Budidaya Semut
Budidaya Semut (Ilustrasi/Kompas TV)

Di Tangan Maulana Firza Mahesa, Semut Bisa Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah

147 views

Di Tangan Maulana Firza Mahesa, Semut Bisa Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah – Semut merupakan hewan yang bisa ditemukan di manapun dan kapan pun. Hampir di setiap rumah hewan ini bisa kita temukan. Tidak banyak orang yang menyukai semut karena terkadang suka mengganggu. Namun, siapa sangka di tangan seorang Maulana Firza Mahesa, semut ternyata mampu mendatangkan omzet jutaan rupiah.

Ia mengembangbiakkan semut dalam sebuah toples. Tujuannya untuk menghasilkan telur yang biasa disebut kroto. Nantinya, kroto akan dijual ke pemasok.

Maulana memilih terjun ke dunia bisnis daripada bekerja di tempat orang lain. Membudidayakan semut menjadi pilihannya saat itu.

“Awalnya riset dulu. Ternyata, masyarakat membutuhkan kroto dalam jumlah banyak sehingga terpikir mengapa enggak coba saja budidaya kroto,” tutur lulusan Psikologi Universitas Indonesia ini.

Dengan modal Rp 3 juta, Maulana memulai usahanya sekitar satu setengah tahun yang lalu. Awalnya, ia hanya memiliki beberapa toples, sehingga hasilnya belum signifikan. Baru sekitar empat bulan kemudian, ia mulai meraup keuntungan. Hingga saat ini, setidaknya ada seribu toples semut miliknya.

Budidaya Semut
Budidaya Semut (Ilustrasi/Kompas TV)

Semut-semut peliharaannya menghasilkan banyak kroto yang siap dijual ke pemasok dengan harga jual Rp 200.000 per kilogram. Dengan masa panen kroto setiap dua puluh satu hari, omzet yang diterima Maulana setiap bulannya bisa mencapai Rp 200 juta.

Setiap usaha tentu memiliki kesulitan dan tantangan. Namun, dengan ketekunannya, Maulana mampu mengatasi permasalahan yang timbul.

“Budidaya kroto ini kan bisnisnya dengan makhluk hidup. Nah, banyak pengetahuan yang masih belum dipahami sehingga kita beradaptasi sama berinovasi sajalah,” tuturnya.

Menurut Maulana, budidaya semut masih memiiki prospek yang cerah, bahkan peluangnya sangat luas karena kebutuhan kroto di masyarakat cukup besar. (Sumber: Kompas.com)

Video Cara Ternak Semut Rangrang Penghasil Kroto


Demikianlah inspirasi bisnis Di Tangan Maulana Firza Mahesa, Semut Bisa Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah, semoga bermanfaat. Di sekitar tempat tinggal Anda, Anda bisa melihat, apa yang orang-orang butuhkan untuk Anda jadikan peluang bisnis.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015