Cara Mengisi e-SPT Tahunan Orang Pribadi dengan 9 Langkah 1

Cara Mengisi e-SPT Tahunan Orang Pribadi dengan 9 Langkah

Artikel ini saya buat semata-mata untuk mengingat kembali jika ingin membuat laporan SPT Tahunan sebagai orang pribadi yang memiliki pekerjaan bebas. Soalnya ini satu tahun sekali jadi suka lupa.

Bagi Anda yang memiliki penghasilan dari pekerjaan bebas, seperti dokter, akuntan, pedagang, dan lain-lain, maka Anda harus melaporkan SPT tahunan PPh Anda (SPT Tahunan PPH Orang Pribadi dengan menggunakan formulir 1770.

Sekarang penyampaian SPT Tahunan tidak lagi merepotkan dengan menulis di kertas, dan membawanya ke kantor KPP untuk diperiksa. Anda bisa menggunakan aplikasi e-SPT, dalam hal ini yang saya gunakan ialah e-SPT 1770, agar bisa dilaporkan secara online.

Langkah-langkah cara mengisi e-SPT Tahunan Orang Pribadi

Menginstal aplikasi e-SPT

Langkah pertama sebelum mengisi e-SPT tentunya dengan menginstal aplikasi tersebut. Aplikasi ini terdiri dari installer dan patch.

Sayangnya pada saat artikel ini ditulis, link download tidak berfungsi dengan baik.

Sebagai alternatif, Anda bisa ke kantor pajak untuk diinstalkan dengan gratis.

Koneksi database

Setelah aplikasi teristal, maka Anda bisa meluncurkan aplikasi tersebut. Silahkan klik menu, dan klik koneksi database.

Koneksi database - Cara Mengisi e-SPT Tahunan Orang Pribadi

Login

Setelah mengklik datatabase yang tersedia, maka anda akan diminta untuk login.

Anda bisa login menggunakan username: Administrator, dan password: 123

Password ini nantinya bisa Anda ubah di bagian Utility -> Setting -> Ubah Password

Mengisi profil wajib pajak

Membuat SPT Baru

Mengisi SPT

Setelah SPT terbentuk, silahkan mengisi lampiran-lampirannya, sama seperti mengisi SPT biasa menggunakan formulir kertas.

Setting PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak)

Setting PTKP melalui menu Utility -> Setting -> PTKP.

Edit dulu tanggal akhir berlaku PTKP lama, kemudian tambahkan PTKP baru.

Rekam Surat Setoran Pajak

Jika Ada PPH Pasal 29 (kode: 411125-200), maka rekam pada menu lapor SPT -> Rekam surat setoran pajak.

Baca juga: Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran Pajak

Lapor SPT

Kalau Anda ingin melaporkan SPT Anda ke kantor pajak, maka cetak halaman induk, kemudian buat file CSV.

Namun jika Anda ingin melaporkannya secara online, tinggal buat file CSV, dan scan SSP PPH Pasal 29, kemudian upload di akun pajak Anda di website DJP (Direktorat Jenderal pajak).

Perlu diperhatikan bahwa file CSV yang terbentuk jangan dibuka, direname, dll supaya tidak error.

Dan lampiran sebaiknya dalam bentuk PDF.

Baca juga: Cara bayara pajak lewat billing system

Demikianlah langkah-langkah singkat Cara Mengisi e-SPT Tahunan Orang Pribadi, semoga bermanfaat terutama bagi saya pribadi, dan rekan-rekan yang belum paham cara mengisi e-SPT

Bantu kami di tengah-tengah wabah COVID-19 untuk tetap bisa menyajikan informasi bisnis yang bermanfaat dengan memberikan donasi seikhlasnya agar bisa tetap bertahan di tengah krisis ini. Donasi Anda dapat dikirimkan lewat .

Sidat Pangkal Kaya

Pernah Dengar Tentang Ikan Sidat?

JIKA Anda mencari di Google kata kunci “ikan sidat kaya” (tanpa tanda petik) maka Anda akan menemukan begitu banyak berita tentang orang Indonesia menjadi kaya mendadak dari ikan asli Indonesia ini dengan cara yang begitu mudah.

Tutorial ini hanya akan mengajarkan dasar-dasar, cara-cara terbaik dan terbaru, serta teknik-teknik dan tips-tips jitu yang dibutuhkan oleh seorang pemula sebagai pangkal atau bekal untuk terjun dalam budidaya dan bisnis ikan super bergizi ini.

Jika Anda tidak untung setelah menerapkan semua tips, trik, contoh-contoh dan langkah-langkah dalam tutorial ini, uang Anda saya kembalikan 3X lipatnya!

MENGAPA saya begitu yakin? Sebahagian besar orang-orang yang sukses di bisnis ini bukanlah orang-orang yang sejak awal berbisnis di bidang perikanan. Kebanyakan mereka datang dari bidang lain: penjual pulsa, penari, wartawan, pebisnis tambang, dokter, programer, arsitek, ahli IT, tukang servis komputer, pemilik restoran, pemilik toko online, pilot, dan sebagainya.

*