Contoh proposal usaha

Contoh Proposal Usaha: Pengertian, Tujuan, Unsur-Unsur, Manfaat, dan Tips Membuat Proposal usaha

Contoh proposal usaha merupakan salah satu bentuk proposal yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini berkaitan dengan keberadaan proposal tersebut yang tentunya akan dijadikan sebagai panutan untuk bahan pengajuan dalam bidang usaha yang akan dilakukan. Berbicara mengenai proposal, ada baiknya apabila sebelum memulai pembuatan untuk mengetahui apa yang disebut dengan proposal itu sendiri, berikut penjelasannya:

Proposal usaha

Proposal dikenal dari bahasa inggris “to propose” yang memiliki arti mengajukan, dari arti tersebut ditarik kesimpulan bahwa proposal merupakan bentuk pengajuan atau bahkan permohonan, baik itu dalam bentuk gagasan, ide, pemikiran atau pun rencana kerja yang tentunya ditujukan bagi pihak lainnya.

Pembuatan proposal ditujukan untuk mendapatkan beragam bentuk dukungan, baik itu dukungan dalam bentuk perizinan, kemudian persetujuan, hingga mendapatkan bantuan dana dan lainnya. Selain itu, proposal juga dapat diartikan sebagai bentuk tulisan atau penjabaran yang dibuat penulis untuk menjelaskan rencana kegiatan dengan tujuan tertentu yang kemudian akan diserahkan pada pihak pembaca atau bahkan pihak lainnya yang dikenal sebagai target.

Dari penjelasan di bagian atas tadi, maka proposal usaha dikenal sebagai bentuk pengajuan dalam tulisan yang di dalamnya berisi perencanaan serta pemaparan usaha, dimulai dari masalah pendanaan, kemudian keperluan perlengkapan, rencana penjualan, hingga perhitungan keuntungan yang tentunya bisa didapatkan dari rencana usaha itu sendiri.

Tujuan proposal usaha

Pembuatan proposal usaha tentunya berkaitan dengan tujuan utama yang dimilikinya, tujuan tersebut jelas berkaitan dengan perolehan bantuan dana, serta beragam bentuk dukungan lainnya, termasuk perizinan, dan juga sponsor yang dapat membantu berjalannya rencana usaha dengan lebih baik, karena itulah dalam pembuatannya sendiri, umumnya proposal tersebut mencantumkan beragam jenis ide atau rencana dari bisnis apa yang menguntungkan, baik bagi anda selaku pemilik usaha, serta mereka yang ikut berperan sebagai pemberi dukungan atau sponsor.

Unsur-unsur dalam proposal usaha

Berbicara mengenai proses pembuatan proposal usaha, berikut ini adalah beberapa unsur penting yang wajib untuk dimiliki proposal tersebut, diantaranya :

  1. Nama / judul kegiatan usaha
  2. Pendahuluan
  3. Tujuan
  4. Waktu serta tempat
  5. Sasaran kegiatan
  6. Susunan panitia
  7. Rencana anggaran
  8. Penutup (termasuk tanda tangan serta nama jelas)

Manfaat proposal usaha

Selain berkaitan dengan beragam bentuk dukungan yang bisa diperoleh dari pembuatan proposal usaha, jenis proposal ini juga memiliki beragam bentuk manfaat lainnya, Ingin tau apa saja? Berikut diantaranya :

  1. Proposal usaha dapat digunakan untuk membandingkan antara perkiraan dari rencana serta hasil akhir yang diperoleh
  2. Membantu para wirausahawan dalam mengembangkan serta menguji strategi yang digunakan dari sudut pandang diri pribadi dan pihak lainnya.
  3. Membantu wirausahawan untuk berpikir lebih kritis, serta objektif utamanya dalam bidang usaha yang akan dilakukannya
  4. Persaingan pada beragam faktor, termasuk faktor ekonomi, serta analisis finansial yang tentunya dapat masuk pada subjek proposal usaha sehingga mendekati asumsi yang cermat dan berkaitan dengan tingkat keberhasilan dari usaha yang hendak dilakukan tersebut.
  5. Jelasnya transparansi dana atau sumber keuangan yang akan diterima serta keuangan yang dikeluarkan
  6. Gambaran awal dari sejauh mana  kiranya kemampuan manajerial yang dimiliki oleh seseorang
  7. Digunakan untuk mengidentifikasi kemungkinan dari resiko kritis yang tentunya dapat mempermudah wirausaha untuk menentukan langkah antisipasi
  8. Memberikan informasi untuk potensi pasar, serta perkiraan market share yang lebih mudah untuk diraih
  9. Memberikan sumber finansial dengan jelas serta keberadaan dokumen ringkas yang di dalamnya telah mengandung informasi lengkap sebagai bahan evaluasi finansial.
  10. Memberikan gambaran mengenai kemampuan wirausaha dalam memenuhi kewajibannya sebagai pemilik usaha serta pemimpin usaha.

