Dasar dasar pemasaran

Dasar Dasar Pemasaran Beserta 4 Teknik dan Contohnya

Langkah awal utnuk menjadi seorang marketing professional ialah mengetahui dasar dasar pemasaran. Seperti yang kita semua sadari, peran seorang marketing dalam perusahaan dan bisnis merupakan salah satu peran yang sangat penting dan fatal.

Sebab marketinglah yang akan melakukan riset tentang bagaimana produk yang bisa diterima masyarakat, bagaimana kemasan produk yang disukai masyarakat, dan metode penjualan seperti apa yang paling mudah diterima masyarakat. Sehingga angka penjualan dalam bisnis bisa terus naik mencapai goals.

Baca juga: Pengertian Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya Pada Bisnis

Secara garis besar, dasar–dasar pemasaran bisa dibagi menjadi 3 bagian, yaitu teknik pemasaran, riset pemasaran, dan kuisioner strategi pemasaran. Nah, kita akan membahas pengertian serta beberapa contohnya dalam artikel berikut ini.

Teknik Pemasaran Produk

Ada 5 teknik pemasaran produk yang paling utama untuk bisnis anda yang wajib dilakukan. Di antaranya ialah :

Memproduksi Barang–Barang Yang Menarik dan Berkualitas

Langkah awal ketika anda ingin membuat bisnis tentunya ialah membuat produk yang menarik, inovatif, serta berkualitas. Apalagi bila bisnis anda masih baru. Tanpa adanya inovasi yang menarik, perkembangan bisnis anda akan kalah dengan bisnis pesaing.

Dengan memproduksi produk yang inovatif dan berkualitas, anda akan ikut membantu proses pemasaran bisnis tanpa perlu melakukan banyak teknik lain.

Sebab produk berkualitas merupakan kunci dari keberhasilan bisnis dan perusahaan anda.

Menentukan Lokasi Pemasaran Dengan Benar

Memilih lokasi pemasaran juga tidak bisa dilakukan secara asal. Sebagai contoh, ketika kita ingin memasang spanduk atau banner produk, kita harus menentukan tempat mana yang bisa menjangkau calon konsumen sebanyak–banyaknya.

Bila kita memiliki coffee shop, mungkin lokasi yang paling tepat ialah di tempat yang dilalui banyak anak muda atau mahasiswa. Atau jika kita memiliki usaha percetakan dan alat tulis, maka tempat yang paling tepat ialah di daerah yang dilalui banyak pelajar.

Untungnya, hal ini dipermudah dalam pemasaran modern dengan menggunakan sosial media. Sebab kita bisa langsung mengatur kata kunci apa saja yang kita inginkan untuk menjangkau calon konsumen yang potensial.

Manfaatkan Media Online

Dasar–dasar pemasaran yang berikutnya masih berhubungan dengan point sebelumnya, yaitu memanfaatkan media online sebagai salah satu media pemasaran. Sebab saat ini, marketing melalui media online bisa dibilang lebih efektif dibandingkan menggunakan media iklan lama seperti spanduk, banner, dan lain–lain.

Umumnya, media online yang digunakan untuk marketing ialah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Youtube, dan Google.

Selain itu, beberapa marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Lazada juga bisa menjadi media terbaik untuk melakukan pemasaran. Sebab membuka penjualan melalui marketplace online bisa meningkatkan penjualan anda dengan sangat pesat.

Kenali dan Ketahui Dengan Pasti Target Market Bisnis Anda

Dan teknik pemasaran produk yang terakhir dan paling penting ialah mengetahui dengan pasti siapa target pasar dari bisnis anda. Tentunya, akan lebih baik jika anda memfokuskan satu target pasar paling potensial, dibandingkan harus mengikuti semua pasar di Indonesia.

Dengan mengenali target market bisnis, anda juga bisa mengemas produk bisnis anda menjadi lebih menarik untuk target market.

Salah satu cara untuk mengetahui siapa target market anda ialah dengan melakukan riset pemasaran. Riset ini dilakukan oleh para marketing dengan beberapa cara. Mulai dari kuisioner, hingga turun langsung ke lapangan untuk melakukan riset.

