Contoh surat penawaran

Contoh Surat Penawaran Barang dan Harga

Surat penawaran pada umumnya sangat diperlukan dalam aktivitas bisnis, baik itu bisnis online atau offline. Maka dari itu, membuat surat penawaran yang baik sangat diperlukan agar kerja sama bisnis dapat berjalan dengan lancar dengan klien. Dari latar belakang tersebut, saya akan membagikan contoh surat penawaran yang dapat menarik klien untuk dapat bekerja sama dengan perusahaan Anda

So, untuk definis surat penawaran sendiri yaitu sebuah media dalam bentuk surat resmi untuk melakukan penawaran, baik itu penawaran jasa atau barang dalam berbagai aktivitas ekonomi.

Surat penawaran memang banyak dipakai dalam aktivitas perdagangan dan bisnis di dunia, pada umumnya yah surat ini dipakai untuk menawarkan suatu produk atau jasa hasil produksi dari produsen barang pada para pelaku bisnis lain, contoh kecilnya seperti jaringan minimarket.

Baca juga: Tips sukses bisnis online.

Saya yakin Anda semua belum 100% tahu apa itu surat penawaran dan bagaimana contoh surat penawaran yang baik. Maka dari itu, kita dapat mempelajari semua tentang surat penawaran secara rinci dalam artikel ini.

Apa Itu Surat Penawaran ?

Pengertian surat penawaran secara umum ialah surat yang ditulis dengan tujuan memperlihatkan kepada suatu perusahaan (perusahaan klien) untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan tersebut.

Biasanya surat ini akan dipakai oleh perusahaan sebagai penyaluran seperti halnya distributor. Mengenai bentuk dari surat penawaran ialah formal dan jelas dengan mencantumkan rincian barang serta harga yang sudah ditawarkan dan akan dijual kepada perusahaan terkait.

Secara garis besar dapat saya simpulkan surat penawaran ialah salah satu media untuk menawarkan barang, atau jasa ke perusahaan lain guna menjalin kerja sama.

Hal yang Perlu diperhatikan Dalam Penulisan Surat Penawaran

Anda perlu mengetahui bahwa di dalam surat penawaran terdapat beberapa poin yang perlu Anda teliti, yang nantinya akan dibuat, apa saja itu? Di bawah ini beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang surat penawaran, diantaranya :

  • Seorang penjual menulis surat penawaran yang nantinya akan diserahkan pada calon pembelinya. Pada umumnya dalam surat tersebut isinya  tentang informasi perusahaan penjual dan barang atau juga jasa yang diproduksi supaya calon pembeli mengetahui keunggulan dari apa yang mereka sediakan.
  • Mengenai tujuan utama dari surat penawaran tersebut untuk meyakinkan si calon pembeli supaya terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli dalam satu project.
  • Surat penawaran terbagi atas 3 bagian, yakni bagian pembuka, isi surat dan penutup. Dalam hal ini, Anda juga harus memperhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Isi Surat Penawaran

Dalam hal agar surat penawaran Anda lengkap dan lebih sempurna, maka Anda jangan sampai melewatkan beberapa poin penting berikut ini, diantaranya :

Nama Perusahaan Anda serta Usaha yang Dijalankan

Dalam hal ini, Anda harus menjelaskan fasilitas dan kelebihan dari perusahaan Anda, contohnya peralatan yang sudah canggih, SDM yang sangat bagus, dan beberapa hal lainnya.

Daftar Pengalaman Dalam Beberapa Proyek yang Pernah dibuat

Apabila Anda ingin melakukan penawaran pada perusahaan resmi, maka Anda juga harus melampirkan beberapa hal seperti : SIUP (surat izin perdagangan), TDR (daftar rekam jejak) dan NPWP (nomor pokok wajib pajak).

Cara Menulis Surat Penawaran

Bukan hal yang mudah untuk membuat contoh surat penawaran, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar tergolong sempurna. Ada 3 bagian penting yang harus Anda perhatikan saat membuat surat penawaran, diantaranya sebagai berikut:

Paragraf 1

Ini merupakan paragraf pertama dalam sebuah surat penawaran, di bawah ini merupakan beberapa hal yang ada dalam paragraf pertama surat penawaran.

