Contoh Proposal Singkat
Contoh Proposal Singkat

Contoh Proposal Singkat Padat Jelas dan Menarik 5/5 (1)

Posted on 12 views

Proposal merupakan sebuah sarana yang bisa anda gunakan untuk memperlancar proses permohonan anda. Permohonan bisa bermacam-macam, mulai dana keperluan tertentu, rencana usaha, dan lain-lain. Berikut ini merupakan Contoh Proposal Singkat padat, jelas, dan menarik.

Contoh Proposal Singkat Padat Jelas dan Menarik

Tentukan judul

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah menentukan judul yang sesuai dengan proposal anda terkait akan hal apa. Tentukan judul yang menarik dan tidak berbelit-belit. Agar lebih mudah, anda wajib menentukan tema terlebih dahulu, baru selanjutnya judul. Misal tema tentang “pendirian usaha”, maka anda bisa menggunakan judul; Proposal Pendirian Usaha PT Buka Tutup. Silahkan anda kreasikan sendiri judul yang menurut anda menarik.

Tentukan latar belakangnya

Penentuan latar belakang sangatlah penting, karena ini nanti akan menjadi acuan utama untuk tahap-tahap selanjutnya. Pastikan latar belakang ini sesuai dengan judul proposal. Ambil saja contoh proposal usaha, maka anda harus memastikan latar belakang pendirian usaha tersebut harus relevan dengan keadaan saat ini. Pastikan pula anda sudah mempunyai data survei yang memang masuk akal dan dapat dipercaya.

Dalam latar belakang yang baik, anda harus mampu memaparkan masalah atau fenomena apa yang terjadi belakangan ini. Jika sudah ditemukan, maka kini paparkan langkah-langkah apa saja yang bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. Sampaikan solusi-solusi yang memang kira-kira bisa mengatasi masalah yang ada. Pastikan hal-hal ini tercantum dalam rumusan masalah.

Baca juga: Contoh Proposal Usaha Makanan yang Paling Tepat.

Deskripsi kegiatan

Contoh Proposal Singkat - deskripsi kegiatan

Pada tahap selanjutnya anda wajib menguraikan teori-teori yang masuk akal. Selain teori-teori anda juga wajib memaparkan hal-hal apa saja yang terkait latar belakang anda. Istilah lainnya adalah penjabaran latar belakang. Jika di latar belakang anda mengungkapkan secara umum, kini ungkapkanlah latar belakang anda secara khusus, dan detail. Sebagai Contoh Proposal Singkat, mari kita ambil contoh proposal usaha singkong keju. Anda wajib memaparkan secara rinci apakah itu singkong, apa kelebihannya, apakah keju itu, dan lain-lainnya. Jelaskan pula proses-proses pembuatan singkong keju tersebut. Akan lebih baik pula jika anda mampu memaparkan proses untuk mendapatkan bahan bakunya hingga olahan lainnya yang dibuat dari bahan singkong termasuk perhitungan modal dan labanya.

Tutup dengan kesimpulan

Bagian terakhir untuk melengkapi proposal, maka anda harus menutup dengan kesimpulan. Kesimpulan adalah inti dari semua yang telah anda sampaikan sebelumnya. Kesimpulan bukan hanya sekedar solusi atau masukan, melainkan bisa juga melontarkan permohonan yang sesungguhnya secara lebih gamblang. Kesimpulan yang baik haruslah benar-benar konten yang fresh dan bukan merupakan pengulangan dari bagian-bagian sebelumnya. Kesimpulan harus benar-benar merupakan opini atau permohonan anda sendiri.

Itulah sedikit Contoh Proposal Singkat yang bisa anda gunakan sebagai referensi. Anda bisa menambahkan hal-hal yang lainnya yang menurut anda memang perlu dicantumkan. Dengan menggunakan kerangka di atas, anda bisa memodifikasi proposal tersebut untuk tujuan pencairan dana, persetujuan kegiatan hingga proposal pendirian usaha.

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015