Contoh Riset Pemasaran

Dasar dasar pemasaran - contoh riset pemasaran

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, salah satu cara untuk mengetahui dengan pasti siapa target pasar bisnis anda ialah dengan melakukan riset pamasaran. Riset pemasaran ini juga bisa dilakukan dengan 3 cara. Yaitu :

  • Riset Group
  • Survey
  • Kuisioner

Salah satu contoh sederhana melakukan riset pemasaran ialah seperti, ketika anda ingin membuka bisnis baru berupa warung pulsa, langkah pertama yang harus anda lakukan ialah meriset warung pulsa di sekitar anda untuk menentukan berapa harga yang cocok untuk produk pulsa anda.

Atau contoh lainnya ialah ketika anda ingin membuat inovasi baru dalam coffee shop, anda melakukan riset kepada para anak muda tentang kopi apa yang paling mereka sukai dan berapa rata–rata jumlah uang yang mereka habiskan untuk membeli kopi dalam sehari.

Riset seperti inilah yang menjadi dasar–dasar pemasaran untuk mengetahui siapa target markset anda dan apa yang mereka mau. Semakin target market anda dibuat nyaman, maka semakin sering pula mereka berbelanja di bisnis anda.

Contoh Kuesioner Strategi Pemasaran

Menggunakan kuisioner juga merupakan salah satu cara termudah dalam melakukan riset strategi pemasaran. Sebab tidak memakan waktu, bebas untuk siapa saja, dan biaya yang dibutuhkan relatif terjangkau.

Sehingga bisnis kecil atau UMKM sekalipun bisa melakukan kuisioner yang diberikan kepada para pelanggannya. Nah, berikut ini ada beberapa contoh kuisioner strategi pemasaran yang bisa anda lakukan.

Kuisioner Menu Baru dan Harga di Coffee Shop

  1. Berapa rata–rata anda menghabiskan uang untuk membeli kopi dalam sehari?
  2. Jenis kopi apa yang paling anda sukai?
  3. Apa anda lebih suka cara penyajian kopi yang hangat atau dingin?
  4. Bila ada 2 jenis kopi yang bisa dicampurkan, anda ingin jenis kopi apa dengan apa?
  5. Apakah anda lebih suka kopi yang manis atau pahit?

Survey Kepuasan Pelanggan

Isi kuisioner ini dengan jawaban 1 hingga 5 untuk menunjukan tingkat kepuasan anda.

  • Berapa tingkat kepuasan anda terhadap keramahan karyawan ketika melayani?
  • Berapa tingkat kepuasan anda terhadap desain menu?
  • Berapa tingkat kepuasan anda kepada kopi dan menu lain yang disajikan?
  • Berapa tingkat kepuasan anda terhadap kebersihan dan kenyamanan kafe?
  • Berapa tingkat kepuasan anda kepada cara penyajian menu?

Contoh Kasus Pemasaran

Dasar–dasar pemasaran yang berikutnya ialah mengetahui contoh kasus pemasaran yang paling sering dialami dan bagaimana cara mengatasinya. Nah berikuti ini ada beberapa contoh kasusnya.

Tidak Memiliki Izin usaha

Perizinan usaha di Indonesia memang masih dibilang sulit dan ribet. Namun hal ini menjadi salah satu aspek terpenting dalam bisnis kita.

Oleh karena itu, bila anda sudah memiliki bisnis yang mulai berkembang namun belum punya izin usaha, langkah pertama yang harus anda lakukan ialah mempelajari prosedur pembuatan perizinan usaha. Sehingga, nantinya anda sudah mengerti saat ingin membuat izin usaha.

Belum Memiliki Branding yang Kuat

Biasanya, bisnis–bisnis sampingan yang ternyata menjadi besar lah yang sering mengalami kasus tidak memiliki branding yang kuat.

Bila anda juga mengalami hal yang sama, sebaiknya anda memulai branding dengan desain logo dan nama brand saja. Kemudian, tempatkan logo dan nama brand tersebut di semua aspek seperti menu, stand atau toko.

Jadi demikianlah pembahasan mengenai dasar–dasar pemasaran beserta teknik dan contohnya. Sebaiknya, anda pelajari dasar–dasar teknik pemasaran ini sedini mungkin agar bisnis anda tidak mengalami kasus–kasus yang tidak diinginkan.

“Pelajari Prinsip Dasar Pemasaran Online Yang Akan Melejitkan Apapun Usaha atau Bisnis Yang Anda Pasarkan Secara Online!”

Seni Menjadi Pedagang Online

*