Cara mengelola uang saat berwisata ke luar negeri
Cara mengelola uang saat berwisata ke luar negeri (ilustrasi/pixabay)

Cara Tepat Mengelola Uang Anda saat sedang Berwisata ke Luar Negeri

55 views

Cara Tepat Mengelola Uang Anda saat sedang Berwisata ke Luar Negeri – Bicara soal uang, sudah pasti uang adalah salah satu topik terpenting dan paling popular yang selalu dibicarakan khususnya untuk para traveler di dunia. Karena uang adalah bagian terpenting dalam melakukan sebuah perjalanan jauh khususnya bagi mereka yang sedang berwisata ke luar negeri. Untuk itulah mengelola uang itu penting sekali dan wajib hukumnya!

Bila anda tidak bisa mengelola uang yang anda miliki, sudah pasti anda nanti hanya akan membuang – buang uang anda saja! maka dari itulah salah satu cara paling baik untuk mengelola uang anda saat anda sedang berwisata ke luar negeri adalah, pahami dulu seputar biaya saat melakukan sebuah penarikan.

Bila anda sudah memahami hal tersebut, maka selanjutnya anda harus segera mencari tahu seputar kartu apa yang paling baik digunakan untuk menarik uang, misalnya kartu debet. Setelah anda tahu kartu apa yang harus anda gunakan, maka jangan lupa untuk mengombinasikan hal tersebut bersama dengan uang tunai. Karena uang tunai inilah yang nantinya anda gunakan untuk berbelanja di saat anda sedang berwisata.

Cara mengelola uang saat berwisata ke luar negeri
Cara mengelola uang saat berwisata ke luar negeri (ilustrasi/pixabay)

Pastikan bahwa kartu yang anda pilih memiliki sebuah biaya penarikan yang paling rendah. Sehingga anda bisa menghemat uang anda lebih banyak lagi. Dan berikut ini adalah sebuah pertimbangan bila anda sedang berwisata ke luar negeri yang berkaitan dengan uang yang digunakan, antara lain:

Biaya komisi

Biaya komisi ini bisa dilihat dari sebuah biaya dan juga persentase yang dikenakan dalam sebuah perjalanan yang mana biaya tersebut biasanya berkaitan dengan harga tetap. Dan cek pelawat pada umumnya biasanya akan dikenakan biaya sebesar 1-3% itu bila anda beruntung. Karena kadang kala biayanya bisa mencapai  5-6% bila anda membelinya dari negara asal anda.

Dan kadang kala biaya itupun tidak berhenti sampai disitu saja. kadang anda juga akan dikenakan biaya tambahan lagi sebesar 1-2% saat anda hendak melakukan penukaran uang ke dalam mata uang asing yang anda tuju. Meskipun kadang ada pula yang tidak memberikan biaya namun biasanya mereka akan memberikan nilai tukar yang lebih rendah. Karena memang sebenarnya tetap saja ada biayanya namun disembunyikan oleh pihak yang bersangkutan untuk menarik pelanggan.

Nilai tukar

Terkadang anda harus tahu bahwa mata uang dalam sebuah negara itu kadang kala bisa bernilai tinggi dan lebih berharga. Dan karena inilah tidak heran bila kadang kala nilai tukar mata uang bisa bervariasi. Misalnya bila anda ingin berwisata ke Asia tenggara, maka belilah sebuah mata uang asing di Asia saja.

Karena dulu di tahun 2007 salah satu bank di Australia pernah menawarkan sebuah mata uang baht Thailand dengan nilai jugal di tingkat 27,9812. Sementara di bank Thailand yang juga sama – sama terkenalnya, mereka justru mampu membeli sebuah uang dollar Australia dengan nilai 30,61875. Otomatis bila anda ingin menukarkan uang anda sebesar A $1.000 maka tentu saja perbedaannya akan nampak besar sekali dari 27.981 baht vs 30.618 – bahkan bisa hampir sebanyak A $100.

Dan bisa dibilang bahwa yang namanya jual beli dalam valuta asing itu sebenarnya tidak jauh dari yang namanya permainan saja. itu bila anda menggunakan sebuah kartu debit dan kartu kredit yang ada di luar negeri. Karena biasanya mereka akan memberikan sebuah konversi mata uang berdasarkan pada tingkat antar bank yang bersangkutan, sehingga kadang kala akan dikenakan transaksi hingga 3%

Suku bunga

Kemudian bicara soal suku bunga, biasanya bila anda ingin meminjam uang tunai atau berbelanja dengan menggunakan kartu kredit, maka anda akan dikenakan biaya transaksi. Maka dari itulah bila anda tidak ingin membayar bunga tersebut, maka isilah kartu kredit anda dengan dana yang lebih sebelum anda berwisata ke luar negeri. Dan pastikan pula untuk memperhatikan beberapa ketentuan dan persayaratan yang ada. Karena biasanya ada sebuah persyaratan yang tersembunyi yang membuat anda mendapatkan pajak bunga di saat anda sedang menarik uang.

Biaya transaksi

Khusus untuk biaya transaksi ini biasanya memang sedikit kecil tapi kadang juga memberatkan. Karena biayanya biasanya sebesar $2-5 per transaksi. Dan bila dihitung – hitung, hal ini pasti akan makin besar bila anda sering kali melakukan transaksi uang.

Yang pasti untuk menghindari masalah yang disebabkan karena anda mendapatkan uang kembalian saat anda melakukan transaksi pembelian barang atau makanan, maka pecahkanlah dulu uang yang anda miliki. Karena biasanya uang kembalian bisa menjadi masalah bila anda belum hafal dengan mata uang yang digunakan. Dan bila anda ingin bepergian maka bawalah barang yang diperlukan saja. semuanya tinggalkan di brankas kamar. Ini jauh lebih aman dibandingkan anda membawa semua barang yang anda miliki.

Itulah beberapa cara paling tepat untuk mengelola uang anda saat sedang melakukan kunjungan wisata luar negeri. Semoga cukup bermanfaat dan selamat mencoba!

data-ad-format="link">