Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan
Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan (Ilustrasi/pixabay)

Bertanya Membuka Jendela Dunia

10 views

Pasti Anda pernah mendengar kisah Thomas Alfa Edison. Semasa kecil ia sering bertanya kepada gurunya mengenai suatu fenomena alam seperti hujan. Walau memang di jamannya belum ada seorang pun yang mampu menjelaskan bagaimana dan mengapa hujan dapat terjadi. Saat beranjak dewasa Thomas bertanya mengenai sesuatu yang dapat menggantikan api untuk menerangi seluruh kota. Pertanyaan inilah yang akhirnya dapat mengubah dunia. Bahkan hingga hari ini kita masih dapat menikmatinya. Meski lampu yang kita gunakan sekarang memang sudah hasil perkembangan dari lampu penemuan Thomas. Pernahkah Anda membayangkan jika Thomas tidak mau bertanya dan berusaha untuk menemukan lampu yang dapat menerangi kala malam tiba. Saat malam hari terjadi hujan disertai angin sudah pasti kita mudah tersesat dalam kegelapan malam yang mencekam. Ini hanya salah satu kisah mengenai pentingnya bertanya.

Jika Anda mencoba merenungkan, segala macam hal dapat dijadikan pertanyaan. Mengenai fenomena alam, dunia bisnis, pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya. Semua barang yang ada saat ini dan semua jasa yang Anda nikmati, tentunya berangkat dari pertanyaan. Jika Anda adalah peneliti, Anda bebas untuk berimajinasi dan bertanya agar suatu saat dapat menemukan teori baru. Jika Anda adalah seorang pebisnis, Anda harus selalu bertanya apa yang konsumen butuhkan agar konsumen selalu tertarik membeli produk Anda. Jika Anda adalah seorang pendidik, Anda boleh bertanya kepada siswa. Sudahkah mereka memahami Anda dan metode pengajaran apa yang cocok. Bertanyalah selagi Anda hidup. Siapa tahu dari pertanyaan Anda akan muncul ide baru yang menakjubkan. Teruslah bertanya dan jangan biarkan orang lain menghentikan rasa penasaran Anda.

Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan
Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan (Ilustrasi/pixabay)

Selain itu apa Anda penasaran mengenai apa manfaat dari bertanya di kehidupan sehari – hari. Tentunya ada banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh. Anda dapat menyimak poin – poin di bawah ini.

1. Bertanya Mempercepat Kesuksesan

Bertanya memang merupakan suatu metode tercepat untuk memahami. Bertanyalah kepada ahlinya. Jika Anda calon pengusaha, Anda dapat bertanya kepada orang yang sudah tenar menggeluti dunia perbisnisan saat ada workshop. Itu adalah salah satu jalan pintas untuk memahami cara berbisnis. Jika Anda seorang peneliti dan Anda akan mengadakan penelitian pada bidang yang tidak dikuasai, bertanya dan berdiskusi pada orang yang sudah ahli di bidang tersebut. Jadikan mereka partner untuk melakukan penelitian Anda. Jika Anda pemimpin perusahaan, Anda harus selalu bertanya dan memantau tim Anda untuk mencari inovasi – inovasi baru pada produk Anda selanjutnya. Apa yang terjadi saat Anda tidak melakukan kegiatan bertanya. Kejadian pasti yang akan dialami ialah lebih besar potensi untuk terjadi kegagalan. Jalan yang Anda lalui untuk menjadi sukses akan lebih berat dan lama. Maka dari itu bertanyalah.

2. Berpikir di luar Kotak

Segala sesuatu yang diciptakan manusia pasti memiliki celah atau kelemahan. Maka dari itu hasil ciptaan manusia dapat selalu dilakukan pembaharuan dan pengembangan menjadi lebih baik. Untuk membuatnya menjadi nyata, berimajinasi dan bertanyalah. Pandang suatu hal dari berbagai kacamata yang berbeda. Kritisi setiap hal yang Anda ketahui dan berhubungan dengan bidang kerja Anda. Sampaikan dalam bentuk pertanyaan dengan sopan. Kebiasaan bertanya kritis sangat baik untuk mengetahui sisi positif dan negatif suatu hal. Ketika Anda sudah terbiasa untuk berpikir kritis, maka stimulasi otak akan semakin cepat untuk memandang suatu hal dari berbagai sudut pandang. Namun apa yang terjadi saat Anda tidak berani untuk berpikir dan bertanya secara kritis. Bisa – bisa sistem, barang, atau jasa yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda menjadi sangat tidak sempurna atau kurang laris di pasaran.

3. Memperluas Wawasan

Wawasan yang luas pasti akan sangat menunjang suatu pekerjaan. Jika Anda pebisnis usahakan untuk selalu memperluas wawasan Anda mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis yang Anda lakukan. Ikuti berbagai perkumpulan dengan sesama pebisnis dan berdiskusilah dengan mereka. Ajukan pertanyaan yang bisa memancing jawaban secara mendetail. Kumpulkan informasi yang diberikan dan berikan timbal balik dari jawaban tersebut. Ajak mereka untuk berdiskusi. Jadi memang salah satu kunci dari memperluas wawasan ialah bertanya. Bagaimana jika pada saat Anda mengikuti perkumpulan dengan sesama para pebisnis jarang mengajukan pertanyaan. Sudah pasti wawasan yang diperoleh Anda tidak akan sebanyak jika Anda aktif bertanya yang menimbulkan komunikasi dua arah. Ingat informasi merupakan sumber kekuatan pebisnis.

4. Langkah Awal Bernegosiasi

Koneksi merupakan hal mendasar yang harus dimiliki oleh para pebisnis. Koneksi yang harus dimiliki bisa dengan produsen bahan baku maupun bahan setengah jadi. Koneksi lain yang wajib dijaga oleh perusahaan ialah koneksi dengan distributor dan konsumen. Salah satu cara untuk membina hubungan yang baik dan menambah koneksi ialah dengan cara bertanya. Tanyakan kepada produsen dan distributor apa yang mereka inginkan, baru setelah itu lakukan negosiasi. Sedangkan untuk konsumen tanyakan mengenai apa yang mereka butuhkan dan rancang sesuai keinginan konsumen yang lebih dominan. Kemudian setelah merancang sesuai kebutuhan konsumen, lakukanlah negosiasi agar konsumen mau membeli dan memahami bahwa produk yang Anda berikan merupakan istimewa untuk konsumen.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015