Cara membuat brosur

Tips dan Cara Membuat Brosur yang Menarik Perhatian

Cara membuat brosur yang menarik untuk sebuah brand tentu sangatlah penting. Brosur merupakan media yang dipakai untuk ajang promosi yang tergolong sangat efektif untuk mengenalkan produk ataupun jasa yang Anda miliki. Dengan Anda membuat sebuah brosur, tentunya hal itu akan menghemat biaya yang Anda punya, selain itu, informasi yang diperoleh  oleh calon konsumen akan lebih detail.

Dalam hal ini, untuk bisa membuat calon konsumen lebih tertarik dengan produk ataupun jasa yang Anda promosikan tersebut, tentunya Anda harus membuat dan mencetak brosur yang menarik. Karena dari desain brosur itulah, akan dapat berpengaruh terhadap daya tarik calon konsumen pada perusahaan Anda.

Cara Membuat Brosur dengan desain untuk Menarik Perhatian Konsumen

Bagi Anda yang memang belum terlalu paham mengenai cara membuat brosur yang menarik, sangat tepat datang ke blog ini. Anda akan mengetahui secara rinci bagaimana cara membuat konsumen tertarik dengan barang atau jasa yang Anda miliki dengan hanya melihat brosur yang Anda sediakan tersebut.

Menentukan Tema, Konsep, dan Struktur dari Brosur Tersebut

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebagai cara membuat brosur yang dapat menarik konsumen ialah memutuskan terlebih dahulu mengenai tema, konsep, dan juga struktur dari brosur tersebut. Dalam hal ini, Anda harus melihat apakah itu untuk media mempromosikan jasa atau untuk mengiklankan produk yang perusahaan Anda punya. Tentunya Anda harus belajar tentang informasi yang akan Anda butuhkan untuk membuat desain dalam brosur yang akan Anda buat. Desain yang bagus dan menarik tidak hanya dilihat dari segi desain grafis, tetapi di dalamnya Anda juga harus menghadirkan desain komunikasi. Sehingga di dalam brosur tersebut Anda akan memberikan suatu pesan kepada calon konsumen Anda.

Kreatif dan Unik

Cara membuat brosur menarik yang kedua ialah sebelum mencetak brosur, tentunya Anda harus membuat desain yang lebih kreatif dan juga unik terlebih dahulu sehingga calon konsumen akan lebih mudah untuk mengenali produk atau jasa yang Anda promosikan pada brosur. Dalam hal ini, Anda bisa menjadikan brosur perusahaan lain sebagai referensi Anda dan buat yang lebih unik serta tentunya berbeda dari yang sudah ada. Anda harus mengeluarkan ide sekreatif mungkin agar dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk atau jasa yang Anda sediakan

Memastikan Ukuran dari Cetakan

Menurut saya, hal ini juga tergolong bagian yang sangat penting untuk kita perhatikan, sebab apabila Anda salah dalam menentukan ukuran brosur dari cetakan tersebut, tentunya nanti hasilnya akan sangat fatal lho. Sebagai contoh  Anda membuat brosur dengan ukuran layout 9,5 x 15 tetapi klien Anda memakai ukuran 9,5 x 13. Sangat jelas hal ini akan membuat brosur yang Anda cetak menjadi tidak sesempurna yang Anda bayangkan, bahkan terkadang ada yang justru merusak desain yang sudah Anda kerjakan tadi.

Memakai Bleed

Anda harus memahami apa itu Bleed, yaps ini ialah bagian area pada desain yang bagian garis potongnya berada di luar yang mempunyai manfaat luar biasa dalam mengantisipasi tingkat akurasi pada posisi yang rendah ketika hasil dari cetakan tersebut sudah disisir atau dipotong serta akan membuat ukuran yang asli dengan hasilnya menjadi sesuai dengan yang telah disetting.