Tips membuat proposal usaha

Setelah mengetahui beragam hal yang berkaitan dengan proposal usaha, berikut ini adalah tips yang dapat diterapkan dalam cara membuat proposal.usaha yang baik dan benar, diantaranya :

Penulisan yang singkat dan jelas

Contoh proposal usaha simpel dan jelas
Tips membuat proposal usaha – contoh proposal usaha

Hal pertama yang seringkali dilakukan dalam menulis proposal usaha atau bisnis umumnya berkaitan dengan kecenderungan untuk menunjukkan keahlian yang anda miliki dalam bisnis yang hendak anda lakukan tersebut, seperti halnya penggunaan jargon.

Namun untuk menggunakan jargon itu sendiri ada baiknya apabila anda lakukan dengan penggunaan kata yang lebih singkat namun jelas pada tujuannya. Karena itulah tentukan hal yang ingin anda bahas, dan berikan penjelasan dengan bahasa terbaik.

Hal ini berkaitan dengan sudut pandang dari pihak pembaca yang wajib untuk anda perhatikan, yang mana mereka mungkin hanya memiliki sedikit pengetahuan saja tentang apa yang anda bahas atau bahkan tidak mengetahuinya sama sekali. Dengan kondisi demikian, tentunya anda pun wajib untuk membuat para pembaca merasa tertarik hingga membaca setiap detail bagiannya dengan teliti.

Karena itulah pastikan untuk memulai bagian awal dengan penjelasan yang singkat, sederhana, namun jelas dan logis, sehingga contoh proposal usaha yang anda miliki pun mudah untuk dimengerti

Berikan argument terbaik pada kendala yang muncul

Untuk proposal usaha terbaik umumnya hampir menyerupai brosur bisnis, namun lebih tersamarkan. Mengapa demikian? Karena di dalamnya tetap menjelaskan usaha yang anda miliki, serta langkah terbaik yang anda lakukan dalam memajukan usaha tersebut, sehingga membuat pembaca merasa tertarik untuk mengikutinya.

Dari penjelasan tersebut tentunya anda dapat melihat bahwa pada tips ini, diwajibkan untuk mengumpulkan beragam fakta terbaik serta argumen yang mampu mendukung usaha anda, seperti halnya pembuatan tema yang lebih kuat dan jelas. Selain itu pastikan pula untuk memperhatikan sudut pandang dari sisi pembaca agar anda lebih siap dalam mempresentasikan proposal yang anda miliki tersebut.

Menunjukkan kepribadian

Apabila anda hendak membuat proposal usaha makanan.maka pastikanlah untuk melakukan penyusunan dengan membiarkan kepribadian anda yang berkaitan dengan makanan masuk ke dalamnya.

Dengan cara yang satu ini tentunya pembaca dapat melihat siapa anda selaku wirausahawan yang hendak membuka usaha. Selain itu tularkan pula antusiasme dalam pembuatan proposal sehingga pihak pembaca pun akan semakin yakin pada proposal yang tengah anda ajukan itu sendiri.

Penggunaan gambar dengan cerdas

Gambar memang sangat dibutuhkan dalam pembuatan proposal, hal ini berkaitan dengan tujuan dari pembuatan proposal yang tidak membosankan. Namun untuk penggunaan gambar itu sendir, pastikanlah anda melakukannya dengan tidak berlebih.

Pasalnya gambar digunakan untuk menyampaikan gagasan atau ide sehingga membuat proposal menjadi lebih hidup dan menjadikan pembaca tertarik untuk mengikuti alurnya, seperti halnya pada contoh proposal usaha makanan yang tentunya menggunakan beragam gambar atau foto makanan yang berkaitan dengan usaha yang akan dilakukannya.

Penulisan yang tepat dan tidak terlalu menjual

Bagian paling akhir yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan adalah bentuk penulisan proposal yang tepat, dalam hal ini pastikanlah untuk tidak melakukan typo atau bahkan copy paste yang tentunya dapat membuat pembaca merasa bingung dan menjadi tak karuan dalam membaca proposal usaha anda tersebut.

Selain itu hindari pula penggunaan beragam kalimat hiperbola, pasalnya beberapa bentuk kalimat tersebut dapat menjadikan kredibilitas dari proposal usaha yang anda buat menghilang dengan mudahnya.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai tips membuat proposal usaha serta beragam penjelasan singkat dari pengertian, tujuan, unsur, hingga manfaat dalam contoh proposal usaha.

*