Cina Berinvestasi $ 60 Triliun Kepada Afrika
Cina Berinvestasi $ 60 Triliun Kepada Afrika (Ilustrasi/pixabay)

Cina Berinvestasi $ 60 Triliun Kepada Afrika

71 views

Cina melakukan kerjasama dengan Afrika dan memberikan dana bantuan berupa $ 60 triliun dan tenaga ahli. Kerjasama diadakan saat konferensi tingkat tinggi Cina-Afrika yang digelar di Johanesburg pada hari Jum’at lalu tanggal 4 Desember 2015. Presiden Xi Jinping mengumumkan telah berinvestasi sebesar $ 60 triliun terutama untuk mengatasi 3 masalah utama yang dihadapi Afrika seperti pengembangan infrastruktur, talenta, dan dana. Untuk menyelesaikan masalah – masalah yang ada di Afrika, Cina telah menyiapkan 10 strategi guna membantu perkembangan Afrika. Kesepuluh strategi yang dimaksud meliputi berbagai bidang seperti industrialisasi, pertanian modern, infrastruktur, pengentasan kemiskinan, dan pengembangan sumber daya manusia. Pada program pengentasan kemiskinan, Cina telah merencanakan akan mengadakan 200 proyek pengentasan kemiskinan terutama untuk warga di pedesaan Afrika. Selain itu akan dibangun sebuah pusat kontrol penyakit untuk orang Afrika, juga termasuk perbaikan rumah sakit lokal, dan mendirikan 5 transportasi untuk universitas-universitas di Afrika. Presiden Xi berkata :” Strategi-strategi tersebut akan membuat Afrika menjadi lebih maju, pengembangan infrastruktur yang pesat, memperbaiki sumber daya manusia, dan mengatasi kekurangan dana di Afrika”.

Cina Berinvestasi $ 60 Triliun Kepada Afrika
Cina Berinvestasi $ 60 Triliun Kepada Afrika (Ilustrasi/pixabay)

Pada bidang pendidikan, Cina menyiapkan dana hibah yang termasuk ke dalam $ 60 triliun yang telah diberikan oleh Cina kepada Afrika. Pendanaan ini akan disalurkan melalui sekolah – sekolah kejuruan, beasiswa, dan program pertukaran pelajar dengan sekolah di Cina. Hal ini merupakan sebuah kesempatan luar biasa bagi Afrika untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan sumber daya manusianya. Mereka menyadari bahwa Cina termasuk salah satu negara adidaya yang memiliki sumber daya manusia berkualitas.

Tentunya Cina juga berharap adanya timbal balik dari Afrika seperti pemberian ijin yang menguntungkan untuk mengelola sumber daya alam di Afrika dan mempermudah proses ekspor dari Cina ke Afrika. Baik Cina dan Afrika sama – sama beranggapan bahwa perjanjian kerjasama ini merupakan suatu langkah win-win solution, dimana kedua belah pihak sama- sama memperoleh keuntungan. Beberapa presiden seperti Presiden Afrika Selatan Jacon Zuma, Presiden Nigerian Muhammadu Buhari, Presiden Kenya Uhuru Kenyatta memberikan sambutan hangat terhadap penjalinan kerjasama ini.

Sebenarnya konferensi ini bukanlah hal yang pertama kali bagi Cina maupun Afrika. Konferensi ini pernah berlangsung 3 tahun yang lalu yaitu di tahun 2012. Pada tahun 2012, Cina memberikan dana sebesar $20 triliun untuk membenahi berbagai bidang di Afrika. Sedangkan dana yang diberikan Cina di tahun 2015 adalah sebesar $ 60 triliun, sehingga terlihat adanya penaikan dana sebanyak 3 kali lipat. Hal tersebut merupakan bentuk terima kasih Cina kepada Afrika sebagai partner perdagangan terbesar sampai sejauh ini. Selain itu kerjasama perdagangan Cina – Afrika juga sudah dilakukan 15 tahun yang lalu dan telah terbukti meningkat perdagangan sebesar 22 kali, dan investasi non-finansial Cina telah mengalami lonjakan naik sebesar 60 kali lipat.

data-ad-format="link">

Novia Nur FS
Kontributor Info Ide Bisnis Yogyakarta