Asesmen Kompetensi

Pentingnya Asesmen Kompetensi dan Penilaian Kinerja Untuk Perusahaan

Asesmen kompetensi dan penilaian kinerja merupakan dua hal yang wajib anda, para atasan perusahaan khususny HRD, pahami sebelum menerima atau mempertimbangkan penerimaan karyawan baru ataupun yang sudah lama. Sebab kedua hal ini akan sangat mempengaruhi kinerja perusahaan tempat kalian bekerja.

Baik asesmen maupun penilaian kinerja umumnya dilakukan ketika seseorang ingin diterima atau mendapatkan jabatan baru. Sebab terkadang, psikotest saja tidak bisa menjamin dan menjadi acuan utama untuk mempertimbangkan apakah seorang karyawan layak dan mampu untuk tugas tertentu. Bukan hanya soal mental namun juga kemampuan fisik dan pikiran.

Oleh karena itu, mari kita bahas lebih jauh tentang pengertian asesmen kompetensi dan penilaian kinerja serta apa pentingnya dalam sebuah perusahaan.

Pengertian dan Pentingnya Asesmen Kompetensi

Secara umum, pengertian asesmen kompetensi adalah sebuah tes yang dilakukan untuk menjadi alat ukur kemampuan seseorang dalam hal tertentu. Belakangan ini, asesment kompetensi juga sedang sering dibicarakan karena berita ditiadakannya Ujian Nasional atau UN yang akan diganti dengan bentuk asesmen yang sama.

Asesmen ini tentunya sangat penting untuk perusahaan, mengingat kita menginginkan orang paling berpenagalaman dan paling mampu dalam mengerjakan tugas yang akan diberikan. Sebab salah satu kesalahan yang banyak dilakukan perusahaan di Indonesia adalah menerima karyawan tanpa mengetahui di bidang mana kemampuan mereka dan apa tugas yang cocok untuk diberikan.

Biasanya kasus seperti ini dialami ketika mendapatkan SDM atau kandidat pegawai berdasarkan rekomendasi dari seseorang yang anda kenal. Bukan berarti menerima pegawai dari hasil rekomendasi itu dilarang, namun kita juga perlu melakukan asesmen kompetensi untuk mengetahui apa jabatan yang paling tepat agar pegawai hasil rekomendasi bisa tetap berkontribusi untuk perusahaan.

Asesmen kompetensi biasanya dilakukan baik ketika penerimaan karyawan baru atau ketika ingin menaikan jabatan pegawai atau memindahkan jobdesc –nya. Dan umumnya, hasil asesmen kompetensi ini akan dibandingkan lagi dengan hasil psikotes dan interview agar anda bisa mempertimbangkan dengan matang keuntungan dan resiko dari keputusan yang akan dibuat.

Pengertian Penilaian Kinerja dan Tujuannya Untuk Perusahaan

Asesmen Kompetensi dan Penilaian Kinerja

Berbeda dengan asesmen kompetensi, penilaian kinerja ini dilakukan untuk menilai bagaimana hasil kerja seseorang selama waktu yang sudah ditentukan baik itu per 6 bulan atau per satu tahun. Sehingga pastinya, form penilaian ini hanya bisa diberikan kepada pegawai yang sudah bekerja untuk melihat bagaimana kinerjanya.

Umumnya penilaian kinerja akan dilakukan dalam 3 tahap. Yaitu :

Tahap Perencanaan atau Planning

Di tahap awal ini, pegawai dan atasannya akan manyusun perencanaan dan target sasaran kinerja atau yang biasa disebut Setting Expectations yang diharapkan. Umumnya tahap ini dilakukan pada awal tahun fiskal.

Baik pegawai maupun atasannya bisa memberikan opini dan keinginan mereka masing – masing. Nantinya keputusan akan diambil yang terbaik sesuai kemampuan pegawai dan keuntungan untuk perusahaan.

Performing atau Pelaksanaan

Tahap kedua adalah tahap yang bisa dibilang paling lama dalam penilaian kinerja. Sebab tahap ini dilakukan selama 12 bulan penuh untuk melihat bagaimana kinerja seseorang dalam mengemban tugas yang sudah ditentukan.

Dalam tahap performing ini, atasan akan menalkukan pemantauan atau ongoing tracking kepada pegawai dan memberikan feedback terhadap kinerjanya.

Penilaian atau Reviewing

Dan tahap yang paling terakhir dalam penilaian kinerja adalah tahap reviewing atau penilaian utama. Tahap ini dilakukan pada akhir tahun untuk mengetahui bagaimana hasil kinerja pegawai selama satu tahun.

Tahap ini juga dilakukan dengan cara berdiskusi antara atasan dan pegawai atau staff – nya. Nantinya, hasil dari tahap penilaian ini akan menjadi salah satu acuan dan bahan pertimbangan untuk tahap perencanaan berikutnya.

Seperti yang kita semua ketahui, kinerja seseorang pastinya akan mengalami naik – turun yang dipengarhui kehidupannya di luar pekerjaan. Sehingga penilaian kinerja ini akan membuat anda bisa menilai hasil kerja seseorang secara keseluruhan. Bukan di hari ketika mereka sedang bagus atau di hari kinerja mereka turun saja.

Pakarkinerja.com Siap Membantu Anda Melakukan Asesmen dan Penilaian Kinerja

Untuk anda yang ingin melakukan asesmen kompetensi ataupun penilaian kinerja, Pakarkinerja.com siap membantu anda mempersiapkan semua bahan baik form maupun metode penilaian yang dibutuhkan. Bukan hanya itu, kita juga memiliki banyak artikel informatif lainnya seputar kepegawaian, manajemen, serta tools yang sangat berguna untuk para HRD.

Nah, demikianlah beberapa penjelasan mengenai asesmen kompetensi dan penilaian kinerja untuk perusahaan. Pastikan anda selalu menempatkan orang yang tepat untuk setiap tugas dan grup agar tidak merugikan perusahaan.

*