikan air tawar tidak kalah dengan jenis ikan laut.

Selain itu, sebelum memulai usaha budi daya ikan, ada baiknya kalian juga mengetahui jenis ikan air tawar konsumsi yang paling lezat dan banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.

Ikan Lele

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, ikan lele merupakan salah satu ikan yang paling sering dimasak oleh semua ibu di Indonesia. Selain karena rasanya yang lezat, untuk mengolah ikan yang satu ini juga tergolong sangat mudah.

Di pasaran, ikan lele dijual dengan harga mulai dari Rp.15.000 hingga Rp.25.000 tiap kilonya.

Belut

Ikan Air Tawar Konsumsi

Jika kalian anak 90’an yang tinggal di dekat persawahan, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan olahan belut air tawar. Jika di jaman dulu, belut ini bisa didapatkan dengan mudah menggunakan pancingan khusus belut.

Namun kini, belut semakin sulit untuk ditemukan. Rasanya yang lezat, membuat banyak orang mencari belut dan rela membelinya dengan harga yang mahal. Di pasaran, satu kilogram belut air tawar dapat dijual dengan harga Rp.35.000,-

Ikan Mujair

Ikan lezat berikutnya yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia ialah ikan mujair. Menurut sejarah, ikan ini benar–benar ditemukan pertama kali di wilayah perairan Indonesia oleh bapak Mujair.

Harga dari ikan mujair pun cukup terjangkau. Untuk satu kilogramnya, kalian hanya perlu mengeluarkan uang Rp.20.000,- hingga Rp.25.000,-.

Ikan Gurame

Gurame merupakan salah satu ikan yang dapat diolah sebagai masakan rumahan maupun restoran. Mulai dari gurame bakar, gurame goreng, gurame terbang, gurame asam manis dan masih banyak lagi.

Umumnya, para pembudidaya ikan gurame telah mensuplai hasil ikannya langsung ke restoran dan supermarket. Namun, tidak sedikit pula mereka yang menjualnya ke pasar untuk masyarakat biasa.

Ikan Gabus

Sama seperti ikan gurame, ikan gabus juga sangat banyak dikonsumsi dengan olahan yang berbeda–beda. Salah satu resep olahan ikan gabus yang paling terkenal ialah gabus pucung dan ikan asin gabus.

Di pasaran, ikan gabus ini dijual dengan harga mulai dari Rp.30.000 hingga Rp.52.000 per kilonya.

Ikan Sidat

Bisa dibilang, ikan sidat memiliki bentuk campuran antara belut dan ikan lele. Ikan ini memiliki tubuh panjang namun dengan sirip yang ada di kedua sisi tubuhnya.

Daging ikan sidat memiliki rasa gurih dan asin dengan tekstur yang lembut. Umumnya, ikan ini dijual dengan harga mulai dari Rp.160.000 per kilonya.

Ikan Patin

Berikutnya, ada ikan patin yang juga merupakan ikan konsumsi paling lezat dan banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Umumnya, ikan patin menjadi alternatif lain ketika stok ikan lele sedang sulit di pasar.

Di pasaran, harga tiap satu kilo ikan patin dijual dengan harga mulai dari Rp.16.000,-. Selain harganya yang murah, ikan ini juga memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat untuk tubuh manusia.

Baca juga: Plus Minus Budidaya Ikan Menggunakan Terpal

Berbagai Manfaat Ikan Patin Untuk Tubuh Manusia

Mengolah ikan patin memang agak sulit, khususnya untuk kalian yang baru pertama kali memasaknya. Ikan ini memiliki bau amis yang lebih menyengat meskipun telah dilumuri oleh jeruk nipis dan digoreng.

Namun, di balik semua ini terdapat segudang kandungan gizi dan manfaat untuk tubuh kita. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa manfaat ikan patin yang bisa kita dapatkan.

  • Memperkuat massa otot dalam tubuh
  • Membantu memperbaiki sel–sel dalam tubuh yang rusak 
  • Meregenerasi sel tubuh baru
  • Mengurangi kandungan kolesterol
  • Mencegah penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya
  • Mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi anak
  • Meningkatkan tumbuh kembang bayi
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kinerja otak manusia
  • Memperbaiki sistem syaraf tubuh yang rusak

Demikianlah beberapa jenis budi daya ikan, jenis ikan air tawar konsumsi hingga manfaat ikan patin bagi tubuh manusia. Untuk kalian yang ingin memulai usaha budi daya ikan, ada baiknya kalian memahami terlebih dahulu isi artikel ini.

*