Ide Startup
Ide Startup

Ide Start Up Genius Futuristik dari GLOV, Quotiss, dan United Robots

38 views

GLOV, United Robots, dan Quotiss merupakan tiga jenis start up berbeda yang namanya mendunia secara cepat. Ketiganya dianggap memiliki ide jenius sebagai perusahaan start up di era modern, sehingga mampu terkenal secara cepat. Tidak hanya itu, mereka mampu menggabungkan antara kebutuhan masyarakat dengan teknologi yang canggih.

  1. GLOV

GLOV merupakan perusahaan start up yang berkecimpung di dunia kecantikan, terutama dalam bidang penghapus make up. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2011 silam oleh Monica Zochowska dan Ewa sebagai rekan bisnisnya. Alasan mengapa Monica mendirikan perusahaan ini terjadi saat dia mengalami kesulitan setiap kali harus menghapus make up. Kemudian, dia juga berpikir bahwa pasti ada banyak wanita yang juga berjuang untuk menghapus make up. Hal tersebut memacunya untuk mendirikan perusahaan start up GLOV dan membujuk Ewa sebagai rekan bisnisnya. Pada awalnya Ewa mengatakan, ide Monica lumayan gila. Namun, Monica berhasil meyakinkan dan telah terbukti, kini GLOV menjadi salah satu perusahaan start up di bidang kecantikan yang terkenal. Bahkan, produknya telah dilansir oleh beberapa majalah terkenal seperti EL PAIS (majalah terbitan Spanyol), Cosmopolitan (majalah Perancis), Vanity Fair (terbitan Italia), JOY (majalah terbitan Jerman), dan Annabelle (keluaran Switzerland). Hingga saat ini, GLOV selalu berusaha untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas dari produk–produknya di Polandia.

Penghapus make up yang diproduksi dan paling populer ialah GLOV on-the-go. Barang tersebut tersedia dalam berbagai warna pastel yang lembut. GLOV on-the-go ini berupa kain dengan serat berukuran mikro yang dapat mengangkat make up di wajah tanpa menggunakan banyak air. Serat berukuran mikro tersebut memiliki ukuran yang jauh lebih tipis dibandingkan dengan rambut manusia dan berbentuk seperti bintang yang dapat mengangkat make up dengan sangat mudah. Bahkan penemuan ini telah memiliki paten dan telah diuji secara klinis yang mana tidak menyebabkan hypoallergenic dan aman bagi kulit.

Cara kerja dari GLOV on-the-go dalam menghapus make up ialah membasahi dengan sedikit air. Ketika basah, dapat mengangkat seluruh make up seperti magnet. Keuntungan lain yang ditawarkan dari penggunaan produk ini, yaitu serat GLOV juga dapat mengeksfoliasi kulit dan membuat warna kulit lebih indah. Oleh karena tidak membutuhkan banyak air, produk ini dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan produk pembersih make up lainnya. Tidak seperti kapas juga, kain ini sudah pasti dapat digunakan berkali–kali sampai tiga bulan. Kain tersebut dibuat seukuran dengan tangan, sehingga praktis digunakan oleh para traveler.

  1. Quotiss
Ide Startup
Ide Startup

Quotiss merupakan perusahaan start up sistem online yang berguna untuk membatu perusahaan kargo mengordinasikan pengiriman. Bisa dikatakan, ini lebih mirip seperti perusahaan yang membuat software manajemen yang diperuntukkan untuk perusahan–perusahaan logistik. Dengan software digitalisasi ini, memungkinkan Anda untuk mengutip tarif pengiriman kargo yang tepat 100% hanya dengan sekali klik. Seperti yang kita ketahui, hingga kini pengutipan biaya pengiriman kargo membutuhkan paling tidak waktu sebanyak 2 jam hingga 2 hari. Pengutipan tersebut seringkali disertai dengan adanya 10% kesalahan penafsiran harga akibat dari proses yang masih bersifat manual, banyak hal yang harus dipertimbangkan, dan volatilitas pasar. Kesalahan dalam perhitungan tersebut akan merugikan pelanggan sebesar 15% dari pendapatan yang hilang. Dengan menggunakan Quotiss, mereka dapat mempersiapkan penawaran dalam waktu yang sangat singkat, kurang dari satu menit dan tingkat akurasi  100%. Perusahaan ini juga dirintis di Polandia.

Perusahaan ini dirintis oleh Marcin Zarzeci yang merupakan mantan pegawai perusahaan pelayaran global yang terkemuka. CEO dari Quotiss tersebut pernah memberikan tanggapan seputar perusahaannya “Mungkin Anda akan berpikir, ini adalah perusahaan yang sangat besar, semua serba digital, dan modern. Tetapi perlu Anda ketahui, bahwa ini adalah start up yang bekerja juga secara offline, manual, dan berdasarkan Excel. Kami harus bekerja keras dalam merombak keseluruhan yang ada di Excel dan mengubahnya menjadi versi digital.”

  1. United Robots

Berdasarkan nama dari perusahaan tersebut, Anda bisa membayangkan pasti start up itu berkaitan dengan robot. Hal itu memang benar, United Robots merupakan perusahaan start up yang mengembangkan cyborg yang dilengkapi dengan laser untuk melakukan navigasi. Perusahaan start up ini didirikan di Polandia. Cyborg atau robot ini diperuntukkan di perusahaan logistik. Selain itu cyborg ini dapat digunakan untuk membersihkan dan melakukan pengisian stok di rak–rak supermarket. Sedangkan pada dunia perkantoran,  robot ini dapat digunakan untuk menyortir surat dan paket. Robot navigasi ini dapat melakukan pinpoint lebih dari jutaan koordinat yang ada di sekelilingnya beserta dengan jalur yang harus dilaluinya. Tak hanya it,u bila ada rintangan, robot ini juga dapat menghindar. Robot ini dapat melakukan semua tugas tersebut, karena ia telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang penelitiannya sedang sangat gencar dilakukan saat ini. Dariusz Mankowski dari United Robots menjelaskan mengenai kinerja robot ini dalam melakukan tugasnya. “ Pertama, robot ini akan melakukan mapping pada lingkungan yang ada di sekitarnya dan menganalisa dengan menggunakan laser. Kemudian setelah melakukan analisa, robot akan menyimpan data tersebut di dalam memorinya.”

Alasan dari didirikannya United Robots ialah untuk membuat lapangan pekerjaan yang stabil di Polandia, sehingga membantu pemerintah dalam menangani pengangguran. Pekerjaan yang stabil dari fluktuasi ekonomi yang dimaksud tidak hanya selalu berkaitan dengan bidang IT, melainkan juga pengacara, desainer, analis, dan marketer.

Sebenarnya, start up yang menggunakan robot memang sedang menjadi trend di berbagai belahan dunia, dan tidak hanya di Polandia. Misalnya saja di San Francisco, terdapat perusahaan start up robot yang berpatroli untuk menekan jumlah kriminalitas.

Demikianlah Ide Start Up Genius Futuristik dari GLOV, Quotiss, dan United Robots, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Tim Blogger Info Ide Bisnis Yogyakarta. I am International master student at National Taiwan University of Science and Technology