  • Pemberitahuan menyangkut hasil produksi atau barang yang tersedia dalam perusahaan.
  • Erat berhubungan dengan adanya iklan yang dibaca dengan kelanjutan pembicaraan lain yang akan dijalankan.

Isi Surat

Secara keseluruahn isi surat mengandung dan menjelaskan beberapa informasi lengkap secara detail produk atau jasa yang ditawarkan, hal ini bertujuan untuk meyakinkan calon pembeli. Tapi Anda harus ingat harus sesuai fakta, jangan sampai membohongi calon pembeli.

Paragraf Penutup

Pada bagian penutup surat penawaran berisi sebuah ajakan atau imbauan agar orang yang membaca tertarik menjalin kerja sama yang saling menguntungkan kepada kedua pihak tersebut.

Contoh Surat Penawaran Barang

Berikut ini merupakan contoh surat penawaran, dalam hal ini contoh surat penawaran barang:

PT. Jaya Abadi

Ruko Mali, Jl. Mali No. 13

Surabaya Kota, Surabaya

3 April 2019

Nomor: 110/03/IV/2019

Perihal: Penawaran Barang

Kepada

Manager PT. Sentosa Jaya

Jl. Maliwangi No. 16

Singa Lapar

Dengan hormat,

Melalui surat ini, perkenalkan kami dari Perusahaan PT. Jaya Abadi yang bergerak di bidang distributor peralatan serta beberapa perlengkapan komputer.

Menurut informasi yang kami terima, PT. Sentosa Jaya adalah perusahaan property yang sedang berkembang pesat di Singa Lapar serta akan membuka beberapa unit pemasaran di beberapa Kota di Indonesia.

Berkenaan dengan hal tersebut, kami ingin menawarkan beberapa produk alat dan juga beberapa perlengkapan komputer terbaik yang tentunya dapat mendukung operasional PT. Sentosa. Kami telah melampirkan daftar produk komputer yang telah lengkap dengan daftar harganya pada lampiran surat penawaran ini.

Mungkin saja perusahaan Bapak membutuhkan produk dan layanan dari kami, mohon untuk menghubungi kami di nomor 0899992xxxx. Kami akan dengan senang hati membantu mengantarkan semua produk yang dibutuhkan dan melakukan instalasi langsung di tempat Bapak.

Sangat besar harapan kami untuk bisa menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan perusahaan Bapak ini. Kalau kami memang dibutuhkan, kami akan siap datang untuk memberikan presentasi lebih lanjut.

Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT. Jaya Abadi

 Agus Tri Nanda

Marketing Manager

Contoh Surat Penawaran Harga

Contoh surat penawaran harga

Nomor : Nomer dari perusahaan

Lampiran : Jika Anda

Hal : Perihal

Kepada Yth.

Toko Sukur Alhamdulliah

Di Jln. Mali No.7, Surabaya

Dengan hormat,

Kami dari PT Mujur Murni bermaksud untuk menawarkan barang kepada Anda, kami akan memberikan penawaran harga yang menarik dan paling murah. Berikut ini daftar harga yang kami tawarkan diantaranya :

Nama Barang Merek Harga (Rp)
TV LED 40 Inci Panasonic 4.500.000
Laptop 15 Inci Dell 6.00.000
DVD Player Samsung 3.200.000
AC LG 3.600.000

Mengenai metode pembayaran yang kami tawarkan yakni:

  • Anda dapat melakukan pembayaran cash, pada saat kami mengantar barang ke toko Anda.
  • Jika menggunakan kartu kredit, maka bisa via BCA atau Mandiri.
  • Jika menggunakan sistem cicilan selama 4 bulan, maka harus dengan DP 50%.

Demikian surat penawaran harga ini yang dapat kami sampaikan. Besar harapan dari kami untuk dapat bekerja sama. Atas perhatian Bapak, kami sampaikan terima kasih.

Demikian contoh surat penawaran yang dapat saya tulis, perlu Anda ketahui alamat dan nama perusahaan di atas tidak terkait dengan perusahaan manapun. Itu hanya sebuah contoh agar Anda benar-benar paham.

*