Cara optimasi seo onpage
Cara optimasi seo onpage

Cara optimasi seo onpage 2018 5/5 (1)

27 views

Mungkin banyak diantara kita yang belum memahami apa itu SEO onpage. Seo onpage tidak hanya berbicara mengenai meta tag dan penggunaan kata kunci. Berikut ini Cara optimasi seo onpage yang akan mendatangkan lebih banyak trafik dari mesin pencari dari setiap konten yang Anda publikasikan:

Cara optimasi seo onpage 2018

  • Gunakan URL yang SEO-Friendly

Google telah menyatakan bahwa 3-5 kata pertama pada URL diberi bobot lebih besar. Dan URL pendek mungkin memiliki kelebihan dalam hasil pencarian.

Jadi disarankan membuat URL yang singkat dan cantik. Dan selalu sertakan kata kunci target pada URL tersebut.

Dengan kata lain:

Hindari URL jelek seperti: www.infoidebisnis.com/p=678
Atau URL panjang seperti: www.infoidebisnis.com/16/5/18/cat=bisnis-online/cara-optimasi-seo-onpage-2018

  • Awali Judul Dengan Kata Kunci

Tag judul merupakan faktor SEO onpage yang paling penting. Secara umum, semakin dekat kata kunci ke awal judul, semakin besar bobotnya dengan mesin pencari.

  • Tambahkan Pengubah Ke Dalam Judul.

Menggunakan pengubah seperti “2018”, “terbaik”, “panduan”, “daftar” dan “ulasan” dapat membantu memberi peringkat untuk target Long tail keyword.

  • Gunakan tag H1 untuk Judul Posting Blog.

Tag H1 merupakan “tag judul”. Kebanyakan CMS (seperti WordPress) secara otomatis menambahkan tag H1 untuk judul posting blog.

  • Lengkapi dengan Multimedia

Menambahkan gambar, video, dan diagram dapat mengurangi bounce rate dan menambah waktu kunjungan di situs yang merupakan dua faktor penting peringkat interaksi pengguna.

  • Gunakan Tag H2 untuk sub heading

Sertakan kata kunci target setidaknya sekali dalam sub heading menggunakan H2.

  • Masukkan Kata Kunci pada 100 Kata Pertama

Kata kunci harus muncul dalam 100-150 kata pertama dalam artikel.

  • Gunakan Desain Responsif

Google mulai menghukum situs yang tidak mobile friendly sejak tahun 2015. Dan kemungkinan besar situs tersebut akan semakin merosot di masa yang akan datang. Jika Anda ingin menjadikan situs Anda mobile friendly, gunakan Desain Responsif.

  • Gunakan Link Keluar

Ini merupakan strategi white hat SEO yang mudah untuk mendapatkan lebih banyak visitor. Link keluar ke halaman terkait membantu Google mencari tahu topik artikel Anda. Ini juga menunjukkan kepada Google bahwa artikel Anda adalah pusat informasi yang berkualitas.

  • Gunakan Internal Link

Gunakan 2-3 internal link di setiap postingan.

  • Tingkatkan Kecepatan Situs

Google telah menyatakan bahwa kecepatan loading website merupakan sinyal peringkat SEO. Anda dapat meningkatkan kecepatan situs Anda dengan menggunakan CDN, mengompresi gambar, dan beralih ke hosting yang lebih baik. Pastikan situs Anda tidak lebih dari 4 detik untuk dimuat: Sekitar 75% pengguna tidak akan mengunjungi kembali situs yang membutuhkan waktu lebih lama dari 4 detik untuk dimuat.

Anda dapat dengan mudah memeriksa kecepatan loading situs Anda menggunakan GTMetrix.com:

Cara optimasi seo onpage 2018 1

 

  • Sisipkan Kata Kunci LSI

Kata kunci LSI merupakan sinonim yang digunakan Google untuk menentukan relevansi halaman. Sisipkan LSI keyword dalam setiap postingan.

  • Optimasi Gambar

Pastikan setidaknya satu nama file gambar termasuk dalam kata kunci target Anda (misalnya, cara-optimasi-seo-onpage.jpg) dan kata kunci target pada bagian alt text gambar.

  • Gunakan Tombol Berbagi Sosial

Sinyal sosial mungkin tidak memainkan peran langsung dalam peringkat situs. Namun tombol berbagi sosial yang menonjol dapat meningkatkan share ke media sosial hingga 700%.

  • Posting Konten Yang Panjang

Konten yang lebih panjang cenderung mendapatkan peringkat lebih tinggi secara signifikan pada halaman pertama Google. Buatlah sedikitnya 1900 kata untuk setiap konten yang Anda publikasikan.

  • Tingkatkan Dwell Time

Jika seseorang menekan tombol kembali segera setelah mendarat di halaman, itu akan memberitahu Google bahwa halaman tersebut berkualitas rendah. Itu sebabnya Google menggunakan “waktu tunggu” untuk mengukur kualitas konten. Tingkatkan waktu tinggal rata-rata dengan menulis konten yang panjang dan menarik yang membuat orang terus membacanya.

Berikut ini beberapa faktor SEO onpage yang penting yang perlu dipertimbangkan:

Konten Berkualitas: Meskipun mesin pencari tidak mempunyai cara langsung untuk menentukan kualitas sebuah konten, namun mereka memiliki banyak metode tidak langsung, seperti:

  • Pengunjung yang datang kembali
  • Bookmark di Chrome
  • Lama Waktu berkunjung
  • Pencarian Google untuk merek Anda

Mendorong Komentar di Blog: Situs yang mempunyai banyak komentar berkualitas tinggi kemungkinan mendapatkan sedikit keunggulan dalam hasil pencarian Google. Itulah mengapa cukup bijak untuk mendorong orang berkomentar di postingan blog.

Maksimalkan RKT Organik: Google menggunakan CTR organik sebagai sinyal peringkat. Rumusnya ialah (Lebih banyak klik = lebih banyak traffic)

Interaksi pengguna:

Google RankBrain mengukur bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten Anda (Misalnya, RankBrain sangat memperhatikan CTR dan Dwell Time). Tujuan akhir RankBrain ialah untuk menentukan apakah pengguna puas dengan konten Anda. Dengan kata lain, apakah konten Anda cocok dengan apa yang pengguna cari? Jika tidak, maka akan sangat sulit untuk mendapatkan peringkat (meskipun artikel Anda dioptimalkan dengan kata kunci). Tetapi jika Anda membuat artikel yang membuat pengguna merasa puas, maka Google akan menaikkan peringkat konten Anda di mesin pencari.

Demikianlah Cara optimasi seo onpage 2018, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Gallery for Cara optimasi seo onpage 2018

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015