Bagaimana menjadi orang sukses
Bagaimana menjadi orang sukses (Ilustrasi/pixabay)

Bagaimana menjadi orang sukses?

21 views

Apakah anda ingin sukses? Pasti semua orang menginginkan hal tersebut namun seringkali kita telah berusaha dan bekerja keras namun hidup kita tetap pas-pasan. Tidak memenuhi semua kebutuhan kita. Apakah anda perlu berkembang? Pernahkah anda menjawab pertanyaan tersebut? Atau bentuk pertanyaan lain, “mengapa Anda perlu mengembangkan diri?”

Saat ini berbagai macam cara bagaimana mengembangkan diri bermunculan laksana suara jangkrik di musim hujan. Apa artinya itu? Jika kita berbicara menggunakan ilmu ekonomi dengan pendekatan supply dan demand, tingginya angka penerbitan buku-buku pengembangan diri dipicu oleh tingginya permintaan terhadap jenis buku yang bertema pengembangan diri tersebut. Pertanyaannya, mengapa buku-buku bertema pengembangan diri begitu tinggi? Begitu banyakkah individu yang merasa dirinya kurang berkembang?

Bagaimana menjadi orang sukses
Bagaimana menjadi orang sukses (Ilustrasi/pixabay)

Baca juga:

* Kamu siap jadi orang sukses? Beberapa tips berikut akan membuka wawasanmu tentang cara menjadi orang sukses!

* 11 Kunci menjadi pengusaha muda sukses

* 5 Tips sukses bagi pebisnis pemula

Saya tidak akan mencoba menggurui Anda dengan berbagai analisis untuk menjawab pertanyaan tersebut, tetapi hanya menunjukkan kepada anda sebuah fakta bahwa saat ini sebagian besar individu sedang berusaha mengembangkan dirinya dengan berbagai macam cara seperi mengikuti sebuah seminar tentang enterpreneur yang sukses tetapi belum juga dapat menjadi seperti mereka. Misalnya seorang Bob Sadino yang sukses yang awalnya hanya berjualan telur ayam.

Jika anda meluangkan waktu sejenak untuk mencermati situasi dan kondisi Anda saat ini, Anda akan menyadari bahwa begitu banyak peluang untuk memperbaiki taraf hidup, mengembangkan kemampuan, menjadi lebih terkenal, meningkatkan prestasi dan lain-lain yang berlalu begitu saja hanya karena Anda tidak siap untuk meraih kesempatan tersebut. Masalahnya, apakah kesempatan itu akan datang lagi? Ketika kesempatan yang anda tunggu datang, anda belum siap untuk meraih kesempatan tersebut. Mungkin pertanyaan ini sering muncul di benak Anda “Mengapa kesempatan yang begitu menggiurkan itu jatuh ke tangan orang lain?” Saya tidak akan menjanjikan anda dapat segera menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, namun dengan ini saya mencoba menjelaskan secara singkat langkah demi langkah yang dapat anda tempuh untuk meningkatkan kesiapan diri meraih kesempatan yang datang.

Langkah pertama berawal dari alasan paling dasar mengapa Anda sering melewatkan kesempatan yang ada, yaitu karena kurangnya kesiapan diri sendiri dan tidak mengenal bakat yang Anda miliki. Pertama kita akan mulai membahas tentang :

1. Mengenali bakat Anda.

Kenali bakat anda terlebih dahulu sebelum mengenal orang lain.
Bakat manusia yang terbesar ialah otak. Otak merupakan salah satu anugerah yang paling hebat yang diciptakan oleh Tuhan sebagai wakil Tuhan di bumi. Otaklah yang mengatur seluruh aktivitas kita termasuk kemampuan berpikir kita. Salah satu faktor yang membedakan orang sukses dengan kebanyakan orang yang hidup biasa-biasa saja ialah bagaimana menggunakan otak mereka. Semakin banyak kita menggunakan otak kita maka semakin banyak pula koneksi antar sel otak yang tercipta. Semakin banyak koneksi diantara sel-sel di otak kita semakin besar pula potensi kita untuk menjadi lebih cerdas. Otak manusia memiliki kekuatan untuk menentukan hal apapun yang ingin dipikirkannya. Secara garis besar otak manusia dapat dikategorikan menjadi dua yaitu berpikir positif dan atau berpikir negatif. Jika Anda memilih berpikir positif maka tindakan yang anda lakukan pun akan positif, begitu juga dengan sebaliknya. Berpikir positif berarti kita meyakini hal-hal positif yang akan terjadi kepada diri kita. Sebagai contoh berpikir positif ialah saya akan mencapai posisi manajer di perusahaan ini dalam waktu 5 tahun.

Berpikirlah Anda mampu meraih setiap kesempatan dan peluang yang ada. Anda adalah bos bagi otak Anda. Oleh karena itu, syarat pertama untuk mendapatkan dan mengokohkan kepercayaan diri ialah Anda harus selalu berpikir sukses dan jangan berpikir gagal.
Untuk sukses, Anda harus yakin bahwa Anda akan sukses.

2. Potensi Emosi

Tahukah Anda kepada siapa peluang itu menghampiri? Peluang hanya menghampiri pikiran yang telah siap (Louis Pasteur).
Apa yang dimaksud dengan potensi emosi? Apakah Anda pernah mengalami salah satu atau beberapa hal di bawah ini?

  • Anda kehilangan kata-kata ketika berhadapan dengan orang tertentu?
  • Anda mudah sekali marah jika ada yang mengkritik Anda?
  • Anda pernah merasa sangat marah sehingga kata-kata yang keluar dari mulut Anda tidak terkontrol?
  • Anda begitu bad mood hingga malas mengerjakan apa-apa?

Bagaimana jika anda mengalami contoh kasus yang seperti di atas? Anda harus meningkatkan kecerdasan emosi Anda denggan cara mampu mengenali emosi diri. Pernahkah Anda merasa tidak pasti dengan emosi Anda? Misalnya marah bukan, sedih bukan, dan gembira pun bukan. Sebagai langkah awal misalnya, bagaimanakah reaksi anda ketika sedang marah, sedang kesal, sedang sedih dan lain-lain. Kemudian telitilah lebih dalam apa yang bisa dan tidak bisa anda lakukan ketika sedang mengalami emosi tersebut. Kemampuan ini akan membuat Anda dapat memutuskan kapan sebaiknya melakukan sebuah aktivitas dan kapan harus menundanya.

Baca juga:

* 5 Kunci sukses berbisnis waralaba

* 6 Tips menjadi sukses sejak muda

* 3 Jalan menuju kesuksesan berbisnis

Masih banyak lagi yang belum saya jelaskan untuk menjadi seseorang yang sukses. Tunggu pembahasan yang selanjutnya yah..  🙂  Terima kasih…

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- bagaimana kita ingin sukses