Cara membuat email Gmail

Cara membuat email Gmail 5/5 (1)

Posted on 12 views

Cara membuat email Gmail merupakan materi yang sangat dasar di antara semua materi bisnis online. Bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis online, maka disarankan untuk mempunyai sedikitnya alamat email.

Gmail adalah penyedia akun email berbasis web yang dimiliki oleh Google.

Membuat akun Gmail itu mudah. Anda hanya perlu memulai dengan membuat akun Google. Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara membuat email Gmail.

Yang dibutuhkan:

Komputer dengan akses internet dan browser web terpasang di komputer Anda

Untuk membuat alamat email Gmail, Anda harus terlebih dahulu membuat akun Google. Gmail akan mengarahkan Anda ke halaman pendaftaran akun Google. Anda harus mengisi beberapa informasi dasar seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan lokasi Anda. Anda juga perlu memilih username untuk alamat Gmail baru Anda. Setelah membuat akun, Anda dapat mulai menambahkan kontak dan menyesuaikan pengaturan email.

Cara membuat email Gmail

Cara membuat email dengan langkah mudah.

  1. Buka mail.google.com atau Buka browser internet dan buka laman beranda Google: http://www.google.co.id lalu klik Gmail di sudut kanan atas halaman.Cara membuat email Gmail

  2.  Klik Buat akun.
    Anda sekarang akan berada di halaman ‘Login’. Karena Anda belum memiliki akun Google, Anda harus membuatnya. Klik Buat akun.
  3. Isi data-data yang diminta. Untuk pemilihan username email, saat ini sudah agak susah mendapatkan alamat email sesuai dengan keinginan, berhubung, sudah banyak sekali yang bikin email, dan banyaknya nama yang sama. Untuk itu gunakan saja angka di belakangnya, atau sesuai dengan yang disarankan Google.

    Jika nama email yang Anda minta tidak tersedia, Anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa seseorang sudah memiliki username itu dan menawarkan beberapa alternatif. Anda dapat memutuskan untuk menerima salah satu alternatif atau mengetikkan nama lain dan memeriksa ketersediaannya sekali lagi. Anda harus mengisi beberapa kotak lainnya juga. Anda mungkin harus melakukan ini beberapa kali. Buat akun Google

     

  4. Pada bagian password sebaiknya menggunakan kombinasi angka, huruf atau simbol, huruf kapital.
    Anda harus membuat kata sandi sehingga Anda dapat masuk dengan aman ke akun Anda. Google dapat menjelaskan bahwa Anda harus mencoba yang memiliki setidaknya 8 karakter untuk keamanan. Gunakan huruf dan angka untuk membuat kata sandi lebih aman dan sulit ditebak. Anda dapat menambahkan alamat email yang ada untuk menjaga keamanan email baru Anda.
  5. Akan keluar halaman berikutnya. Isi sesuai dengan data yang diminta, seperti nomor HP, alamat email pemulihan (jika ada), tanggal lahir, dan jenis kelamin, kemudian klik tombol berikutnya.Cara membuat email Gmail 1
  6. Masukkan opsi pemulihan akun. Meskipun tidak wajib, Anda dapat menambahkan hingga dua jenis opsi pemulihan akun ke profil Gmail Anda:
    • Nomor telepon – Ketikkan nomor telepon Anda ke dalam kotak teks “Nomor telepon” di dekat bagian atas halaman.
    • Alamat email pemulihan – Ketikkan alamat email lain ke dalam kotak teks “Alamat email pemulihan” di dekat bagian atas halaman.
  7. Biasanya Google akan meminta Verifikasi nomor telepon. Verifikasi nomor telepon Anda. Jika Anda menambahkan nomor telepon sebagai opsi pemulihan akun, Anda dapat memverifikasinya sekarang dengan melakukan hal berikut:
    • Klik KIRIM saat diminta.
    • Buka inbox sms di ponsel Anda.
    • Buka pesan dari Google (biasanya nomor terdiri dari 6 digit) dan lihat nomor 6 digit dalam pesan.
    • Masukkan nomor 6 digit ke dalam kotak teks di halaman Gmail.
    • Klik VERIFIKASI
    • Anda juga dapat mengklik tautan Tidak sekarang untuk melewati verifikasi opsi pemulihan akun untuk saat ini.
  8. Selesaikan semua langkah-langkah sampai selesai.

Catatan: Sama seperti layanan online lainnya, penting untuk memilih password yang kuat, dengan kata lain, kata sandi yang sulit ditebak orang lain.

Pemilihan Nama pengguna (Username).

Anda tidak akan bisa mendapatkan alamat Gmail tertentu jika nama pengguna yang Anda inginkan ialah:

  • Sudah digunakan
  • Sangat mirip dengan nama pengguna yang ada (misalnya, jika amirul@gmail.com sudah ada, Anda tidak dapat menggunakan am1rul@gmail.com)
  • Sama dengan nama pengguna yang digunakan seseorang di masa lalu yang kemudian dihapus
  • Dicadangkan oleh Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan.

Demikianlah Cara membuat email Gmail, semoga bermanfaat.

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015