Contoh Proposal Usaha Makanan
Contoh Proposal Usaha Makanan

Contoh Proposal Usaha Makanan yang Paling Tepat 5/5 (1)

Posted on 7 views

Demi meningkatkan daya saing, ada kalanya anda perlu menggandeng rekan usaha. Oleh karena itu teknik pembuatan proposal patut untuk anda pelajari juga. Jika anda bergerak di bidang kuliner berikut ini adalah Contoh Proposal Usaha Makanan yang benar.

Contoh Proposal Usaha Makanan

Utarakan konsep bisnis

Langkah paling awal, dan merupakan titik awal yang paling krusial dalam contoh proposal usaha makanan yang baik ialah memiliki uraian lengkap mengenai konsep bisnis. Namun sebelum ini, pastikan sudah memberikan judul proposal. Judul proposal bisa menggunakan nama bisnis anda, misal “Roti Bakar Super Enak”. Uraikan konsep bisnis usaha makanan yang akan anda buat, dan sampaikan apakah keunikan dari produk yang ingin anda jual. Deskripsikan produk anda sejelas mungkin, dan semenarik mungkin sesuai dengan kondisi produk yang apa adanya. Jangan pernah melebih-lebihkan.

Strategi bisnis dan pesaing

Kedua anda perlu uraikan strategi apa saja yang akan digunakan demi mendukung keberhasilan sebuah bisnis. Strategi yang anda paparkan haruslah menyangkut strategi produksi, strategi pemasaran, penentuan target pasar, dan strategi penentuan harga hingga diskon-diskon yang mungkin menarik bagi konsumen anda. Kesalahan umum dalam pembuatan proposal usaha makanan ialah dalam hal menentukan target pasar. Jangan sampai anda gunakan target pasar semua kalangan, karena ini sangat menunjukkan bahwa bisnis anda sangat tidak penuh persiapan. Bisnis sebesar apa pun tidak akan bisa menjangkau semua target pasar. Jadi tentukan target pasar anda, misal; mahasiswa, anak-anak, guru, atau lain-lainnya. Tentunya jangan lupa pula untuk anda jelaskan mengapa anda memilih target pasar itu.

Contoh Proposal Usaha Makanan yang baik selanjutnya ialah wajib untuk memetakan kekuatan para pesaing. Karena semurni atau sebaik apapun ide yang anda ungkapkan, pasti ada pesaingnya di luar sana. Paparkan pula siapa saja kira-kira yang akan menjadi pesaing bisnis makanan anda. Selanjutnya paparkan pula strategi-strategi untuk dapat bertahan di tengah persaingan selain strategi bisnis yang sudah disampaikan sebelumnya. Pastikan anda benar-benar mengenal peta kekuatan persaingan demi memperlancar proposal usaha makanan anda.

Pelajari juga: Cara Membuat Proposal Usaha Makanan.

Rencana keuangan

Rencana keuangan - Contoh Proposal Usaha Makanan

Perencanaan keuangan sangatlah krusial dalam sebuah bisnis. Pastikan anda dapat memaparkan secara rinci modal usaha yang dibutuhkan hingga laba bersihnya dengan detail. Paparkan pula sistem pembagian hasil usaha kepada calon rekan usaha anda agar lebih menarik. Agar tidak terlihat idealistis, paparkan pula risiko-risiko keuangan yang mungkin muncul dalam bisnis makanan anda. Buatlah perhitungan secara rinci berapa batas kemungkinan kerugian yang terbesar yang sudah diperhitungkan jika memang terjadi kemungkinan terburuk.

Pengembangan berkelanjutan

Terakhir paparkan pula visi jangka panjang dari usaha makanan yang anda buat. Buatlah semenarik, dan semasuk akal mungkin. Contohnya dalam jangka panjang usaha makanan tersebut akan menjadi sistem franchise, atau lain-lainnya.

Itulah Contoh Proposal Usaha Makanan yang baik dan benar. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015