Cara Membuat Proposal Usaha

Agar Sukses Perhatikan 5 Cara Membuat Proposal Usaha yang Meyakinan

Cara Membuat Proposal Usaha yang Meyakinan – Sebelum memulai suatu usaha atau bisnis, banyak hal perlu dipersiapkan sebelum melakukan eksekusi. Salah satu yang wajib anda buat adalah proposal usaha. Proposal ini menjadi gambaran jalan bisnis anda dan bisa menjadi cara mendapatkan investasi untuk usaha yang akan anda jalankan. Banyak contoh proposal usaha yang bisa anda temukan di internet, namun agar lebih menyakinkan anda harus memperhatikan 5 cara membuat proposal usaha berikut:

Cara Membuat Proposal Usaha yang Meyakinan

Istimewa

Dalam dunia bisnis, persaingan di bidang usaha sejenis bukanlah hal yang tabu. Misalnya di dunia kuliner, banyak yang membuat usaha sejenis seperti minuman. Persaingan ini justru membuat anda semakin kreatif melihat peluang.  Agar proposal usaha meyakinkan calon pemberi dana, maka anda harus memiliki hal yang istimewa dan unik.

Setidaknya siapkan minimal 3 alasan unik yang membuat bisnis yang anda tawarkan berbeda dari calon pesaing. Semakin banyak hal unik yang bisa anda temukan dari usaha anda, maka akan semakin istimewa proposal yang anda tawarkan. Hal ini tentu akan menambah jaminan bahwa proposal usaha anda akan diterima calon penyuntik dana.

Target yang tepat

Dalam menjalankan usaha, wajib hukumnya anda melihat potensi calon pembeli yang ada di sekitar anda. Analisis pasar adalah cara anda melihat potensi di sekitar tempat usaha anda. Tentu saja anda berharap bahwa akan ada pembeli bagi barang atau jasa yang anda tawarkan.

Dengan melakukan analisis pasar sebelum memulai usaha, anda bisa menentukan target pasar yang dituju, jenis barang atau jasa yang ditawarkan, serta harga jual yang bisa anda lempar ke pasar. Anda harus memasukan target ini dengan tepat. Target yang tepat tentu saja membuat proposal anda meyakinkan.

Bisa diwujudkan

Cara Membuat Proposal Usaha yang bisa diwujudkan

Tidak hanya jelas secara target, usaha yang anda buat tentu harus bisa diwujudkan. Kebanyakan orang memulai usaha dengan ekspektasi yang tinggi atau bahkan cenderung merendah. Hal ini banyak dimasukan dalam proposal, akibatnya banyak  target atau rencana yang justru tidak realistis.

Pastikan mengukur kemampuan diri anda dalam menjalankan usaha tersebut. Dengan demikian anda bisa bisa membuktikan bahwa usaha yang anda jalankan bisa berkembang, atau bahkan lebih dari ekspektasi awalnya.

Meyakinkan

Dalam menulis sebuah proposal usaha, anda wajib menghindari ketidakpastian. Proposal anda akan lebih meyakinkan jika anda memberikan target dan data analisis yang pasti. Hindarilah penggunaan kata seperti “Kira-kira”, “Mungkin…”, dan “Sepertinya…”.

Pemilihan kata yang lebih positif seperti “saya yakin…”, “Berdasar dari data…”, dan “Target yang akan saya dapatkan melebihi…” akan lebih meyakinkan. Penggunaan kata positif ialah cara membuat proposal usaha anda meyakinkan.

Temukan Celah

Dunia usaha jelas akan menuntut inovasi. Persaingan pasar yang semakin sengit seiring dengan peningkatan jumlah pemain di usaha sejenis, tentu akan memaksa anda menjadi berbeda. Tidak ada salahnya anda mengamati usaha yang sejenis dengan yang akan anda jalankan.

Baca juga: Contoh Proposal Usaha Lengkap.

Menemukan keunggulan dan kelemahan kompetitor bisa menjadi cara anda menghasilkan inovasi dalam usaha. Jika anda bisa menemukannya dan membuat rencana inovasi jangka panjang, tentu hal ini akan membuat proposal usaha meyakinkan calon investor.

*