Cara membuat proposal
Cara membuat proposal

Cara Membuat Proposal Event Yang Baik 5/5 (1)

Posted on 14 views

Cara Membuat Proposal Event Yang Baik – Proposal sering diartikan sebagai tulisan yang mengandung visi dan misi dan nantinya akan diberikan kepada seseorang atau kelompok untuk dibaca dan dipahami agar nantinya tercipta visi dan misi yang sama dari penulis atau pembuat proposal dengan seseorang atau kelompok yang diberi ajuan proposal. Proposal sangat penting apalagi untuk berbagai kegiatan penting mulai dari penyelenggaraan acara atau event hingga pendirian usaha.

Cara Membuat Proposal Event Yang Baik

Berikut cara membuat proposal event yang baik dan benar agar proposal terlihat menarik.

Menentukan tema

Langkah pertama dalam pembuatan proposal event yaitu menentukan tema. Tema dari proposal harus disesuaikan dengan tujuan pembuatan. Contoh proposal usaha maka tema yang ada didalam proposal nanti harus bertema usaha begitu juga dengan tema event atau penyelenggaraan acara. Tema merupakan hal penting dalam pembuatan proposal karena akan memberikan gambaran isi dari proposal.

Menentukan waktu dan tempat

Setelah menentukan tema langkah berikutnya ialah menentukan waktu dan tempat. Langkah yang satu ini digunakan untuk pembuatan proposal penyelenggaraan acara atau event yang dimana penentuan waktu dan tempat akan sangat berpengaruh terhadap pembaca dalam menyetujui proposal.

Menuliskan tata skenario.

Cara membuat proposal event

Cara membuat proposal selanjutnya ialah menuliskan tata skenario. Penting sekali bagi proposal event untuk menyertakan tata skenario karena dengan ini maka gambaran tentang jalannya acara akan dapat dipahami khususnya oleh para pembaca. Jika gambaran kegiatan dapat dipahami oleh pembaca maka tingkat keberhasilan proposal meningkat.

Menentukan dana anggaran.

Langkah keempat yaitu menentukan dana anggaran. Dalam hal ini penulis proposal harus dengan terang-terangan dan juga jujur untuk menyertakan seluruh anggaran dana yang nantinya akan dipertimbangkan oleh para pembaca. Soal penulisan dana diusahakan harus secara terang-terangan dan juga jujur agar nantinya tercipta kepercayaan antara penulis dan pembaca soal anggaran dana.

Membuat penutupan proposal.

Cara terakhir yaitu membuat penutupan proposal. Penutup dalam proposal harus selalu menggunakan kata-kata yang sopan dan segan terhadap pembaca. Penutup adalah poin penting yang biasanya dilupakan oleh para penulis proposal yang dimana penutup ditulis seadanya tanpa memperhatikan hal-hal penting lainnya.

Itulah beberapa cara atau langkah menulis proposal event yang baik. Sebenarnya penulisan proposal event dengan proposal yang lain tidak jauh berbeda mungkin yang membedakan hanyalah tema selebihnya cara penulisannya sama. Perlu diingat bahwa penulisan proposal ditujukan untuk kerjasama dengan orang lain artinya dalam setiap penulisan proposal harus selalu teliti, cermat dan tetap sopan. Seringkali proposal ditolak karena penulis mungkin kurang teliti dalam menyampaikan tema serta unsur-unsur lain seperti skenario acara misalnya. Terlebih lagi soal proposal yang berhubungan dengan dana harus ditulis sesuai dengan fakta dan jujur.

Cara membuat proposal sebenarnya mudah mungkin yang menjadikannya sulit adalah bagaimana pembaca bisa memahami proposal tersebut. Maka dari itu di poin ini penulis proposal harus memiliki kemampuan untuk menyampaikan isi dan maksud dari proposal yang dibuat dengan sejelas mungkin.

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015