Memakai Resolusi yang Tinggi

Apabila Anda memang memakai resolusi yang tinggi pada bagian layout brosur Anda, saya yakin  desain brosur Anda akan lebih terlihat keren dan semakin menarik. Apabila Anda memakai resolusi yang tergolong rendah, maka secara otomatis akan membuat layout brosur Anda menjadi nampak kabur dan mungkin hasilnya akan kelihatannya kasar pada desain brosur Anda. Hal ini disebabkan karena antara hasil jadi dengan yang di komputer sangat berbeda yah, memang pada komputer lebih baik terlihatnya namun untuk hasil jadinya kadang tidak sebagus yang kita bayangkan. Saran saya, paling tidak Anda memakai 300 dpi pada resolusi desain yang akan Anda cetak, sehingga akan membuat hasilnya menjadi jernih serta tajam sehingga desain brosur menjadi sangat menarik dilihat oleh konsumen.

Memilih Ukuran Font

Cara Membuat Brosur yang tidak kalah pentingnya ialah pemlihan font. Anda dalam memilih ukuran font juga harus diperhatikan karena hal ini juga merupakan bagian yang paling penting. Pada bagian judulnya, saran saya sebaiknya Anda memakai huruf tebal serta ukurannya yang pas. Dan supaya hasil mencetak brosur menarik, maka Anda dapat menambahkan drop shadow, glow, maupun bevel yang dipakai untuk memperjelas kata yang Anda anggap penting dalam desain brosur tersebut.

Memakai Kertas yang Tepat

Kertas juga sangat menentukan dalam Cara Membuat Brosur yang saya buat ini. Pada kertasnya, Anda harus memakai yang lebih tepat dan sesuaikan dengan keinginan klien Anda. Beberapa jenis kertas untuk membuat brosur tergolong banyak, salah satu yang paling sering dipakai ialah kertas glossy yang dapat memberikan kesan bahwa perusahaan tersebut sudah sangat professional, karena cetakan dari brosur tersebut sangat menarik serta mengunakan kertas yang tebal.

Agar Anda benar-benar memahami bagaimana Cara Membuat Brosur yang menarik dan indah dipandang, saya akan memberikan beberapa contoh brosur hasil dari desainer ternama. Anda dapat mencontohnya jika memang Anda menjual barang atau jasa yang sama.

Baca juga: Contoh Proposal Usaha: Pengertian, Tujuan, Unsur-Unsur, Manfaat, dan Tips Membuat Proposal usaha.

Contoh Brosur Promosi

Sebenarnya ada begitu banyak macam brosur yang dapat Anda buat langsung, tetapi pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan contoh brosur dari produk makanan, silahkan Anda lihat di bawah ini.

Contoh brosur-promosi - Cara membuat brosur

Dari gambar brosur yang telah kita lihat di atas, tampak jelas bahwa brosur ini sangat dominan dengan warna merah. Dan pemilihan tersebut pasti ada maksud serta tujuannya. Anda dapat melihat brosur ini menawarkan saos dengan rasa pedas dan gurih. Kita semua tahu warna saos ialah merah.

Dan menurut saya, pemilihan warna yang dominan dengan warna merah merupakan kesengajaan untuk membuat kesan yang sangat kuat pada gambar. Dan menggambarkan bagaimana rasa pedas dan gurih dari saos yang mereka jual.

Contoh Brosur Laundry

Jika kita berbicara mengenai laundry, tentu ini akan sangat erat hubungannya dengan baju yang harum dan bersih. Maka, saat Anda membuat brosur dengan tema laundry, Anda harus mencantumkan beberapa hal yang memang ada kaitannya dengan pakaian. Anda dapat melihat contoh di bawah ini agar Anda benar-benar memahaminya.

Contoh brosur laundry

Dalam contoh yang saya berikan ini, sangat tampak bukan bagaimana kelebihannya. Di samping, itu juga telah lengkap dengan harga dan nomer telfon yang bisa dihubungi. Tujuannya agar siapapun yang membutuhkan jasa laundry bisa datang langsung atau menghubungi perusahaan ini melalui nomor telfon yang telah disediakan.

Baca juga: 6 Cara Sukses Membuka Usaha Laundry.

Intinya, saat Anda membuat sebuah brosur, Anda perlu menampakkan kelebihan dari perusahaan Anda dari pada milik orang lain. Entah itu berupa barang atau jasa yang Anda tawarkan. Agar konsumen tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. (iib/as)

*