Contoh proposal bisnis plan

Contoh Proposal Usaha yang Memenuhi Persyaratan

Contoh proposal usaha / Contoh proposal bisnis plan – Anda mungkin sudah familiar dengan apa yang dimaksud proposal usaha. Ini adalah jenis proposal yang dibuat langsung oleh wirausahawan yang bersangkutan yang ingin mengembangkan usaha tertentu. Jenis proposal ini sebaiknya bukanlah hasil copy paste tanpa pertimbangan yang matang.

Proposal ini di dalamnya mengandung tujuan yang jelas dan strategi apa yang akan digunakan. Semakin logis dan konkrit proposal usaha yang Anda buat, semakin besar pula kesempatan Anda untuk meraih hati investor sehingga bisnis yang Anda harapkanpun berjalan dengan baik. Contoh proposal bisnis plan yang baik di dalamnya harus mengandung beberapa persyaratan sebagai berikut:

Contoh proposal bisnis plan yang baik

Jelas

Adapun maksud kata jelas disini tidak hanya dari segi kebahasaan atau cara penulisannya saja. Akan tetapi, Anda selaku penyusun proposal diharapkan untuk memaparkan kegiatan atau bisnis yang Anda lakukan dengan jelas yang meliputi:

  • Apa bidang usaha yang akan ditekuni;
  • Bagaimana status kepemilikannya;
  • Bagaimana bentuk kerjasama yang ditawarkan;
  • Bagaimana rincian tenaga kerjanya;
  • Bagaimana status izin badan usahanya;
  • Siapa kompetitor-nya dan apa yang harus dilakukan untuk menghadapi kompetitor tersebut;
  • Serta apa saja bahan baku yang harus disiapkan.

Baca juga: Tips Mendapatkan Pekerjaan di Depok.

Singkat

Dunia bisnis selalu mengikuti perkembangan. Pebisnis mencoba menyediakan apa yang dibutuhkan pasar dengan penuh pertimbangan.  Dalam menulis proposal bisnis, kebenaran dan kejelasan kaidah kebahasaan sangat diperlukan. Proposal yang ideal, yang singkat dan tepat sasaran serta tidak bertele-tele sangat diperlukan dalam menentukan goal atau tidaknya proposal tersebut di meja para investor. Perhatian kaidah kebahasaan yang digunakan tanpa mengurangi segi kelengkapan dan kejelasan proposal. Buat proposal dengan bahasa yang singkat dan padat sehingga apa yang ingin Anda sampaikan tertuang semua dalam proposal itu dengan bahasa yang tidak ambigu.

Lengkap

Contoh proposal bisnis plan yang baik

Proposal yang ideal adalah yang dibuat secara lengkap. Yang dimaksud lengkap disini adalah mengandung data pendukung yang lengkap, seperti dimana lokasi kompetitor, berapa banyak pesaing yang ada pada area yang sama, dan apa kelebihan pesaing tersebut. Usahakan untuk menyertakan data tersebut selengkap-lengkapnya dan tidak menutupinya. Jika tidak, contoh proposal bisnis plan yang Anda ajukan itu akan menjadi boomerang di lain waktu.

Benar

Kebenaran proposal merupakan persyaratan yang penting. Proposal yang benar ialah yang di dalamnya mengandung informasi pendukung yang benar tanpa adanya kebohongan. Mungkin ada informasi yang sedikit kurang menguntungkan. Namun menyampaikan informasi itu dengan sebenar-benarnya adalah sesuatu yang baik dan diharuskan agar Anda tidak mengalami masalah dengan investor di kemudian hari. Satu ketika, ketidakbenaran fakta yang disembunyikan itu akan ketahuan juga. Contoh proposal bisnis plan yang baik harus memenuhi persyaratan di atas. Perhatikan apakah poin-poin di atas terpenuhi dalam proposal Anda.

*